Pengawas Operasional Pertama Panas Bumi Ikuti Pelatihan dan Uji Kompetensi Di PPSDM KEBTKE

Pengawas Operasional Pertama Panas Bumi Ikuti Pelatihan dan Uji Kompetensi Di PPSDM KEBTKE

Pengawas Operasional Pertama Panas Bumi Ikuti Pelatihan dan Uji Kompetensi Di PPSDM KEBTKE

 

Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia, Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (PPSDM KEBTKE) menyelenggarakan Pelatihan Teknis dan Sertifikasi Pengawas Operasional Pertama (POP) Panas Bumi (Sistem Distance Learning) pada tanggal 19 s.d 21 Junii 2024 secara daring melalui aplikasi Zoom.

Kegiatan pelatihan ini diikuti sebanyak 27 (dua puluh tujuh) orang yang terdiri dari PT Aryndo Utama Sarana Sukses, PT.Surveyor Indonesia, PT. JFE Engineering Indonesia, PT. Rentokil Indonesia, PT Tracon Industri, PT. Surveyor Indonesia Divisi Bisnis Strategi Migas Dan Renauwble Energi, PT Multi Fabrindo Gemilang, PT.Wira Insani (Weatherford), KODIPA Unit Dieng, PT Medco Cahaya Geothermal, PT Matra Unikatama, PT. Citra Panji Manunggal, PT. Citra Panji Manunggal, PT Baroid Indonesia, dan juga Umum.

 

Materi yang disampaikan terdiri dari Peraturan Perundang-undangan Terkait Panas Bumi dan Tugas dan Tanggung Jawab Pengawas Operasional Terhadap K3LL Panas, Penyusunan Rencana Kerja Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) dan Penerapannya, Penyusunan Rencana Kerja Lindungan Lingkungan (LL) dan Penerapannya, Teknik Komunikasi Timbal Balik, Inspeksi K3LL Panas Bumi, JSA dan Penilaian Risiko Kegiatan panas Bumi, Investigasi Kecelakaan Panas Bumi, Pelaksanaan SMK3 Panas Bumi, hadir sebagai pengajar yaitu Aperta Ledy Alam, S.T., M.T., Rohenda ST, MT Widyaiswara dari PPSDM KEBTKE

Rohenda dalam menyampaikan materi komunikasi timbal balik menyampaikan bahwa fungsi safety meeting itu untuk Meningkatkan kesadaran dan pemahaman pekerja tentang tugasnya, membantu identifikasi dan analisa masalah, membangun penyelesaian masalah, menstimulasi diterimanya kebijakan, Peraturan dan prosedur kerja, meningkatkan K3, serta meningkatkan kualitas pekerja

 

Safety Talk (Tool Box Meeting) adalah Rapat singkat tentang keselamatan kerja, yang dilakukan sebelum pekerjaan dimulai dengan topik yang bervariasi sesuai jenis pekerjaan yang akan dilaksanakan.

 

Safety Commitee Meeting Suatu badan yang dibentuk di suatu perusahaan untuk membantu melaksanakan dan menangani usaha-usaha keselamatan dan kesehatan kerja yang keanggotaannya terdiri dari unsur pengusaha dan tenaga kerja.

 

Dalam menyusun agenda rapat factor waktu dan peserta menjadi pertimbangan utama, Alokasi waktu sebaiknya dilakukan pagi hari dan ditentukan oleh topik yang akan dibahas, dan Apabila kasus kecelakaan yang menjadi topik, maka supervisor harus mempersiapkan/ membuat uraian yang jelas dan singkat mengenai kasus tersebut. Faktor pendorong dan penyebab kecelakaan serta tindakan koreksi.

 

Usahakan pelaksanaan rapat tepat waktu, tidak molor, Pemimpin rapat harus selesai membuat ragkuman hasil rapat dan membacakan pada akhir rapat, capan terimakasih kepada peserta rapat atas partisipasi aktif mereka.

 

Materi Inspeksi K3LL Panas Bumi oleh Aperta menyampaikan bahwa pengertian Inspeksi K3LL Pemeriksaan secara detail dan cermat terhadap suatu objek apakah sesuai atau tidak dengan aturan dan standar yang ditetapkan sehingga kecelakaan dan pencemaran lingkungan dapat dicegah atau diminimalisir.

Tujuan inspeksi Mengidentifikasi problemproblem yang mungkin terjadi Mengidentifikasi kekurangankekurangan pada peralatan, Mengidentifikasi tindakan tidak standar/aman pekerja, Mengidentifikasi dampak dari

perubahan/ pergantian suatu proses / material, Mengidentifikasi kekurangan, kekurangan dalam suatu perbaikan, Menunjukkan komitmen manajemen. Pada prinsipnya Tujuan Inspeksi Identifikasi Kondisi tidak Aman, Identifikasi Tindakan Tidak Aman, dan menentukan Penyebab Dasar.

 

Keuntungan inspeksi Pembetulan Segera Mendorong Pekerja Tanggap Terhadap

KTA dan TTA, Kontak Langsung dengan Pekerja, Menetapkan Alat-alat Keselamatan yang Sesuai, Meningkatkan Kesadaran K3, Merealisasikan Program K3.

 

Selama tiga hari pelatihan peserta mendapatkan pembekalan untuk melanjutkan Uji Kompetensi yang diselenggarakan pada tanggal 24 s.d 25 Juni 2024 secara daring melalui aplikasi Zoom.