Kementerian ESDM Selenggarakan Bimtek Konversi Program Konversi Sepeda Motor BBM ke Sepeda Motor Listrik di Bali

Kementerian ESDM Selenggarakan Bimtek Konversi Program Konversi Sepeda Motor BBM ke Sepeda Motor Listrik di Bali

Kementerian ESDM Selenggarakan Bimtek Konversi Program Konversi Sepeda Motor BBM ke Sepeda Motor Listrik di Bali

 

Kementerian ESDM gelar Bimbingan Teknis Konversi Program Konversi Sepeda Motor BBM ke Sepeda Motor Listrik bagi masyarakat Bali pada 20-21 November 2023 bertempat di Discovery Kartika Plaza, Bali. Bimtek ini merupakan kerjasama antara Direktorat Konservasi Energi Ditjen Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Kementerian ESDM.

Dalam Bimtek tersebut disampaikan mengenai materi Regulasi Program Bantuan Pemerintah terkait Konversi Sepeda Motor BBM ke Sepeda Motor Listrik, Peran PPSDM KEBTKE dalam Program Konversi Sepeda Motor BBM ke Sepeda Motor Listrik, Peraturan Menteri Perhubungan No. PM 39 Tahun 2023 tentang Konversi Sepeda Motor Dengan Penggerak Motor Bakar menjadi Sepeda Motor Listrik berbasis Baterai, Registrasi dan Identifkasi Kendaraan Bermotor untuk Konversi Sepeda Motor BBM menjadi Sepeda Motor Listrik, dan Pengembangan Bengkel Konversi Sepeda Motor BBM ke Sepeda Motor Listrik.

Pada kesempatan tersebut, Kepala PPSDM KEBTKE Ir. A. Susetyo Edi Prabowo, M.Si. menyampaikan harapannya Bimtek dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dalam mengkonversi motor BBM menjadi motor listrik. “Semoga sharing regulasi dan informasi ini memberikan kemanfaatan bagi kita dengan berkolaborasi antara kementerian/Instansi/Pemerintah Daerah/masyarakat untuk menyiapkan teknisi bengkel kendaraan motor listrik dan memperbanyak/memanfaatkan keberadaan bengkel konversi motor listrik. Saat ini sudah ada 30 bengkel yang tersertifikasi di Indonesia. Selain itu, Bimtek inijuga diharapkan dapat mendorong menggunakan kendaraan bermotor listrik dimulai dengan mengkonversi sepeda BBM menjadi sepeda motor listrik,” kata Kepala Bagian Umum Rr. Rizki Amalia Nurhayati, S.H., M.H. mewakili Kepala PPSDM KEBTKE.

Kementerian ESDM berharap  kolaborasi antara Pemerintah Pusat, pemerintah daerah, tokoh masyarakat, akademisi dan masyarakat dalam pelaksanaan program bantuan pemerintah konversi Konversi Sepeda Motor BBM ke Sepeda Motor Listrik ini yang mendorong terbentuknya ekosistem KLBB ataupun bengkel motor konversi di Indonesia khususnya di Provinsi Bali.

 

Turut hadir dalam kesempatan tersebut,  perwakilan dari Direktorat Konservasi Energi, perwakilan dari Dinas Ketenagakerjaan dan ESDM Provinsi Bali, perwakilan dari Direktur Sarana Transportasi Jalan, Kementerian Perhubungan, AKP Ni Putu Wila Indrayani, PAUR STNK Subdit Regident Ditlantas Polda Bali , Putu Yindy Kurniawan dari PT Percik Daya Nusantara, Para Dosen Fakultas Teknik Universitas / Politeknik, Guru-guru SMK, Ketua Ikatan Motor Indonesia Wilayah Bali serta para Ketua Komunitas Motor di Bali.(ZP)