DIDAPUK SEBAGAI HEAD OF IMPLEMENTATION UNIT PADA RESD PROJECT, PPSDM KEBTKE SIAP SUKSESKAN KERJASAMA DENGAN SWISS DALAM PENGEMBANGAN KOMPETENSI SDM ENERGI TERBARUKAN DI INDONESIA

DIDAPUK SEBAGAI HEAD OF IMPLEMENTATION UNIT PADA RESD PROJECT, PPSDM KEBTKE SIAP SUKSESKAN KERJASAMA DENGAN SWISS DALAM PENGEMBANGAN KOMPETENSI SDM ENERGI TERBARUKAN DI INDONESIA

DIDAPUK SEBAGAI HEAD OF IMPLEMENTATION UNIT PADA RESD PROJECT, PPSDM KEBTKE SIAP SUKSESKAN KERJASAMA DENGAN SWISS DALAM PENGEMBANGAN KOMPETENSI SDM ENERGI TERBARUKAN DI INDONESIA

 

Kamis, 8 Juli 2021

Kerjasama antara Pemerintah Swiss (SECO – State Secretariat of Economic Affairs) dan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (BPSDM KESDM) tentang pelaksanaan program asistensi teknis Renewable Energy Skills Development (RESD) telah ditandatangani pada tanggal 02 Desember 2020.

 

Tujuan utama dari RESD adalah menciptakan tenaga kerja yang kompeten di bidang perencanaan, desain, pembangunan dan pemasangan, inspeksi dan commissioning, pengoperasian dan pemeliharaan pembangkit listrik tenaga surya, hybrid surya diesel dan air melalui (1) penciptaan program D4 di 5 politeknik di Indonesia, 2) peluncuran program kursus energi terbarukan secara modular pada 5 lembaga pelatihan non formal, dan 3) pertukaran informasi dan komunikasi.

 

Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia, Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (PPSDM KEBTKE) Laode Sulaeman mendapat mandat sebagai Head of Project Implementation Unit pada RESD Project dalam sambutan pembukaan “DACUM Workshop RESD Project on Solar, Solar Hybrid dan Hydro” menyampaikan bahwa penyelenggaraan lokakarya pengembangan kurikulum atau Developing a Curriculum (DACUM) Workshop yang merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan pada proyek pengembangan keterampilan energi terbarukan atau Renewable Energy Skills Development Project yang disingkat RESD.

 

Kerjasama program asistensi teknis RESD antara SECO dan BPSDM Kementerian ESDM telah ditandatangani pada tanggal 2 Desember 2020, dengan harapan bahwa asistensi teknis ini mampu menciptakan sumber daya manusia yang kompeten dalam lingkup perencanaan, pembangunan dan pemasangan, inspeksi dan commissioning, hingga pengoperasian dan pemeliharaan pembangkit listrik yang dikhususkan pada PLTS, hybrid PLTS-PLTD dan PLT Hidro, ungkap Laode

 

Lebih lanjut Laode menegaskan, bahwa dalam rangka pengembangan kompetensi tenaga kerja sesuai lingkup yang saya sebutkan tadi, perlu dilaksanakan workshop/lokakarya menyusun kurikulum pelatihan modular yang sesuai dengan kebutuhan dari entitas pelaku pasar, dengan mencari masukan dari para peserta workshop yang terkait dengan okupansi kerja, uraian tugas dan unit kompetensi operator. Keluaran yang diharapkan dari kegiatan ini adalah tersusunnya DACUM Chart yang memuat rincian tugas dan pekerjaan (duties and tasks) dari operator pembangkit listrik energi terbarukan dan hasil survei berupa skala prioritas, kesulitan, faktor kritis, frekuensi tugas dan pekerjaan dari jabatan operator pembangkit.

 

Kami mengucapkan terima kasih kepada para panelis, pengamat, dan fasilitator atas kesediaannya untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan Online DACUM workshop yang diselenggarakan pada tanggal 8 s.d. 9 Juli 2021 untuk topik DACUM PLTS dan Hybrid PLTS-PLTD serta tanggal 13 s.d. 14 Juli untuk topik PLT Hydro, tutur Laode.

 

Harapan saya, semoga kegiatan ini dapat berhasil guna serta memiliki keluaran kebermanfaatan yang berkelanjutan, dan mendapatkan manfaat yang optimal terhadap tujuan utama, tutupnya.

 

Sebagai lembaga pemerintah yang memberikan layanan kepada masyarakat saat ini telah memiliki predikat sebagai wilayah bebas korupsi atau disebut WBK. Selain itu LSK PPSDM KEBTKE juga telah mendapatkan nilai kinerja dengan predikat emas yang diberikan oleh Instansi pembina Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan.

 

Kami SIAP menjadi bagian dan Partner Terpercaya dalam pengembangan SDM Bidang Ketenagalistrikan Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi.

 

PPSDM KEBTKE TANGGUH PENUH ENERGI!

kerja CEPAT, CERMAT, PRODUKTIF

JUJUR, PROFESIONAL, MELAYANI, INOVATIF, DAN BERARTI

Informasi pelatihan, sertifikasi, dan jasa umum:

Sdr. Akhir Setiadi (HP.0856-4985-8447),

Sdr. M. Zuhud Andrya (HP.0819-0770-3764),

Sdr. Zulfa (HP.0823-7604-1564),

Sdr. Nico Juni Ferson (HP. 0811-8123-490)

Sdr. Hari Zana (HP.0812-8110-2149),

Sdr. Anggit (HP. 0852-8804-0600)

Email: informasi.ppsdmkebtke@esdm.go.id

Web https://ppsdmkebtke.esdm.go.id/

(SA)

#20TahunBPSDMESDM

#BerkaryaUntukNegeri

#IndonesiaTangguh

#IndonesiaTumbuh

#kesdmesdm

#bpsdmesdm

#ppsdmkebtke

#ketenagalistrikan

#energi

#pelatihan