Kementerian ESDM Gelar Workshop Konversi Sepeda Motor BBM Menjadi Sepeda Motor Listrik di Kota Madiun – Jawa Timur

Kementerian ESDM Gelar Workshop Konversi Sepeda Motor BBM Menjadi Sepeda Motor Listrik di Kota Madiun  – Jawa Timur

Kementerian ESDM Gelar Workshop Konversi Sepeda Motor BBM Menjadi Sepeda Motor Listrik di Kota Madiun  – Jawa Timur

 

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyelenggarakan Workshop Konversi Motor Berbahan Bakar Minyak (BBM) Menjadi Sepeda Motor Listrik, pada Selasa-Jumat, 24-27 Oktober 2023 bertempat di SMK Negeri 1 Mejayan,  Madiun – Jawa Timur.

Kegiatan tersebut dilaksanakan Kementerian ESDM melalui Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (Ditjen EBTKE) dan Pusat Pengembangan Sumber Daya Mineral, Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (PPSDM KEBTKE) bekerjasama dengan Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Jawa Timur.  Juga turut hadir dalam kesempatan tersebut  Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur yang diwakili oleh Kepala Seksi SMK Lamiran, perwakilan dari Direktur Konservasi Energi Ditjen EBTKE KESDM, Kepala PPSDM KEBTKE  Ir. A. Susetyo Edi Prabowo, M.Si., serta  Koordinator Penyelenggaraan dan Sarana Prasarana Pengembangan SDM PPSDM KEBTKE, Elin Lindiasari, S.T., M.B.A.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Mejayan, Suharto mengungkapkan rasa terima kasihnya mewakili sekolah dan para peserta kepada Kementerian ESDM yang memberikan kesempatan kepada para peserta workshop untuk mendapatkan pengetahuan dan praktik mengenai konversi motor listrik. “Semoga workshop ini dapat memberikan pengetahuan terkait konversi motor BBM menjadi motor listrik, dan ilmunya dapat ditularkan kepada para siswa di sekolah masing-masing atau rekan-rekan di bengkel tempat Bapak/Ibu bekerja,” ujar Suharto.

 

Kebutuhan transportasi merupakan salah satu kebutuhan dasar bagi kehidupan manusia, baik itu di daerah pedesaan maupun daerah urban. Orang yang berkomuter setiap hari dari tempat tinggal menuju tempat kerja, dengan perpindahan yang masif, menjadi tanda bergeraknya perekonomian di suatu tempat. Transportasi tidak bisa dipisahkan dari kegiatan ekonomi, karena mobilitas masyarakat menjadi tulang punggung perekonomian negara.

 

Seperti halnya kegiatan lain, kegiatan transportasi pun tak terhindar dari konsumsi energi. Penggunaan kendaraan pribadi menjadi salah satu penyumbang konsumsi bahan bakar fosil. “Belum lagi dampak lingkungan yang ditimbulkan seperti emisi CO2 dan gas rumah kaca lain, yang memberikan pengaruh buruk bagi kesehatan dan lingkungan,” kata Kepala PPSDM KEBTKE Ir. A. Susetyo Edi Prabowo, M.Si..

 

 Sepeda motor menjadi salah satu target dari konversi penggunaan kendaraan listrik, mengingat sepeda motor merupakan andalan mobilitas masyarakat indonesia karena aksesibilitas dan keterjangkauannya. Sepeda motor BBM konvensional dapat dikonversi menjadi sepeda motor listrik, namun dengan tetap mengedepankan performa serta kualitas sehingga layak untuk dipakai sehari hari.

 

Mewakili Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) ESDM, Kepala PPSDM KEBTKE Ir. A Susetyo Edi Prabowo M.Si. menyampaikan  bahwa kegiatan ini adalah angkatan ketiga. “Pelatih ini  diikuti sebanyak 25 (dua puluh lima) orang peserta yang terdiri dari Perguruan tinggi, SMKN, bengkel komunitas motor listrik, serta usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di provinsi Jawa Timur. Hadir sebagai pengajar dari PT Braja Elektrik Motor,” kata Kepala PPSDM KEBTKE.

 

Kegiatan ini bertujuan untuk mendukung pemberian Bantuan Pemerintah Program Konversi Sepeda Motor Listrik serta menghasilkan tenaga teknik yang memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam kegiatan konversi sepeda motor BBM menjadi sepeda motor listrik. Workshop diselenggarakan selama 4 hari, dengan materi Overview Peraturan terkait Kendaraan Listrik, Administrasi Konversi, Komponen Kendaraan Listrik, Kajian Syarat Teknis Sepeda Konversi, Praktikum Instalasi Komponen Mekanik, Praktikum Instalasi Komponen Elektrikal, dan Praktikum Integrasi.

 

Dalam kesempatan tersebut, Kepala PPSDM KEBTKE menyampaikan ucapan terima kasih kepada berbagai pihak yang terlibat. “Kami sampaikan ucapan terima kasih atas bantuan dan kerja sama yang sangat baik antara Ditjen EBTKE melalui PPSDM KEBTKE dengan Dinas ESDM Provinsi Jawa Timur, Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, serta SMK Negeri 1 Mejayan sehingga kegiatan ini terlaksana dengan baik dan lancar.  Para peserta diharapkan dapat menyerap sharing ilmu dari para pakar ini dengan baik sehingga dapat diimplementasikan di tempat tugas masing-masing,” lanjut Susetyo Edi.

 

Sebagai andil dalam menyukseskan program konversi sepeda motor listrik, Direktorat Konservasi Energi, bekerja sama dengan PPSDM KEBTKE, serta Bengkel Braja Elektrik melakukan pembuatan kurikulum, modul, serta pelaksanaan Workshop Konversi Sepeda Motor BBM menjadi Sepeda Motor Listrik ini. Diharapkan rangkaian kegiatan ini dapat menghasilkan sumber daya manusia yang andal dalam melaksanakan kegiatan konversi sepeda motor BBM menjadi sepeda motor listrik. (ZP)