PPSDM KEBTKE dan UNDP ACCESS Gelar Pelatihan dan Sertifikasi Pemeliharaan PLTS untuk Operator Lokal

PPSDM KEBTKE dan UNDP ACCESS Gelar Pelatihan dan Sertifikasi Pemeliharaan PLTS untuk Operator Lokal

PPSDM KEBTKE dan UNDP ACCESS Gelar Pelatihan dan Sertifikasi Pemeliharaan PLTS untuk Operator Lokal

 

 

Jakarta, 9 September 2024 — PPSDM KEBTKE, dalam kerjasama dengan UNDP ACCESS, menyelenggarakan "Pelatihan Teknis dan Sertifikasi Pemeliharaan PLTS" di PPSDM KEBTKE, Jakarta Timur, pada 9 s.d 13 September 2024. Pelatihan ini diikuti oleh 16 peserta dari Provinsi Kalimantan Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, dan Nusa Tenggara Timur, dengan tujuan untuk mempersiapkan operator lokal dalam pemeliharaan PLTS sesuai standar kompetensi.

 

Elin Lindiasari, Koordinator Penyelenggaraan dan Sarana Prasarana Pengembangan SDM, menjelaskan bahwa pelatihan ini bertujuan untuk membekali operator PLTS dengan keterampilan yang diperlukan untuk pemeliharaan harian.

 

Gatot Triwidodo, Koordinator Implementasi dan Evaluasi Pembangunan Infrastruktur EBTKE, menekankan pentingnya pengembangan energi terbarukan off-grid untuk meningkatkan akses listrik di wilayah terpencil. Pemerintah Indonesia berkomitmen untuk melistriki 433 desa melalui kemitraan dengan lembaga internasional seperti UNDP dan KOICA.

Proyek ACCESS yang merupakan Kerjasama antara Kementerian ESDM, KOICA dan UNDP telah kita laksanakan bersama-sama sejak tahun 2020 dengan pelaksanaan kegiatan melalui kerangka Kerja Sama Selatan-Selatan.

 

Gwyneth Anne Palmos, Programme Manager Energy Cluster UNDP Indonesia, menyatakan bahwa pelatihan ini adalah langkah penting dalam memastikan keberlanjutan PLTS yang dibangun melalui Proyek ACCESS, yang mendukung peningkatan akses listrik untuk 22 desa di 4 provinsi. Beliau juga mengapresiasi partisipasi 16 operator baru, menambah total menjadi 66 operator yang dilatih.

 

Ms Gwen selanjutnya menyampaikan terima kasih kepada Kementerian Desa atas dukungan terhadap Proyek ACCESS selama ini. Disampaikan bahwa Pelatihan ini tidak hanya merupakan peluang untuk pengembangan pribadi, tetapi juga untuk memperkuat kapasitas BUMDesa dalam mengelola dan memelihara infrastruktur energi.

Susetyo Edi Nugraha, Kepala PPSDM KEBTKE, menyebutkan bahwa pelatihan ini mendukung Sustainable Development Goals 2030 dengan memberikan akses energi listrik dan air bersih melalui energi terbarukan. Ia juga mengapresiasi dukungan dari pemerintah daerah dan pihak-pihak terkait dalam menjaga kebermanfaatan PLTS serta mendukung target Net Zero Emission 2060.

 

UNDP ACCESS telah berkolaborasi dengan PPSDM KEBTKE dalam mengadakan pelatihan dan sertifikasi bagi para operator lokal untuk pengoperasian PLTS (sebanyak 3 angkatan) dan Pompa Air Tenaga Surya (PATS, sebanyak 2 angkatan) pada tahun 2022. Dalam kesempatan ini, kembali mengadakan pelatihan lanjutan bagi operator PLTS, khususnya dalam aspek pemeliharaan.

Kami menyambut positif langkah ini sebagai bentuk keberlanjutan program PLTS yang telah dibangun. Kami pun berterima kasih pada pemerintah daerah, terutama Dinas ESDM dan Pemerintah Daerah Kabupaten, serta para perangkat desa atau BUMD yang telah berperan menjaga kebermanfaatan PLTS yang ada. Dan secara tidak langsung juga berkontribusi dalam pemanfaatan energi baru terbarukan untuk menyukseskan Net Zero Emission tahun 2060.

Dengan pelatihan ini, diharapkan akan lahir operator PLTS yang kompeten dan terampil dalam perawatan PLTS, sehingga dapat memberikan manfaat maksimal bagi masyarakat dan lingkungan, ungkap Susetyo Edi seraya membuka kegiatan.