PELATIHAN TEKNIS BATTERY STRORAGE DI PPSDM KEBTKE

PELATIHAN TEKNIS BATTERY STRORAGE DI PPSDM KEBTKE

PELATIHAN TEKNIS BATTERY STRORAGE DI PPSDM KEBTKE

 

Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (PPSDM KEBTKE) menyelenggarakan Pelatihan Teknis Battery Storage (Sistem Distance Learning) pada tanggal, 3 sampai dengan 5 Agustus 2021.

 

Laode Sulaeman Kepala PPSDM KEBTKE dalam sambutan pembukaan menyampaikan bahwa beberapa hal perkembangan terakhir yang muncul di tataran global.

 

“Pertemuan-pertemuan energy working group di G20, itu sudah memutuskan bahwa kita akan masuk pada era yang namanya netzero emition, jadi 20 Negara telah di arahkan bagaimana bisa pada tahun tertentu, tahun 2050 sudah mengarah kepada kebijakan netzero emition.

 

“Hal ini tentu akan mendorong seluruh kekuatan negara-negara tersebut, dan tentu negara-negara lain akan ikut karena negara G20 ini akan menguasai lebih dari 70% ekonomi dunia.

 

“Ketika negara-negara tersebut ikut makan seluruh kekuatan dari renewable energy dari masing-masing negara tersebut akan dioptimalkan pemanfaatan energinya. Disisi lain penggunaan secara besar energi yang sifatnya intermitan itu tentu membutuhkan backup power yang memadai.

 

Kalau kita lihat sekarang yang menjadi andalan di Indonesia adalah PLTU selain itu ada PLTA tetapi belum besar jumlahnya kita juga sedang mendorong agar geothermal juga maju, namun disisi itu kita tetap harus mengupayakan agar menguasai Battery Storage ini untuk digunakan sebagai backup power pada pembangki-pembangkit yang sifatnya intermitan, oleh karena itu penting buat kita untuk memahami bagaimana battery storage ini direalisasi dan dimanfaatkan, kita baru bicara dari sisi hulu ketika listrik dibangkitkan, Ungkap Laode.

 

“Sedangkan dari sisi hilir ternyata lebih dinamis sekarang kita sudah masuk bagaimana mengimplementasikan penggunaan mobil listrik, sepeda motor listrik sangat maju dengan pesat, di negara lain sejak 5 tahun yang lalu sudah dimulai penggunaannya, dalam 2-3 tahun ini kita akan mencanangkan, ini yang akan menyebabkan dinamika dari perkembangan industri otomotif ke depan.

 

“Bahwa negara yang maju didukung oleh penguasaan dan implementasi teknologi dari hulu sampai hilir semoga kita bisa menuju kesana, ungkap Laode.

 

Lanjut Laode, harapan saya para peserta dapat mengikuti pelatihan ini dengan baik dan memanfaatkan waktunya untuk sharing kepada para pakar, kali ini yang akan hadir sebagai pengajar yaitu Dr. Chairul Hudaya dari Universitas Teknologi Sumbawa, Tri Desmana Rachmildha dari Sekolah Teknologi Elektro dan Informatika ITB, Fajar Sastrowijoyo dari Syntek Energy and Control, selamat mengikuti pelatihan semoga kegiatannya berjalan lancer dan semua sehat selalu tentunya, tutup Laode.

 

PPSDM KEBTKE sebagai lembaga pemerintah yang memberikan layanan kepada masyarakat kami PPSDM KEBTKE saat ini telah memiliki predikat sebagai wilayah bebas korupsi atau disebut WBK

 

Kami PPSDM KEBTKE SIAP menjadi bagian dan Partner Terpercaya dalam pengembangan SDM Bidang Ketenagalistrikan Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi.

 

PPSDM KEBTKE TANGGUH PENUH ENERGI!

kerja CEPAT, CERMAT, PRODUKTIF

JUJUR, PROFESIONAL, MELAYANI, INOVATIF, DAN BERARTI

Informasi pelatihan, sertifikasi, dan jasa umum:

Sdr. Akhir Setiadi (HP.0856-4985-8447),

Sdr. M. Zuhud Andrya (HP.0819-0770-3764),

Sdr. Zulfa (HP.0823-7604-1564),

Sdr. Nico Juni Ferson (HP. 0811-8123-490)

Sdr. Hari Zana (HP.0812-8110-2149),

Sdr. Anggit (HP. 0852-8804-0600)

Email: informasi.ppsdmkebtke@esdm.go.id

Web https://ppsdmkebtke.esdm.go.id/

(SA)

#20TahunBPSDMESDM

#BerkaryaUntukNegeri

#IndonesiaTangguh

#IndonesiaTumbuh

#kesdmesdm

#bpsdmesdm

#ppsdmkebtke

#ketenagalistrikan

#energi

#pelatihan

#sertifikasi

#ditjengatrik

#ppsdmmigas

#ppsdmgeominerba