PPSDM KEBT Kolaborasi dengan MarkPlus Institute Gelar Pelatihan Pemasaran Dasar

PPSDM KEBT Kolaborasi dengan MarkPlus Institute Gelar Pelatihan Pemasaran Dasar

PPSDM KEBT Kolaborasi dengan MarkPlus Institute Gelar Pelatihan Pemasaran Dasar

 

Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia, Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (PPSDM KEBTKE) menyelenggarakan Pelatihan Pemasaran Dasar pada hari Kamis s.d. Jum’at, 1 s.d. 2 Agustus 2024 secara offline bertempat di Bogor, diikuti sebanyak 16 (enam belas) peserta dari lingkungan PPSDM KEBTKE

Kepala PPSDM KEBTKE A. Susetyo Edi Prabowo membuka secara remi pelatihan menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan penerapan strategi pemasaran dan penjualan yang efektif dalam BLU dapat membantu meningkatkan akses masyarakat terhadap layanan yang disediakan serta meningkatkan pendapatan untuk mendukung keberlanjutan operasional yang akan dinikmati oleh semua pegawai.

Pemasaran dan penjualan menjadi elemen penting dalam Badan Layanan Umum (BLU) karena kualitas pelayanan yang tinggi harus diimbangi dengan kemampuan untuk menjangkau dan memenuhi kebutuhan masyarakat, ungkap Susetyo Edi

 

Selain peningkatan pendapatan, hal yang tidak kalah penting yaitu Pengelolaan pelayanan publik sebagai aspek penting dalam pemasaran dan penjualan dalam BLU. Kualitas layanan publik yang tinggi akan membantu membangun citra positif dan meningkatkan kepuasan masyarakat terhadap PPSDM KEBTKE

 

Lanjut Susetyo Edi, bahwa penggunaan teknologi informasi menjadi salah satu aspek penting dalam pemasaran dan penjualan dalam BLU. Teknologi informasi memungkinkan BLU untuk mengelola informasi, data, dan layanan secara lebih efisien dan efektif. Selain itu Inovasi juga menjadi kunci dalam pemasaran dan penjualan dalam BLU. Pengembangan inovasi akan membantu BLU untuk membedakan diri dari pesaing, meningkatkan daya saing, dan menciptakan nilai tambah bagi masyarakat

Adapun materi yang disampaikan terdiri dari Evelusi Pemasaran, Analisis Lanskap Bisnis, Dasar Pemasaran: Segmentasi, Targeting, dan Positioning, Lokakarya: Analisis Lanskap Bisnis dan Segmentasi, Targeting, dan  Positioning, Brand DNA: Positioning, Differentiation and Brand (PDB), Merancang Proposisi Nilai, Lokakarya:PDB & Proposisi Nilai, Presentasi & Kesimpulan sebagai pemateri R.E Budiastuti Exclusive Facilitator of MarkPlus.

 

Saya berharap kegiatan yang singkat ini dapat diikuti dengan sebaik-baiknya dan menyerap ilmu dari fasilitator yang nantinya dapat diimplementasikan untuk peningkatan layanan di BLU PPSDM KEBTKE, kata Susetyo Edi mengakhiri sambutannya.(Sa)