PENGETAHUAN DASAR UNTUK LAKUKAN ANALISA POTENSI EBT DI PPSDM KEBTKE TEMPAT PELATIHANNYA

PENGETAHUAN DASAR UNTUK LAKUKAN ANALISA POTENSI EBT DI PPSDM KEBTKE TEMPAT PELATIHANNYA

Terdapat beberapa peran penting pengembangan Energi Baru Terbarukan terhadap ketahanan energi nasional. Salah satunya EBT berperan dalam penyediaan suplai dan permintaan energi, EBT juga akan berperan penting terhadap perbaikan neraca perdagangan Indonesia melalui pengurangan impor minyak dan LPG.

 

Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia, Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (PPSDM KEBTKE) menyelenggarakan Pelatihan Analisa Potensi Energi Baru Terbarukan dengan metode Sistem Distance Learning, pada tanggal, 2 -3 Juni, 8 9  Juni, dan 15 Juni 2021.

Hertiyo Sembodo Koordinator Program dan Evaluasi menyampaika bahwa tujuan pelatihan ini untuk menghasilkan sumber daya manusia yang mampu menjelaskan secara umum pengetahuan dasar dalam melakukan analisa potensi terhadap kondisi dan keberadaan energi baru terbarukan (EBT) yang dimanfaatkan sebagai sumber eneri listrik.

 

Sedangkan materi yang disampaikan terdiri dari Pengenalan Potensi PLTS, Pengenalan Potensi PLTA/PLTMH, Pengenalan Potensi PLTP, Pengenalan Potensi PLTB, Pengenalan Potensi Bioenergi, Biogas, dan Biomassa, sebagai pengajar Dr. Oo Abdul Rosyid dari BPPT, Sentanu Hindrakusuma Asosiasi Hidro Bandung, Aperta Ledy Alam, S.T., M.T., Muhamad Roni Hajianto, S.S.T., M.T. Widyaiswara dari PPSDM KEBTKE, Soeripno dari Masyarakat Energi Angin Indonesia, ungkap Hertiyo.

 

Setelah mengikuti pendidikan dan pelatihan ini peserta diharapkan memahami dan mengenal secara umum pada analisa potensi pada PLTS, Analisa potensi PLTA/PLTMH, analisa potensi pada PLTB, dan analisa potensi pada PLTP, serta analisa potensi bioenergy, biomassa, dan biomassa yang dimanfaatkan untuk kepentingan energi listrik.

 

Lanjut Hertiyo bahwa PPSDM KEBTKE sebagai lembaga pemerintah yang memberikan layanan kepada masyarakat kami PPSDM KEBTKE saat ini telah memiliki predikat sebagai wilayah bebas korupsi atau disebut WBK dan memiliki 5 komitmen utama yang perlu kami sampaikan kepada para peserta dan juga mengingatkan kepada kami sebagai lembaga yang memberikan pelayanan, yaitu:

  1.  Memberikan layanan kepada Masyarakat sesuai dengan Standar Pelayanan dan Tidak menerima pemberian apapun.
  2.  Bekerja secara Jujur, Profesional, Melayani, Inovatif, dan Berarti.
  3.  Menjaga integritas dan menjunjung tinggi kode etik Pegawai Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.
  4.  Mendukung sepenuhnya pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).
  5.  Tidak akan melakukan praktek KKN yang merugikan negara

 

Selain layanan pelatihan dan sertifikasi, PPSDM KEBTKE juga memberikan layanan dalam bentuk bimbingan teknis, jasa audit energi dan jasa penunjang lainnya yang terkait dengan Ketenagalistrikan dan Energi Baru Terbarukan.

 

Kami SIAP menjadi bagian dan Partner Terpercaya dalam pengembangan SDM Bidang Ketenagalistrikan Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi.

 

PPSDM KEBTKE TANGGUH PENUH ENERGI!

kerja CEPAT, CERMAT, PRODUKTIF

 

Informasi pelatihan, sertifikasi, dan jasa umum:
Sdr. Akhir Setiadi (HP.0856-4985-8447),
Sdr. M. Zuhud Andrya (HP.0819-0770-3764),
Sdr. Zulfa (HP.0823-7604-1564),
Sdr. Nico Juni Ferson (HP. 0811-8123-490)
Sdr. Hari Zana (HP.0812-8110-2149),
Sdr. Anggit (HP. 0852-8804-0600)
Email: informasi.ppsdmkebtke@esdm.go.id
Web http: //diklat.ppsdmkebtke.esdm.go.id
(SA)
#20TahunBPSDMESDM
#BerkaryaUntukNegeri
#kesdmesdm
#bpsdmesdm
#ppsdmkebtke
#ketenagalistrikan
#energi
#pelatihan
#sertifikasi
#ditjengatrik
#ppsdmmigas
#ppsdmgeominerba