ASN KESDM Gali Ilmu Teknologi Dan Pemanfaatan Energi Dengan Sumber Energi Hidrogen Melalui Pelatihan

ASN KESDM Gali Ilmu Teknologi Dan Pemanfaatan Energi Dengan Sumber Energi Hidrogen Melalui Pelatihan

ASN KESDM Gali Ilmu Teknologi Dan Pemanfaatan Energi Dengan Sumber Energi Hidrogen Melalui Pelatihan

 

Pengembangan kompetensi ASN sangat penting dalam mendukung pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat. Untuk itu, PPSDM KEBTKE untuk terus berupaya meningkatkan kompetensi ASN agar mampu menjadi ASN yang inovatif, mandiri, dan berdaya saing internasional.

 

 

Untuk itu, PPSDM KEBTKE menyelenggarakan Pelatihan Teknis Teknologi Dan Pemanfaatan Energi Dengan Sumber Energi Hidrogen bagi ASN dilingkungan Kementerian ESDM pada Selasa s.d. Kamis, 20 s.d 22 Februari 2024 secara online melalui aplikasi Zoom.  Pelatihan ini diikuti sebanyak 40 (empat puluh) orang ASN di lingkungan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM).

 

Adapun materi yang disampaikan terdiri dari Pengenalan Teknologi Sumber Energi Hidrogen, Pengembangan dan Pemanfaatan Sumber Energi Hidrogen, Aspek Keamanan Hidrogen, hadir sebagai pengajar Heru Prasetio, S.Si.,M.Sc., Wanda Ali Akbar, S.T.,

M.Eng., dari Balai Besar Pengujian Minyak dan Gas Bumi LEMIGAS Dr. Muhamad Alhaqurahman Isa, S.T., M.Sc., dari Direktorat Aneka Energi Baru dan Energi Terbarukan, Sandia dari BRIN

Heru Prasetio menyampaikan materi Pengenalan Teknologi SumberEnergi Hidrogen menyampaikan terkait Hidrogen (Unsur, Sumber , Status Pemanfaatan dan pengembangan), Eknologi Rantai Pasok (Produksi, Penyimpanan, Penyaluran dan Pemanfaatan), Proses Produksi Hidrogen.

Wanda Ali Akbar menyampaikan terkait Supply Chain Hydrogen Fuel (Steam Reforming/Gasification, Elektrolisis, Hidrogen Fuel), Hydrogen Energy Storage, Reaksi Spontan Hidrogen Dengan Oksigen.

 

Supply Chain Hydrogen Fuel bahwasanya Bahan bakar hidrogen (hydrogen fuel) merupakan bahan bakar tanpa emisi yang digunakan sebagai bahan bakar bagi pembangkitan listrik bersama dengan oksigen menggunakan suatu unit yang dinamakan dengan hydrogen fuel cell.

Hydrogen fuel cell bekerja mirip dengan baterai, dimana sebuah fuel cell memiliki kutub anoda (-) serta katoda (+). hidrogen (h2) dialirkan ke kutub anoda yang selanjutnya akan memecah molekul hidrogen menjadi elektron serta ion hidrogen. Aliran elektron pada sirkuit eksternal akan menghasilkan listrik. Sementara itu, ion hidrogen akan bereaksi dengan oksigen (O2) yang akan menghasilkan uap air (H2O). Produk sampingan dari reaksi ini hanyalah uap air, sehingga hydrogen fuel merupakan jenis energi yang sangat bersih.

 

Terdapat beberapa metode untuk memproduksi hidrogen sebagai bahan bakar. Saat ini, metode yang paling umum digunakan adalah steam reforming menggunakan gas alam. Selain itu, terdapat beberapa metode lainnya seperti gasifikasi, elektrolisis, serta proses biologis.

Muhamad Alhaqurahman Isa menyampaikan materi terkait (1) kebijakan pengembangan energi hydrogen (transisi energi menuju energi rendah karbon, perspektif pemerintah dalam pengembangan hydrogen, strategi pengembangan hydrogen nasional), (2) Pemanfaatan H2 Rendah karbon sebagai bahan bakar alternative, (3) Pemanfaatan Energi H2 untuk sektor pembangkit listrik, (4) pemanfaatan H2 untuk sektor energi, (5) Pemanfaatan H2 untuk sektor transportasi, (6) Pemanfaatan energi H2 sebagai komoditi ekspor.