PPSDM KEBTKE Gandeng Disnakertrans dan Energi Provinsi DKI Jakarta Selenggarakan Pelatihan Pemeliharaan PLTS

PPSDM KEBTKE Gandeng Disnakertrans dan Energi Provinsi DKI Jakarta Selenggarakan Pelatihan Pemeliharaan PLTS

PPSDM KEBTKE Gandeng Disnakertrans dan Energi Provinsi DKI Jakarta Selenggarakan Pelatihan Pemeliharaan PLTS

 

Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia, Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (PPSDM KEBTKE) bekerjasama dengan Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi Provinsi DKI Jakarta menyelenggarakan Pelatihan Teknis Pemeliharaan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS)  pada tanggal 7 s.d 11 Agustus 2023 secara Offline bertempat di Kampus PPSDM KEBTKE, Jalan Poncol Raya No,39 Ciracas, Jakarta Timur.

 

Pelatihan Teknis Pemeliharaan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) ini bertujuan untuk menghasilkan tenaga teknik yang mampu melaksanakan Pemeliharaan PLTS sesuai standar dan prosedur yang berlaku, diikuti sebanyak 10 (sepuluh) orang peserta

 

Pada kesempatan ini peserta mendapatkan materi yang terdiri dari: Keselamatan Ketenagalistrikan, Bagian-bagian PLTS (Sipil & Struktur Penyangga Mekanik), Panel & Combiner Box, Sipil & Struktur Penyangga Mekanik, Praktik Panel & Combiner Box, Inverter & Solar Charge Controller, Panel DC & AC, Baterai, Sistem Pengukuran & Telekomunikasi, Praktik Inverter, SCC, Panel DC & AC, Baterai, Sistem Pengukuran dan Telekomunikasi, Proteksi Keselamatan & Instalasi, Setting Inverter dan Pemantauan PLTS Jarak Jauh, Bahaya Listrik, Praktik Proteksi, Keselamatan, Setting dan Pemantauan PLTS, Prinsip Dasar, Pemeliharan Preventif, Korektir, Tahapan Pemeliharaan, Praktik Pemeliharaan.

 

Hadir sebagai pengajar yaitu Dipl. Phys. Raden Pelangi Saichu Technical Promotion Manager dari SMA Altenso GmbH, Muhammad Nashiruddin Haramaini, S.T., M.B.A, Ginanjar Indra Maulana, S.T., M.B.A., Ahmad Khulaemi, S.Pd., M.Pd., widyaiswara dari PPSDM KEBTKE.

 

Pelangi Saichu menyampaikan materi Pemeliharaan PLTS untuk Pemegang Jabatan Pelaksana senior pemeliharaan listrik pembangkit PLTS terkait dengan Perilaku jika terjadi gangguan tegangan, Pemantauan Tegangan Batas tegangan atas Inverter terus menerus memeriksa tegangan jaringan. Hal ini memungkinkan inverter untuk memutuskan sambungan dari jaringan listrik jika terjadi tegangan lebih atau tegangan kurang. Jika tegangan jaringan naik di atas atau turun di bawah ambang batas yang dikonfigurasi, inverter menunggu waktu yang ditentukan dalam parameter yang sesuai dan memutuskan sambungan dari jaringan utilitas.

 

Pemantauan Tegangan Batas tegangan rendah Inverter terus menerus memeriksa tegangan jaringan. Hal ini memungkinkan inverter untuk memutuskan sambungan dari jaringan listrik jika terjadi tegangan lebih atau tegangan kurang. Jika tegangan jaringan naik di atas atau turun di bawah ambang batas yang dikonfigurasi, inverter menunggu waktu yang ditentukan dalam parameter yang sesuai dan memutuskan sambungan dari jaringan utilitas.

 

Pemantauan Frekuensi Inverter terus menerus memeriksa frekuensi daya. Hal ini memungkinkan inverter untuk memutuskan sambungan dari jaringan listrik jika terjadi overfrequency atau underfrequency. Jika frekuensi daya naik di atas atau di bawah ambang batas yang dikonfigurasi, inverter menunggu waktu yang ditentukan dalam parameter yang sesuai dan memutuskan sambungan dari jaringan

 

PPSDM KEBTKE memberikan pelayanan publik melalui pelatihan dan sertifikasi untuk aparatur, masyarakat umum, juga pengelola industri di sektor Ketenagalistrikan, Energi Baru Terbarukan (EBT),  Konservasi Energi (KE), serta memberikan jasa konsultansi dan audit energi pada industri/bangunan gedung, kerjasama penyewaan dan penyelenggaraan aktivitas MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition)

 

Kami SIAP menjadi bagian dan Partner Terpercaya dalam pengembangan SDM Bidang Ketenagalistrikan Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi

 

PPSDM KEBTKE TANGGUH PENUH ENERGI!

kerja CEPAT, CERMAT, PRODUKTIF

Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif (BerAKHLAK)

Informasi pelatihan, sertifikasi, dan jasa umum:

Sdr. Nico Juni Ferson (HP. 0811-8123-490)

Sdr. Budi (HP. 813-8553-6686),

Sdr. Hari Zana (HP.0812-8110-2149),

Sdr. Anggit (HP. 0852-8804-0600)

PPSDM KEBTKE Kementerian ESDM RI

Jl. Raya Poncol No.39 Ciracas Jakarta Timur, 13740

Telp. (021) 8729101

Web https://ppsdmkebtke.esdm.go.id/

Email: informasi.ppsdmkebtke@esdm.go.id

Instagram: @ppsdmkebtke

Twitter: @ppsdmkebtke

Facebook: PPSDM KEBTKE KESDM

Youtube: PPSDM KEBTKE KESDM

(SA)