PPSDM KEBTKE Gelar Uji Kompetensi Tenaga Teknik Bidang Pembangkit Tenaga Listrik

PPSDM KEBTKE Gelar Uji Kompetensi Tenaga Teknik Bidang Pembangkit Tenaga Listrik

PPSDM KEBTKE Gelar Uji Kompetensi Tenaga Teknik Bidang Pembangkit Tenaga Listrik

 

Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2009 tentang Ketenagalistrikan menyatakan, setiap tenaga teknik dalam usaha ketenagalistrikan wajib memiliki Sertifikat Kompetensi agar memenuhi ketentuan Keselamatan Ketenagalistrikan untuk mewujudkan kondisi instalasi tenaga listrik yang aman, andal dan ramah lingkungan

 

Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia, Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (PPSDM KEBTKE) menyelenggarakan Uji Kompetensi Tenaga Teknik Bidang Pembangkit Tenaga Listrik Subbidang Pembangunan dan Pemasangan PLTS, Pemeriksaan dan Pengujian serta Pembangunan dan Pemasangan PLTD, pada tanggal 2 sampai dengan 4 Agustus 2023 melalui aplikasi Zoom.

 

Kegiatan Uji Kompetensi menyelenggarakan Uji Kompetensi Tenaga Teknik Bidang Pembangkit Tenaga Listrik Subbidang Pembangunan dan Pemasangan PLTS, Pemeriksaan dan Pengujian serta Pembangunan dan Pemasangan PLTD ini diikuti sebanyak 21 (dua puluh satu) orang peserta, diselenggarakan berkat kerja sama antara PPSDM KEBTKE dengan PT.Bumikharisma Lininusa, PT. Lentera Energi Abadi, PT. Silma lnstrumentama, Ramada By Wyndham Bali, PT Collins Aerospace.

 

Hadir sebagai asesor dalam Kegiatan Uji Kompetensi menyelenggarakan Uji Kompetensi Tenaga Teknik Bidang Pembangkit Tenaga Listrik Subbidang Pembangunan dan Pemasangan PLTS, Pemeriksaan dan Pengujian serta Pembangunan dan Pemasangan PLTD yaitu A. Patar Simanjuntak (selaku Ketua), Toto Sukisno (selaku anggota), serta Ahmad Khulaemi (selaku anggota) LSK dari PPSDM KEBTKE

 

Tahapan uji kompetensi yaitu meliputi uji tulis, uji praktek dan/atau observasi, dan uji lisan.  Uji Kompetensi menyelenggarakan Uji Kompetensi Tenaga Teknik Bidang Pembangkit Tenaga Listrik Subbidang Pembangunan dan Pemasangan PLTS, Pemeriksaan dan Pengujian serta Pembangunan dan Pemasangan PLTD, peserta yang kompeten akan mendapatkan sertifikat kompeten sesuai standar kompetensi Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik (IPTL) yang berlaku.

 

Uji Kompetensi menyelenggarakan Uji Kompetensi Tenaga Teknik Bidang Pembangkit Tenaga Listrik Subbidang Pembangunan dan Pemasangan PLTS, Pemeriksaan dan Pengujian serta Pembangunan dan Pemasangan PLTD dilakukan melalui proses penilaian (assessments) baik teknis, maupun non teknis melalui pengumpulan bukti yang relevan untuk menentukan apakah seseorang telah kompeten atau belum kompeten pada skema sertifikasi tertentu.

 

PPSDM KEBTKE sebagai lembaga pemerintah yang memberikan layanan kepada masyarakat saat ini telah memiliki predikat sebagai wilayah bebas korupsi atau disebut WBK. LSK PPSDM KEBTKE juga telah mendapatkan nilai kinerja dengan predikat emas yang ketiga kalinya yang diberikan oleh Instansi pembina Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan.

 

Selain layanan pelatihan dan sertifikasi, PPSDM KEBTKE juga memberikan layanan dalam bentuk bimbingan teknis, jasa audit energi, dan jasa penunjang lainnya yang terkait dengan Ketenagalistrikan dan Energi Baru Terbarukan.

 

PPSDM KEBTKE memberikan pelayanan publik melalui pelatihan dan sertifikasi untuk aparatur, masyarakat umum, juga pengelola industri di sektor Ketenagalistrikan, Energi Baru Terbarukan (EBT),  Konservasi Energi (KE), serta memberikan jasa konsultansi dan audit energi pada industri/bangunan gedung, kerjasama penyewaan dan penyelenggaraan aktivitas MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition).

 

PPSDM KEBTKE TANGGUH PENUH ENERGI!

Kerja CEPAT, CERMAT, PRODUKTIF

Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif (BerAKHLAK)

 

Informasi pelatihan, sertifikasi, dan jasa umum:

Sdr. Nico Juni Ferson (HP. 0811-8123-490)

Sdr. Budi (HP. 813-8553-6686),

Sdr. Hari Zana (HP.0812-8110-2149),

Sdr. Anggit (HP. 0852-8804-0600)

 

PPSDM KEBTKE Kementerian ESDM RI

Jl. Raya Poncol No.39 Ciracas Jakarta Timur, 13740

Telp. (021) 8729101

 

Web https://ppsdmkebtke.esdm.go.id/

Email: informasi.ppsdmkebtke@esdm.go.id

Instagram: @ppsdmkebtke

Twitter: @ppsdmkebtke

Facebook: PPSDM KEBTKE KESDM

Youtube: PPSDM KEBTKE KESDM

(SA)