PPSDM KEBTKE Gelar Pelatihan Teknis dan Sertifikasi PLTS Terpusat bagi Operator dan/atau Pengelola

PPSDM KEBTKE Gelar Pelatihan Teknis dan Sertifikasi PLTS Terpusat bagi Operator dan/atau Pengelola

PPSDM KEBTKE Gelar Pelatihan Teknis dan Sertifikasi PLTS Terpusat bagi Operator dan/atau Pengelola

 

Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia, Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (PPSDM KEBTKE) menyelenggarakan Pelatihan Teknis dan Sertifikasi PLTS Terpusat Bagi Operator Dan/Atau Pengelola pada tanggal, 4 sampai dengan 8 Desember 2023 secara offline bertempat di Kampus PPSDM KEBTKE, Jalan Poncol Raya No.39, Ciracas, Jakarta Timur.

Kegiatan ini dibuka Koordinator Penyelenggaraan Sarana Prasarana Pengembangan SDM Elin Lindiasari menyampaikan pentingnya pelatihan bagi Operator/Pengelola PLTS. “Energi merupakan kebutuhan dasar bagi segala kehidupan di bumi. Namun belum setiap orang dapat merasakan manfaatnya untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Akses dan pemerataan energi masih menjadi salah satu tantangan yang perlu dijawab di masa kini,” kata Elin.

Pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) dapat menjadi salah satu opsi dalam menjawab tantangan-tantangan keterbatasan energi yang ada pada masa kini. Energi surya merupakan energi terbarukan yang ramah lingkungan karena tidak menghasilkan gas rumah kaca. Selain itu, PLTS dapat dibangun secara terpusat di daerah-daerah yang jauh dari akses distribusi listrik, sehingga masyarakat yang tinggal di sana dapat langsung merasakan manfaat energi listrik untuk hidupnya.

 

“PLTS ini merupakan teknologi yang terus berkembang, sehingga memerlukan personil yang terampil dan kompeten dalam pembangunan serta pengelolaannya,” lanjut Elin. Oleh karena itulah, Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral menyelenggarakan acara pelatihan dan sertifikasi bagi para calon operator PLTS terpusat di daerah.

 

PPSDM KEBTKE  berharap dengan rangkaian kegiatan ini, dapat mewujudkan  para calon operator yang andal, terampil, kompeten, dalam segala aspek pengoperasian dan perawatan PLTS terpusat, sehingga nanti dapat diterapkan dan memberikan manfaat bagi lingkungan tempat tinggalnya masing-masing.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Kalimantan Utara, Kepada Dinas ESDM Provinsi Kalimantan Barat, Kepada Dinas ESDM Provinsi Maluku, Kepada Dinas ESDM Provinsi Maluku Utara, Kepada Dinas ESDM Provinsi Papua, dan Kepada Dinas ESDM Provinsi Papua Selatan yang telah mengkoordinir calon peserta sehingga kegiatan ini dapat berjalan dengan baik, semoga dapat menjadikan silaturahmi yang baik antara Dinas-Dinas Provinsi dengan PPSDM KEBTKE,” tutur Elin mengakhiri sambutannya.