100% POTENSI ENERGI TERBARUKAN INDONESIA: ISU TERKINI PADA WEBINAR PPSDM KEBTKE

100% POTENSI ENERGI TERBARUKAN INDONESIA: ISU TERKINI PADA WEBINAR PPSDM KEBTKE

100% POTENSI ENERGI TERBARUKAN INDONESIA: ISU TERKINI PADA WEBINAR PPSDM KEBTKE

 

Rabu, 23 Juni 2021

Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (PPSDM KEBTKE) mengadakan webinar bertajuk “100% Renewable Energy Future: Solar/Wind With Pumped Hydro Stroge” pada tanggal 23 Juni 2021, melalui aplikasi Zoom, dan Live streaming You Tube, dan Face Book PPSDM KEBTKE.

 

Adapun, pembicara yang hadir dalam acara webinar kali ini, di antaranya Prahoro Yulijanto Nurtjahyo Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia ESDM, Prof. Andrew Blakers, Australian National University Australia, David Firnando Silalahi PhD Candidate, School of Engineering 100% Renewable Energy Group, Australian National University, PPI Australia.

 

Kepala Badan Pengembangan SDM ESDM Prahoro Yulijanto Nurtjahyo menyampaikan merupakan kehormatan bagi saya untuk menyambut hangat Profesor Andrew Blakers, terima kasih atas waktu dan kesempatannya untuk bergabung dengan webinar langsung kami, Webinar ini menghadirkan seluruh masyarakat Indonesia dari Sabang sampai Merauke secara gratis.

 

Lanjut Prahoro, bahwa tujuan webinar ini untuk mengakui, berbagi informasi, dan membahas "100% Energi Terbarukan Masa Depan: Tenaga Surya/Angin dengan Penyimpanan Hidro Pompa", bersama ini kami menghadirkan pembicara terkemuka: Profesor Andrew Blakers dan David Silalahi dari Universitas Nasional Australia.

Semoga dengan live web seminar ini dapat berbagi informasi tentang beberapa teknologi dan manfaat mengenai masa depan 100% energi terbarukan, pungkasnya.

 

Materi webinar kali ini telah disampaikan bahwa Indonesia memiliki energi surya yang sangat besar, potensi yang sangat besar ini adalah masa depan, Indonesia memiliki energi surya sebesar 208 gigawatt, jika dihitung potensi yang dimiliki Indonesia dapat mencapai 1,7jt Gigawatt yang terpasang atau install capacity masih kurang dari 1% untuk energi surya ini, harga energy surya, angin semakin murah.

 

Indonesia memiliki potensi yang besar terhadap energi tenaga surya (solar) jika dibandingkan sumber tenaga lain seperti hydro, wind, bioenergy dan ocean. Hal-hal yang mendukungnya ini antara lain Indonesia memiliki wilayah yang luas untuk meletakkan panel tenaga surya, dan mempunyai x-mining area (area pertambangan yang sudah ditinggalkan), atap-atap gedung perkantoran yang dapat dipasangi panel surya, lalu area pertanian yang dapat dipadukan dengan panel tenaga surya. Dan juga memiliki waduk atau danau diseluruh Indonesia, memiliki memiliki perairan yang tenang sehingga dapat meletakan PLTS terapung.

 

Jika dibandingkan dengan sumber listrik tenaga angin, maka Indonesia harusnya memilih tenaga surya karna kekuatan angin yang baik hanya ada dibeberapa titik diwilayah Indonesia, berbeda dengan Australia yang hampir seluruh wilayahnya memiliki kekuatan angin yang baik sehimgga ketika dipasang turbin angin akan menghasilkan energi listrik yang bagus.

 

Harga PLTS sudah jauh berubah, pada tahun 2015 seharga 25 sen, tahun 2020 menjadi 5,8 sen, artinya harga panel surya akan terus turun dan dapat dimanfaatkan dengan harga yang murah.

 

Potensi solar yang dimiliki Indonesia sangat besar terbukti dengan radiasi sinar matahari yang baik, potensi floating PLTS yang besar, dikombinasi dengan rooftop, lahan bekas tambang, dan lahan pertanian. Juga memiliki potensi energy storage yang sangat besar sehingga ketika Indonesia menginginkan 90-100% system dipasok oleh energy tenaga surya maka sangat mungkin dan akan sangat murah biayanya.

 

Peserta Webinar sangat antusias sehingga sampai akhir materi peserta masih bertahan di angka 515 orang, terdapat 3 orang peserta yang mendapatkan free pelatihan di PPSDM KEBTKE dengan menentukan pilihannya sesuai kebutuhan masing-masing, nantikan webinar-webinar selanjutnya yang akan diselenggarakan oleh PPSDM KEBTKE.

 

Sebagai lembaga pemerintah yang memberikan layanan kepada masyarakat saat ini telah memiliki predikat sebagai wilayah bebas korupsi atau disebut WBK. Selain itu LSK PPSDM KEBTKE juga telah mendapatkan nilai kinerja dengan predikat emas yang diberikan oleh Instansi pembina Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan.

Kami SIAP menjadi bagian dan Partner Terpercaya dalam pengembangan SDM Bidang Ketenagalistrikan Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi.

 

PPSDM KEBTKE TANGGUH PENUH ENERGI!

kerja CEPAT, CERMAT, PRODUKTIF

JUJUR, PROFESIONAL, MELAYANI, INOVATIF, DAN BERARTI

Informasi pelatihan, sertifikasi, dan jasa umum:

Sdr. Akhir Setiadi (HP.0856-4985-8447)

Sdr. M. Zuhud Andrya (HP.0819-0770-3764)

Sdr. Zulfa (HP.0823-7604-1564)

Sdr. Nico Juni Ferson (HP. 0811-8123-490)

Sdr. Hari Zana (HP.0812-8110-2149)

Sdr. Anggit (HP. 0852-8804-0600)

Email: informasi.ppsdmkebtke@esdm.go.id

Web http: //diklat.ppsdmkebtke.esdm.go.id

(SA)

#20TahunBPSDMESDM

#BerkaryaUntukNegeri

#kesdmesdm

#bpsdmesdm

#ppsdmkebtke

#ketenagalistrikan

#energi

#pelatihan

#sertifikasi

#ditjengatrik

#ppsdmmigas

#ppsdmgeominerba

#universitanasionalaustralia

@Universitas Nasional Australia