Kementerian ESDM Gelar Workshop Konversi Sepeda Motor BBM Menjadi Sepeda Motor Listrik di Kota Malang – Jawa Timur

Kementerian ESDM Gelar Workshop Konversi Sepeda Motor BBM Menjadi Sepeda Motor Listrik di Kota Malang  – Jawa Timur

Kementerian ESDM Gelar Workshop Konversi Sepeda Motor BBM Menjadi Sepeda Motor Listrik di Kota Malang  – Jawa Timur

 

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyelenggarakan Workshop Konversi Motor Berbahan Bakar Minyak (BBM) Menjadi Sepeda Motor Listrik selama 4 hari,  pada Selasa – Jumat, 24-27 Oktober 2023 di SMK Negeri 10 Malang – Jawa Timur.

Pelatihan diikuti oleh 23 peserta yang berasal dari SMK, BLK, dan bengkel UMKM sekitar daerah Provinsi Jawa Timur. Kegiatan tersebut dilaksanakan Kementerian ESDM melalui Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (Ditjen EBTKE) dan Pusat Pengembangan Sumber Daya Mineral, Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (PPSDM KEBTKE) bekerjasama dengan Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Jawa Timur. 

 

Juga turut hadir dalam kesempatan tersebut  Kepala Sekolah SMK N 10 Malang,   Heni Mahendrayani, Perwakilan dari Direktur Konservasi Energi Ditjen EBTKE yaitu Perencana Ahli Muda, M. Atthar Majid, serta  perwakilan dari  PPSDM KEBTKE Sub Koordinator Penyelenggaraan Pengembangan SDM Rifka Sofianita, S.T., M.T.

 

Sepeda motor menjadi salah satu target dari konversi penggunaan kendaraan listrik, mengingat sepeda motor merupakan andalan mobilitas masyarakat indonesia karena aksesibilitas dan keterjangkauannya. Sepeda motor BBM konvensional dapat dikonversi menjadi sepeda motor listrik, namun dengan tetap mengedepankan performa serta kualitas sehingga layak untuk dipakai sehari hari.

Sebagai andil dalam menyukseskan program konversi sepeda motor listrik, Direktorat Konservasi Energi, bekerja sama dengan PPSDM KEBTKE, serta Bengkel Braja Elektrik melakukan pembuatan kurikulum, modul, serta pelaksanaan Workshop Konversi Sepeda Motor BBM menjadi Sepeda Motor Listrik ini. Diharapkan rangkaian kegiatan ini dapat menghasilkan sumber daya manusia yang andal dalam melaksanakan kegiatan konversi sepeda motor BBM menjadi sepeda motor listrik.

 

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Sekolah SMKN 10 Malang Heni Mahendrayani mengungkapkan rasa terima kasihnya mewakili para peserta kepada Kementerian ESDM yang memberikan kesempatan kepada para peserta workshop untuk mendapatkan pengetahuan dan praktik mengenai konversi motor listrik. “Kami sangat berharap workshop ini dapat memberikan manfaat dan pengetahuan terkait konversi motor BBM menjadi motor listrik. Para peserta disini kami harapkan bisa membagi  ilmunya kepada para siswa di sekolah masing-masing atau rekan-rekan di bengkel tempat  bekerja,” ujar Suharto.

 

Kegiatan ini bertujuan untuk mendukung pemberian Bantuan Pemerintah Program Konversi Sepeda Motor Listrik serta menghasilkan tenaga teknik yang memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam kegiatan konversi sepeda motor BBM menjadi sepeda motor listrik. Workshop diselenggarakan selama 4 hari, dengan materi Overview Peraturan terkait Kendaraan Listrik, Administrasi Konversi, Komponen Kendaraan Listrik, Kajian Syarat Teknis Sepeda Konversi, Praktikum Instalasi Komponen Mekanik, Praktikum Instalasi Komponen Elektrikal, dan Praktikum Integrasi.

Dalam kesempatan tersebut, Kementerian ESDM menyampaikan ucapan terima kasih kepada berbagai pihak yang terlibat, berkat bantuan dan kerja sama yang sangat baik antara Ditjen EBTKE melalui PPSDM KEBTKE dengan Dinas ESDM Provinsi Jawa Timur, Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, serta SMK Negeri 10 Malang  sehingga kegiatan ini terlaksana dengan baik dan lancar.  

 

Sebagai andil dalam menyukseskan program konversi sepeda motor listrik, Direktorat Konservasi Energi, bekerja sama dengan PPSDM KEBTKE, serta Bengkel Braja Elektrik melakukan pembuatan kurikulum, modul, serta pelaksanaan Workshop Konversi Sepeda Motor BBM menjadi Sepeda Motor Listrik ini. Diharapkan rangkaian kegiatan ini dapat menghasilkan sumber daya manusia yang andal dalam melaksanakan kegiatan konversi sepeda motor BBM menjadi sepeda motor listrik. (ZP)