Kementerian ESDM Melalui PPSDM KEBTKE Bekerjasama dengan PT. Bhimasena Power Indonesia Gelar Uji Kompetensi Tenaga Teknik

Kementerian ESDM Melalui PPSDM KEBTKE Bekerjasama dengan PT. Bhimasena Power Indonesia Gelar Uji Kompetensi Tenaga Teknik

Kementerian ESDM Melalui PPSDM KEBTKE Bekerjasama dengan PT. Bhimasena Power Indonesia Gelar Uji Kompetensi Tenaga Teknik

 

Kementerian ESDM melalui Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (PPSDM KEBTKE) Uji Sertifikasi Kompetensi Tenaga Teknik Ketenagalistrikan Bidang Pembangkit Tenaga Listrik Subbidang Pengoperasian (PLTU) yang dilaksanakan pada tanggal 4 sampai 6 Oktober 2023 secara offline, bertempat di PLTU PT. Bhimasena Power Indonesia Batang-Jawa Tengah. Kegiatan  diikuti sebanyak 20 (dua puluh) orang peserta yang berasal dari lingkungan tenaga teknik PT. Bhimasena Power Indonesia.

 

Pemenuhan kebutuhan tenaga teknik yang kompeten di bidang ketenagalistrikan merupakan amanah dari Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2009 tentang Ketenagalistrikan, kebutuhan SDM yang kompeten di bidang ketenagalistrikan terus meningkat seiring dengan perkembangan industri dan terus tumbuhnya kebutuhan pemenuhan energi listrik nasional. Oleh karenanya kami tetap berkomitmen menyelenggarakan uji kompetensi demi terciptanya tenaga teknik ketenagalistrikan yang kompeten di bidangnya, ujar Rakhmawati, S.T. selaku Koordinator Perencanaan dan Standarisasi.

Kegiatan ini diselenggarakan sebagai Pemenuhan Keselamatan Ketenagalistrikan yaitu setiap instalasi tenaga listrik yang beroperasi wajib memiliki Sertifikat Laik Operasi, Setiap badan usaha penunjang tenaga listrik wajib memiliki Sertifikat Badan Usaha, Setiap tenaga teknik dalam usaha ketenagalistrikan wajib memiliki Sertifikat Kompetensi.

Koordinator Perencanaan dan Standarisasi juga menyampaikan bahwa keselamatan ketenagalistrikan wajib diterapkan pada setiap instalasi penyediaan tenaga listrik sesuai dengan persyaratan umum Keselamatan Ketenagalistrikan; dan setiap instalasi pemanfaatan tenaga listrik dan peralatan dan pemanfaat tenaga listrik sesuai dengan SNI di bidang ketenagalistrikan. Dalam hal belum terdapat SNI, Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik dan peralatan dan pemanfaat tenaga listrik dapat menggunakan standar internasional atau standar lain yang diberlakukan.

 

Selanjutnya di sela-sela kegiatan berjalan Rakhmawati, selaku Koordinator Perencanaan dan Standarisasi mengucapkan terima kasih dan syukurnya atas kerjasama dan kolaborasi PT. Bhimasena Power Indonesia sehingga kegiatan ini dapat terselenggara.

 

Rakhma juga menyampaikan harapannya kepada manajemen PT. Bhimasena Power Indonesia yang diwakili oleh Puti Nadia Hardo selaku HR Strategic Manager agar kerjasama PPSDM KEBTKE dengan PT. Bhimasena Power Indonesia dapat terus terjalin khususnya dibidang pengembangan kompetensi sumber daya manusia dan pemenuhan keselamatan ketenagalistrikan.

Puti Nadia Hardo berharap bahwa kerjasama dengan PPSDM KEBTKE dapat terus terjalin dan juga menyampaikan terima kasih atas dukungan yang diberikan oleh PPSDM KEBTKE, sehingga pemenuhan keselamatan ketenagalistrikan di lingkungan PT. Bhimasena Power Indonesia dapat terlaksana. (SA)