PPSDM KEBTE Gandeng Dinas ESDM Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk Tenaga Teknik Handal

PPSDM KEBTE Gandeng Dinas ESDM Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk Tenaga Teknik  Handal

PPSDM KEBTE Gandeng Dinas ESDM Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk Tenaga Teknik  Handal

 

Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia, Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (PPSDM KEBTKE) bekerjasama dengan Dinas Energi dan SUmber Daya Mineral Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyelenggarakan Pelatihan Teknis dan Sertifikasi Pelatihan Teknis Pembangunan dan Pemasangan Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik Tegangan Rendah bertempat secara offline yang diselenggarakan pada hari Senin, tanggal 8 Januari 2024 sampai dengan hari Rabu, 10 Januari 2024, bertempat di kota Pangkal Pinang, Provinsi Bangka Belitung.

 

Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi  Ir. A. Susetyo Edi Prabowo, M.Si. dalam acara pembukaan menyampaikan. Kegiatan ini bertujuan untuk menghasilkan sumber daya manusia yang mampu melaksanakan Pembangunan dan Pemasangan Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik Tegangan Rendah dengan baik dan benar.

Kepala PPSDM KEBTKE juga  menyampaikan terima kasih kepada berbagai pihak yang terlibat sehingga kegiatan dapat terselenggara dengan lancar. “Saya ucapkan terima kasih kepada pihak mengucapkan terima kasih atas bantuan dan kerja sama yang sangat baik antara PPSDM KEBTKE dengan Dinas ESDM Provinsi Kepulauan Bangka Belitung serta UPTD BLK Dinas Tenaga Kerja Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sehingga pelaksanaan pelatihan ini dapat dilaksanakan pada hari ini. Harapan saya para peserta dapat memanfaatkan waktunya dengan baik dan ilmu yang diberikan dapat bermanfaat untuk peserta, dan dapat diimplementasikan di kemudian hari dan selesai dapat menyandang gelar tenaga teknik yang kompeten,” tutur Susetyo Edi

Kepala Dinas Energi Dan Sumber Daya Mineral Provinsi Kepulauan Bangka Amir Syahbana Belitung membuka secara resmi kegiatan pelatihan dan uji kompetensi.  “Saya menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas terselenggaranya Pelatihan Teknis dan Sertifikasi Pembangunan dan Pemasangan Instalasi Pemanfaatan Listrik Tegangan Rendah bagi Pelaksana Madya khususnya untuk masyarakat di Bangka Belitung,” kata Amir.

 

Harapan saya, dengan adanya acara ini akan muncul Tenaga Teknik Bidang Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik (IPTL) Tegangan Rendah yang profesional, kreatif dan berkompeten di bidang tersebut dan mampu memenuhi kebutuhan tenaga teknis ketenagalistrikan serta merupakan putra daerah Bangka Belitung.

 

“Pada kesempatan yang baik ini, izinkanlah saya, atas nama Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menghaturkan ucapan terima kasih, apresiasi dan penghargaan kepada Anggota Komisi VII DPR RI, Bapak Bambang Patijaya SE,MM  dan PPSDM KEBTKE Kementerian ESDM RI serta semua pihak yang telah berkontribusi atas terlaksananya kegiatan Pelatihan Teknis dan Sertifikasi ini,” kata Amir.

Acara ini menjadi salah satu bukti konkrit Pemerintah untuk hadir meningkatkan kompetensi dan kualitas masyarakat, khususnya di bidang kelistrikan agar memiliki nilai tambah dan bekal untuk berkarya. Pelatihan ini diikuti oleh 23 (dua puluh tiga) orang peserta yang berasal dari seluruh Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, hal ini menjadi kabar yang menggembirakan mengingat jumlah tenaga teknis kelistrikan yang telah tersertifikasi di Bangka Belitung masih sangat terbatas.

Lanjut Amir, untuk menjaga kualitas pasokan energi berkelanjutan  dari  usaha  ketenagalistrikan diperlukan sumber daya manusia atau tenaga teknik yang kompeten. hal ini tertuang dalam Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2009 Tentang Ketenagalistrikan  pasal 44 ayat (6) yang berbunyi : “setiap tenaga teknik dalam usaha ketenagalistrikan wajib memiliki sertifikat kompetensi”. sertifikat kompetensi adalah bukti pengakuan formal terhadap klasifikasi dan kualifikasi yang mengacu pada standar kompetensi tenaga teknik ketenagalistrikan.

Amir berpesan kepada seluruh peserta agar mengikuti dengan baik dan serius setiap tahapan agar tercetak tenaga teknik yang berkompeten dalam bidang tersebut untuk masa depan yang lebih baik, kata Amir mengakhiri sambutannya dan membuka secara resmi kegiatan pelatihan dan uji kompetensi