PELATIHAN TEKNIS OPERATOR PLTS TERPUSAT BAGI MASYARAKAT

PELATIHAN TEKNIS OPERATOR PLTS TERPUSAT BAGI MASYARAKAT

Senin, April 2021

 

Keinginan mendasar dalam pembentukan sebuah negara adalah untuk  mensejahterakan rakyatnya dalam berbagai sisi kehidupan, ujung tombak pelayanan publik di tingkat terendah, desa menuntut sebuah perhatian khusus dalam peningkatan kapasitas sumber daya manusia.

 

Elin Lindiasari koordinator Penyelenggaraan dan Sarana Prasarana Pengembangan Sumber Daya Manusia menyampaikan bahwa dalam rangka meningkatkan kompetensi sumber daya manusia di bidang ketenagalistrikan, energi baru, terbarukan, dan konservasi energi, Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (PPSDM KEBTKE) menyelenggarakan Pelatihan Teknis PLTS Terpusat bagi Operator dan/atau Pengelola, dilaksanakan pada 7-19 Juni 2021 bertempat di kampus PPSDM KEBTKE, Jalan Poncol Raya Nomor 39 Ciracas, Jakarta Timur secara offline tentunya dengan mematuhi protocol kesehatan.

 

Pengembangan sumberdaya manusia yang dikelola dengan baik penting sebagai sarana mencapai tujuan pembangunan secara efektif, PPSDM KEBTKE adalah lembaga penyelenggara pelayanan publik bidang EBTKE, Program pelatihan masyarakat memberikan penguatan kapasitas masyarakat berdasarkan peraturan perundangan yang berlaku, ungkap Elin.

 

Elin Lindiasari koordinator Pengembang Teknologi Pembelajaran menyampaikan bahwa diadakannya pelatihan ini bertujuan untuk menghasilkan operator dan atau pengelola PLTS terpusat yang mampu mengoperasikan dan memelihara PLTS terpusat, serta mengelola kelembagaan yang sudah dibangun dan atau akan dibangun.

 

Program ini merupakan pelatihan masyarakat yang dianggarkan oleh Kementerian ESDM untuk bisa memberikan kepastian keberlanjutan dari proyek-proyek spisifik yang diadakan oleh Kementerian ESDM dimana diharapkan pemerintah daerah bisa mengoperasikannya secara mandiri, dengan demikian aspek keberlanjutannya pun diharapkan tetap akan terjaga.

 

Kami berupaya untuk bisa meningkatkan kompetensi dari para peserta dimana para calon operator tidak hanya mengikuti pelatihan tetapi juga mengikuti sertifikasi, oleh karena itu kami inginkan keseriusan untuk mengikuti pelatihannya dengan baik, dan akan membuktikan keberhasilannya disaat akhir sesi pelatihan ini terkait dengan sertifikasi.  

 

Selama 2 minggu peserta pelatihan dibekali materi yang terdiri dari Teori Dasar Listrik, Pengukuran Listrik, Keselamatan Ketenagalistrikan, Komponen PLTS Terpusat, Aspek Pengelolaan dan Kelembagaan, Pengoperasian PLTS Terpusat, Pemeliharaan PLTS Terpusat, Identifikasi dan Penanganan Gangguan PLTS, Praktik Pengoperasian, di akhiri dengan ujian tertulis, sebagai pengajar Dr. Didik Hadiyanto, S.T., M.Eng., Raden Waluyo Jati Soemowidagdo, S.T., M.T., Widyaiswara dari PPSDM KEBTKE, ungkap Elin.

 

Mappaturung Camat Kepulauan Tanakeke menyampaikan ucapan terima kasih kepada PPSDM KEBTKE atas terselengarakannya pelatihan ini,  semoga pelatihan ini dapat mengantarkan para calon operator yang handal dan kompeten dalam mengoperasikan PLTS di daerah.

Sementara itu Haji Arsyad Sekretaris Daerah Kabupaten Takalar menyampaikan ucapan terima kasih kepada PPSDM KEBTKE dengan telah terselengarakannya pelatihan ini, kami sangat mengapresiasi dan memberikan pengharagaan yang setingi-tingginya kepada Kementerian karena sebenarnya PLTS ini diberikan pada tahun 2018, tetapi  selama ini belum optimal beroperasi dan tentu ini sangat mengganggu terkait keberadaannya, semoga dengan pelatihan yang diselenggarakan oleh PPSDM KEBTKE dapat mengembangakan kompetensi sumber daya manusia yang ada sehingga dapat mengoperasikan PLTS dengan maksimal.

 

Kami berharap kegiatan ini ke depan dapat disinergikan sehingga dapat teratasi dengan baik, sehingga PLTS yang berada di Kabupten Takalar dapat melayani masyarakat dan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi daerah.

 

Kegiatan ini sekaligus menjadi bukti bahwa Kementerian ESDM melalui BLU PPSDM KEBTKE dapat memberikan layanan pelatihan dan sertifikasi.

 

PPSDM KEBTKE sebagai lembaga pemerintah yang memberikan layanan kepada masyarakat, saat ini telah memiliki predikat sebagai wilayah bebas korupsi atau disebut Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK).

 

Kami SIAP menjadi bagian dan Partner Terpercaya dalam pengembangan SDM Bidang Ketenagalistrikan Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi.

 

PPSDM KEBTKE TANGGUH PENUH ENERGI!

kerja CEPAT, CERMAT, PRODUKTIF

JUJUR, PROFESIONAL, MELAYANI, INOVATIF, DAN BERARTI

 

Informasi pelatihan, sertifikasi, dan jasa umum:
Sdr. Akhir Setiadi (HP.0856-4985-8447),
Sdr. M. Zuhud Andrya (HP.0819-0770-3764),
Sdr. Zulfa (HP.0823-7604-1564),
Sdr. Nico Juni Ferson (HP. 0811-8123-490)
Sdr. Hari Zana (HP.0812-8110-2149),
Sdr. Anggit (HP. 0852-8804-0600)
Email: informasi.ppsdmkebtke@esdm.go.id
Web http: //diklat.ppsdmkebtke.esdm.go.id
(SA)
#20TahunBPSDMESDM
#BerkaryaUntukNegeri
#kesdmesdm
#bpsdmesdm
#ppsdmkebtke
#ketenagalistrikan
#energi
#pelatihan
#sertifikasi
#ditjengatrik
#ppsdmmigas
#ppsdmgeominerba