Mahasiwa Universitas Telkom Kunjungi Lab Simulator Pembangkit Listrik PPSDM KEBTKE

Mahasiwa Universitas Telkom Kunjungi Lab Simulator Pembangkit Listrik PPSDM KEBTKE

Mahasiwa Universitas Telkom Kunjungi Lab Simulator Pembangkit Listrik PPSDM KEBTKE

 

Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia, Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (PPSDM KEBTKE) menerima kunjungan lapangan mahasiswa Universitas Telkom atau Telkom University (Tel-U)  pada hari Kamis, 6 Juni 2024, yang bertujuan untuk menarik minat mahasiswa dan juga tenaga pengajar untuk mengetahui lebih lanjut mengenai bidang kelistrikan khususnya bidang pengoperasian Pembangkit Listrik berbasis simulator.

 

PPSDM KEBTKE telah memfasilitasi kegiatan dimaksud berupa ruang kelas, pengajar dan ruang praktik bagi 16 (enam belas) orang mahasiswa dan 2 orang dosen, dan 2 orang dari Simgenik Indonesia (PKTI).

 

Koordinator Sarana Prasarana Pengembangan Sumber Daya Manusia Elin Lindiasari mewakili Kepala PPSDM KEBTKE menyampaikan terima kasih atas kunjungannya, kami sangat mengapresiasi dan membuka pintu untuk kegiatan seperti ini, semoga hal ini dapat menjembatani kerjasama lainnya diwaktu yang akan datang.

 

Lanjut Elin, bahwa PPSDM KEBTKE menjalankan tugas dan fungsinya sebagai lembaga pendidikan, pelatihan hingga sertifikasi di sektor Ketenagalistrikan dan EBTKE, saat ini telah melakukan beberapa pelatihan Surat Keterangan Pendamping Ijasah (SKPI) bagi mahasiswa, harapan kami mahasiswa yang lainnya dapat melakukan pelatihan SKPI sebagai nilai plus daya saing dalam dunia kerja sehingga mahasiswa perlu menyadari bahwa kompetensi pendukung sangat diperlukan, bukan hanya mengandalkan ijazah semata, sertifikat kompetensi merupakan pengakuan formal sesorang pada bidangnya, ungkap Elin.

Para peserta terjun langsung untuk melakukan praktik simulasi Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) yang didampingi oleh Dudi Chandra dari Simgenik Indonesia (PKTI).

 

Dudi Chandra menyampaikan bahwa PT. Pusat Kompetensi dan teknologi Indonesia (PKTI) bekerjasama dengan Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan, Dan Konservasi Energi (PPSDM KEBTKE) menyelenggarakan program kunjungan industry dan mensimulasikan (mendomontrasikan) pengoperasian dengan simulator unit pembangkit. Simulator unit pembangkit untuk mengenalkan manfaat technologi Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) yang berkaitan dengan prosedur pengoperasian, pengendalian, serta ruang lingkup dan trouble shooting.

Lanjut Dudi, Program ini sudah dilaksanakan kepada beberapa instansi pendidikan pilihan yang telah bekerjasama dengan PKTI, seperti yang telah di selenggarakan sebelumnya oleh Universitas Gunadarma, Universitas Budhi Luhur dan saat ini di selenggarakan dengan Universitas Telkom, ungkap Dudi