BELAJAR STUDI KELAYAKAN PENGGUNAAN PLTS ROOFTOP DI PPSDM KEBTJE AJA

BELAJAR STUDI KELAYAKAN PENGGUNAAN PLTS ROOFTOP DI PPSDM KEBTJE AJA

BELAJAR STUDI KELAYAKAN PENGGUNAAN PLTS ROOFTOP DI PPSDM KEBTJE AJA

 

Pemanfaatan energi terbarukan yang cocok untuk perkantoran adalah pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) dengan menggunakan modul surya fotovoltaik yang dipasang di atap bangunan (rooftop). PLTS rooftop merupakan solusi yang handal bagi penyediaan energi di gedung-gedung perkantoran karena mayoritas gedung perkantoran menggunakan listrik pada siang hari atau jam kerja pasalnyabiaya pengadaan listrik yang lebih murah dari diesel ataupun bahan bakar minyak (BBM). Selain itu, perawatan dan pengoperasiannya juga mudah namun dampaknya signifikan untuk mengurangi polusi dan efek rumah kaca.

 

Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (PPSDM KEBTKE) menyelenggarakan pelatihan Studi Kelayakan PLTS Rooftop (Sistem Distance Learning)” pada tanggal, 22 sampai dengan 23 Juli 2021.

 

Elin Lindiasari koordinator Penyelenggaraan dan Sarana Prasarana Pengembangan Sumber Daya Manusia menyampaikan bahwa tujuan pelatihan untuk menghasilkan sumber daya manusia yang dapat melaksanakan studi kelayakan PLTS Rooftop sesuai prosedur dan persayaratan standar yang berlaku.

 

Peserta mendapatkan materi yang terdiri dari PLTS Rooftop, Studi Potensi dan Kebutuhan Energi Pengguna PLTS Rooftop, Studi Keteknikan Penggunaan PLTS Rooftop, Studi Keekonomian Pemanfaatan PLTS Rooftop, sebagai pengajar Nico Juni Ferson, S.T., MBA, Ahmad Khulaemi, S.Pd., M.Pd. widyaiswara dari PPSDM KEBTKE.

 

Setelah mengikuti pelatihan ini diharapkan peserta dapat memahami PLTS Rooftop, Studi Potensi dan Kebutuhan Energi Pengguna PLTS Rooftop, Studi Keteknikan Penggunaan PLTS Rooftop, Studi Keekonomian Pemanfaatan PLTS Rooftop.

 

Harapan saya sekalipun pelaksanaan pelatihan ini melalui online peserta dapat memanfaatkan waktunya sedemikian rupa sehingga ilmu yang didapatkan dapat diimplementasikan di tempat tugas masing-masing, tutup Elin.

 

PPSDM KEBTKE SIAP menjadi bagian dan Partner Terpercaya dalam pengembangan SDM Bidang Ketenagalistrikan Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi.

 

PPSDM KEBTKE TANGGUH PENUH ENERGI!

kerja CEPAT, CERMAT, PRODUKTIF

JUJUR, PROFESIONAL, MELAYANI, INOVATIF, DAN BERARTI

Informasi pelatihan, sertifikasi, dan jasa umum:

Sdr. Akhir Setiadi (HP.0856-4985-8447),

Sdr. M. Zuhud Andrya (HP.0819-0770-3764),

Sdr. Zulfa (HP.0823-7604-1564),

Sdr. Nico Juni Ferson (HP. 0811-8123-490)

Sdr. Hari Zana (HP.0812-8110-2149),

Sdr. Anggit (HP. 0852-8804-0600)

Email: informasi.ppsdmkebtke@esdm.go.id

Web https://ppsdmkebtke.esdm.go.id/

(SA)

#20TahunBPSDMESDM

#BerkaryaUntukNegeri

#IndonesiaTangguh

#IndonesiaTumbuh

#kesdmesdm

#bpsdmesdm

#ppsdmkebtke

#ketenagalistrikan

#energi

#pelatihan

#sertifikasi

#ditjengatrik

#ppsdmmigas

#ppsdmgeominerba