Pelatihan Teknis dan Uji Kompetensi Pengoperasian Distribusi Tegangan Rendah

Pelatihan Teknis dan Uji Kompetensi Pengoperasian Distribusi Tegangan Rendah

Pelatihan Teknis dan Uji Kompetensi Pengoperasian Distribusi Tegangan Rendah

 

Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia, Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (PPSDM KEBTKE) berkerjasama dengan Pertamina selenggarakan Pelatihan Teknis Pengoperasian Distribusi Tegangan rendah pada 4 s.d 7 September 2023, bertempat di kantor Pertamina Hulu Rokan, Riau. Diikuti sebanyak 17 (tujuh belas) orang tenaga teknik di lingkungan PT. Pertamina Hulu Rokan. 

 

Adapun materi yang disampaikan terdiri dari Regulasi Ketenagalistrikan dan Sertifikasi Tenaga Teknik, Teori Dasar Listrik, Pengukuran Listrik, Keselamatan Ketenagalistrikan dan Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Pengoperasian PHB TR, serta Praktik. Hadir sebagai narasumber Muhammad Nashiruddin Haramaini, S.T., M.B.A. Widyaiswara dari PPSDM KEBTKE, dan Sumarsono yang berasal dari profesional.

 

Nashiruddin menyampaikan materi terkait sistem teori dasar listrik yang bertujuan untuk menjelaskan fenomena kelistrikan, menjelaskan aliran listrik, menjelaskan dan menerapkan hukum-hukum kelistrikan, dan memahami penerapan dasar listrik.

 

Listrik adalah Kondisi yang ditimbulkan adanya partikel sub atomic: proton dan electron, yang saling Tarik-menarik/ tolak menolak, diantara keduanya, Listrik adalah suatu bentuk energi, yang tersimpan dalam muatan listrik.

 

Gaya Listrik yaitu  kondisi yang saling tarik-menarik: menimbulkan gaya diantara muatan listrik. Adanya Gaya menimbulkan adanya kemampuan untuk melakukan kerja (potensial)

Jumlah perbedaan potensial pada semua muatan disebut electromotive force (gaya gerak listrik).

 

Sumarsono menyampaikan terkait Perangkat Hubung Bagi (PHB)(PHB) Tegangan Rendah adalah suatu kombinasi dari satu atau lebih perlengkapan hubung bagi  tegangan rendah dengan peralatan kontrol, peralatan ukur, pengaman dandan kendali yang saling berhubungan. Keseluruhan nyanya dirakit lengkap dengan sistem pengawatan dandan mekanis pada bagian penyangganya.

 

Perangkat hubung bagi dipasang pada sisi  tegangan rendah atau sisi sekunder trafo sebuah gardu distribusi baik Gardu Beton, Gardu Kios, Gardu Portal maupun Gardu Cantol. Jumlah jurusan perper transfomator atau gardu distribusi Banyaknya 88 jurusan, disesuaikan dengan besar daya transfomator dandan Kemampuan Hantar Arus (KHA).

 

Penghantar JTR (Jaringan Tegangan Rendah) yang digunakan Pada PHB-TR harus dicantumkan diagram satu garis, arus pengenal gawai proteksi dandan kendali serta nama jurusan JTR.

 

PHB-TR adalah perangkat kelistrikan berupa panel yang digunakan sebagai alat control  menghubungkan/memutuskan distribusi listrik, alat proteksi melindungi perangkat listrik lain ketika ada gangguan dan sebagai alat pengukuran besaran listrik sarus, tegangan, daya. Dengan adanya PHB-TR maka pengontrolan, monitoring dan perlindungan distribusi listrik dapat menjadi lebih baik.(SA)