PPSDM KEBTKE selenggarakan Clean Energy Finance and Investment (CEFI) Training Batch Ke-2 Tahun 2023

PPSDM KEBTKE selenggarakan Clean Energy Finance and Investment (CEFI) Training Batch Ke-2 Tahun 2023

PPSDM KEBTKE selenggarakan Clean Energy Finance and Investment (CEFI) Training Batch Ke-2 Tahun 2023

 

BPSDM ESDM  bekerjasama dengan OJK Institute menyelenggarakan Clean Energy Finance and Investment (CEFI)  yang berlangsung pada  Senin s.d. Jumat, tanggal 19 s.d. 23 Juni 2023 bertempat di Sheraton Mustika Yogyakarta.

 

Training ini berada dalam  kerangka kerja Program Clean Energy Finance and Investment Mobilisation (CEFIM) dari Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD). Tujuan pelatihan ini adalah untuk menyatukan para pemangku kepentingan utama yang terlibat dalam pengembangan energi bersih di Indonesia yang terdiri dari pembuat kebijakan, pengawas dan regulator lembaga keuangan, pengembang proyek, dan lembaga pasar keuangan dalam  satu tempat untuk membahas hambatan dan sekaligus mengidentifikasi solusi untuk membuka pembiayaan di proyek energi bersih, termasuk dalam efisiensi energi dan energi terbarukan.

 

Dalam kesempatan tersebut,  Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi Ir. A. Susetyo Edi Prabowo, M.Si.  menyampaikan pentingnya para stakeholders untuk bersama-sama mengidentifikasi hambatan dan solusi dalam pengembangan energi bersih. “Pelatihan ini merupakan pelatihan bacth ke-2 yang memiliki tujuan untuk menyatukan para pemangku kepentingan utama yang terlibat dalam pengembangan energi bersih di Indonesia yang terdiri dari pembuat kebijakan, pengawas dan regulator lembaga keuangan, pengembang proyek, dan lembaga pasar keuangan dalam satu tempat untuk membahas hambatan dan sekaligus mengidentifikasi solusi untuk membuka pembiayaan di proyek energi bersih, termasuk dalam efisiensi energi dan energi terbarukan,” kata Susetyo Edi di hadapan para peserta.

 

Hal ini perlu dilakukan secara bersama – sama untuk berperan melaksanakan tugas mendukung proses transisi energi Indonesia yang berkeadilan, agar dapat mencapai target Net Zero Emission pada tahun 2060 melalui pendanaan energi bersih dan efisiensi energi untuk sektor industri secara inovatif dan berkelanjutan.  Pelatihan ini adalah sebagai salah satu bentuk concrete deliverables Indonesia dalam Presidency G20,  yang telah dirancang sejak pertemuan ETWG I di Yogyakarta pada akhir Bulan Maret tahun 2022 juga sekaligus sebagai tindak lanjut rekomendasi dari OECD dalam Clean Energy Finance and Investment Policy Review of Indonesia Tahun 2021 dimana BPSDM ESDM melalui PPSDM KEBTKE turut berpartisipasi dalam penyusunan policy review tersebut.

 

Dalam kesempatan tersebut, Kepala PPSDM KEBTKE menyampaikan apresiasinya atas kerjasama yang telah terselenggara dari berbagai pihak. Kegiatan ini dapat terlaksana dengan gabungan pendanaan APBN dan dukungan operasional dari OECD, beserta mitra pembangunan GIZ CASE dan USAID SINAR.

 

“Kami sebagai instansi Pemerintah selaku pembina teknis pengembangan sumber daya manusia (SDM) sektor ESDM di Indonesia, menyampaikan apresiasi yang tinggi atas inisiasi nyata dari OECD melalui Clean Energy Finance and Investment Mobilization Programme (CEFIM) yang berkolaborasi bersama BPSDM ESDM Kementerian ESDM dan Otoritas Jasa Keuangan/OJK Institute untuk menunaikan tugas penyiapan SDM Indonesia sektor energi dan sektor keuangan dalam menjalani transisi energi.  Kami juga mencatat kontribusi positif dari USAID-SINAR dan GIZ CASE-Indonesia yang berperan sangat aktif mendukung dari sisi substantif, pendanaan, dan teknis penyelenggaraan pelatihan ini. Untuk itu kami sampaikan terima kasih, disertai harapan bahwa kerja sama dan kontribusi dapat terus ditingkatkan untuk masa yang akan datang,” tambah Susetyo Edi di sela-sela pembukaan.

