Pelatihan Teknis Konversi Sepeda Motor BBM Menjadi Sepeda Motor Listrik Angkatan-3 di Surabaya

Pelatihan Teknis Konversi Sepeda Motor BBM Menjadi Sepeda Motor Listrik Angkatan-3 di Surabaya

Pelatihan Teknis Konversi Sepeda Motor BBM Menjadi Sepeda Motor Listrik Angkatan-3 di Surabaya

 

Kementerian ESDM melalui Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia, Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (PPSDM KEBTKE) menyelenggarakan kegiatan pelatihan teknis konversi sepeda motor bahan bakar minyak (BBM) menjadi sepeda motor listrik (Angkatan 3) di Surabaya, Jawa Timur.

 

Kegiatan Pelatihan diselenggarakan berkat kerjasama antar PPSDM KEBTKE dengan Dinas ESDM Provinsi Jawa Timur, pada tanggal 24 s.d 28 Juli 2023. Pelatihan diikuti dengan jumlah peserta sebanyak 22 (dua puluh dua) orang peserta, bertempat di SMK Negeri 2 Surabaya – Jawa Timur.  Pelatihan teknis konversi sepeda motor BBM menjadi sepeda motor listrik (angkatan 3) dengan durasi 5 (lima) hari kerja, para peserta akan mendapatkan 50 Jam Pelajarana (JP) yang berisikan sejumlah materi yang terkait dengan pelaksanaan konversi sepeda motor BBM menjadi sepeda motor listrik

 

Pelatihan Teknis Konversi Sepeda Motor BBM Menjadi Sepeda Motor Listrik bertujuan untuk menghasilkan tenaga teknik yang memiliki pengetahuan teknis dan legal terkait konversi sepeda motor BBM menjadi sepeda motor listrik, serta memiliki keterampilan dalam pengerjaan kegiatan konversi sepeda motor listrik.

 

Tenaga pengajar yang menjadi narasumber pada Pelatihan ini adalah perwakilan instansi yaitu Direktorat Sarana Transportasi Jalan, Kementerian Perhubungan, Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor, Kementerian Perhubungan Korps Lalu Lintas, Kepolisian Republik Indonesia,  Balai Besar Bahan dan Barang Teknik (B4T), Kementerian Perindustrian,  Balai Besar Survei dan Pengujian Ketenagalistrikan, Energi Baru Terbarukan, dan Konservasi Energi (BBSP KEBTKE), Kementerian ESDM, Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Ketenagalistrikan, Energi Baru Terbarukan, dan Konservasi Energi (PPSDM KEBTKE) Kementerian ESDM, serta dari SMK Negeri 2 Surabaya.

 

Sekretaris Kepala Dinas ESDM Provinsi Jawa Timur Oni Setiawan mengatakan bahwa pelatihan ini diharapkan dapat memberikan para peserta kemampuan teknis dan legal terkait konversi sepeda motor BBM menjadi sepeda motor listrik khususnya di Jawa Timur.

 

“Kami mengapresiasi Jawa Timur terpilih sebagai urutan ketiga di Indonesia untuk mendapatkan pelatihan konversi kendaraan sepeda motor konvensial menjadi kendaraan listrik.  Pelatihan ini sangat penting karena merupakan kebijakan pusat ya nantinya di satu sisi kita melaksanakan era dimana energi fosil ini memang sudah harus digantikan dengan energi bersih untuk melakukan perubahan terhadap tatanan kehidupan baru yang lebih bersih, lebih sehat dan lebih sejahtera. Saya kira itu yang harus kita pahami bersama, dan bapak bapak dari ke Jawa Timur teknisi teknisi ini merupakan pionir nantinya yang menggerakkan kebijakan pemerintah ini agar bisa berjalan sesuai dengan kita rencanakan di mana nantinya kita pada tahun 2060 itu ada target Net Zero Emission,” kata Oni Setiawan Sekretaris Kepala Dinas ESDM Provinsi Jawa Timur.

 

Besar harapan dari Provinsi Jawa Timur berbagai pihak dapat mewujudkan konversi motor BBM menjadi motor listrik. “Semoga dengan persiapan yang matang tentunya nanti dengan kolaborasi beberapa instansi baik itu di Perindustrian, Kemendagri, Kementerian ESDM kemudian Kepolisian dan stakeholder lainnya tentunya nanti program itu akan dapat terlaksana dengan baik.  Berkaitan dengan hal tersebut, Pemerintah Provinsi Jawa Timur telah berkomitmen untuk segera mengakselerasi dan mendukung sepenuhnya upaya transisi energi melalui peningkatan pemanfaatan berbagai sumber daya energi baru terbarukan, termasuk penggunaan kendaraan listrik di sektor transportasi dan sektor-sektor produktif lainnya,” kata Oni.  

 

Sementara itu, sebagai tuan rumah, Kepala Sekolah SMK Negeri 2 Surabaya Bambang Poerwowidiantoro mengungkapkan pentingnya pelatihan ini untuk membekali para siswa untuk menghadapi industry otomotif listrik. Harapan kami pelatihan-pelatihan seperti ini bias terus dilakukan bukan hanya di SMK Negeri 2 Surabaya namum di sekolah lainnya guna mengmbangkan diri dalam hal teknologi ini, tutup Bambang.

 

Lebih lanjut Slamet dari BBSP KBLBB menyampaikan  terkait dengan pelatihan konversi sepeda motor BBM menjadi sepeda motor listrik   khususnya di Jawa timur ini. “Yang pertama kali kita adakan untuk di SMK Negeri 2 Surabaya. Tujuan utamanya adalah untuk menambah knowledge sharing kepada SMK ataupun UMKM atau bengkel konversi, bengkel bengkel yang ada di Surabaya untuk beralih menjadi bengkel konversi sehingga apa saja yang akah ditrainingkan oleh Kementerian ESDM. Ini kan trainingnya free ya sehingga harapannya bengkel bengkel UMKM yang ada di Jawa Timur maupun SMK itu terlibat sehingga banyak Institusi yang mensupport mendukung terakselerasinya program KBLBB atau kendaraan bermotor listrik berbasis baterai,” lanjut Slamet. Hal ini sesuai dengan Perpres 55 tahun 2019 dan Instruksi Presiden nomor 7 tahun 2022 terkait dengan penggunaan kendaraan bermotor listrik ini ya berbasis baterai. 

 

PPSDM KEBTKE memberikan pelayanan publik melalui pelatihan dan sertifikasi untuk aparatur, masyarakat umum, juga pengelola industri di sektor Ketenagalistrikan, Energi Baru Terbarukan (EBT),  Konservasi Energi (KE), serta memberikan jasa konsultansi dan audit energi padaindustri/bangunan gedung, kerjasama penyewaan dan penyelenggaraan aktivitas MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition).

 

Kami SIAP menjadi bagian dan Partner Terpercaya dalam pengembangan SDM Bidang Ketenagalistrikan Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Anda.

PPSDM KEBTKE TANGGUH PENUH ENERGI!

Kerja CEPAT, CERMAT, PRODUKTIF

Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif (BerAKHLAK)

Informasi pelatihan, sertifikasi, dan jasa umum:

Sdr. Nico Juni Ferson (HP. 0811-8123-490)

Sdr. Budi (HP. 813-8553-6686)

Sdr. Hari Zana (HP.0812-8110-2149),

Sdr. Anggit (HP. 0852-8804-0600)

Email: informasi.ppsdmkebtke@esdm.go.id

Web https://ppsdmkebtke.esdm.go.id/

(SA)