 

Di akhir sambutannya, Kepala PPSDM KEBTKE berpesan kepada OECD dan seluruh peserta pelatihan yang akan mengikuti pelatihan ini pada tanggal 19  hingga 23 Juni 2023 selama 5 (lima) hari ke depan agar dapat memanfaatkan momen yang sangat berharga ini dan untuk dapat berpartisipasi aktif dan menjalin networking yang kondusif sehingga dapat mengupayakan matchmaking business Renewable Energy (RE) dan Energy Efficiency (EE) projects dengan sumber pendanaan yang skalanya sesuai, dan harus dapat menjaring peserta potensial sebagai future subject matters experts yang akan memegang peranan sebagai energy sector sustainable finance trainers dan sebagai problem solvers di Indonesia.

 

Peserta pelatihan juga melaksanakan Field Trip pada Kamis 22 Juni 2023 di IPP PLTMH Semawung, PT Sport Glove Indonesia, dan  PT. Sarihusada Generasi Mahardika.  Pemangku kepentingan yang hadir dalam pembukaan yaitu Deputi Komisioner OJK Institute, Imansyah; Indonesia Program Coordinator OECD – CEFIM, Hakimul Batih;  Senior Advisor / Team Leader GIZ CASE Indonesia, Deni Gumilang; Director of Energy Procurement and Sustainable Finance, USAID – SINAR, Raymond Bona; dan Kepala OJK Daerah Istimewa Yogyakarta, Parjiman.

 

Pelatihan ini diikuti dengan komposisi peserta yaitu Renewable Energy Finance Class sejumlah 19 Peserta (Government & Project Developer); Energy Efficiency Finance Class sejumlah 18 Peserta (Government & Project Developer); dan Financial Institution Class : 30 Peserta (OJK-OJK Instute-Bankers-Insurance).

 

PPSDM KEBTKE sebagai lembaga pemerintah yang memberikan layanan kepada masyarakat saat ini telah memiliki predikat sebagai Wilayah Bebas Korupsi atau disebut WBK. LSK PPSDM KEBTKE juga telah mendapatkan nilai kinerja dengan predikat emas yang ketiga kalinya yang diberikan oleh Instansi pembina Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan.

 

PPSDM KEBTKE memberikan pelayanan publik melalui pelatihan dan sertifikasi untuk aparatur, masyarakat umum, juga pengelola industri di sektor Ketenagalistrikan, Energi Baru Terbarukan (EBT),  Konservasi Energi (KE), serta memberikan jasa konsultansi dan audit energi pada industri/bangunan gedung, kerjasama penyewaan dan penyelenggaraan aktivitas MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition).

 

Kami SIAP menjadi bagian dan Partner Terpercaya dalam pengembangan SDM Bidang Ketenagalistrikan Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi AndaPPSDM KEBTKE TANGGUH PENUH ENERGI!

kerja CEPAT, CERMAT, PRODUKTIF

Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif (BerAKHLAK)

 

Informasi pelatihan, sertifikasi, dan jasa umum:

Sdr. Akhir Setiadi (HP.0856-4985-8447),

Sdr. M. Zuhud Andrya (HP.0819-0770-3764),

Sdr. Budi (HP. 813-8553-6686)

Sdr. Anggit (HP. 0852-8804-0600)

Web https://ppsdmkebtke.esdm.go.id/

Email: informasi.ppsdmkebtke@esdm.go.id

 

Instagram: @ppsdmkebtke

Twitter: @ppsdmkebtke

Facebook: PPSDM KEBTKE KESDM

Youtube: PPSDM KEBTKE KESDM

(SA)