PPSDM KEBTKE Selenggarakan Pelatihan Audit Energi Sistem Kelistrikan Bagi Perwira Pertamina

PPSDM KEBTKE Selenggarakan Pelatihan Audit Energi Sistem Kelistrikan Bagi Perwira Pertamina

PPSDM KEBTKE Selenggarakan Pelatihan Audit Energi Sistem Kelistrikan Bagi Perwira Pertamina

 

PPSDM KEBTKE selenggarakan Pelatihan Teknis Audit Energi Sistem Kelistrikan  pada 24 s.d. 27 Juli 2023 bagi 17 Perwira Pertamina secara daring. Pelatihan ini telah memasuki batch keempatt. Pelatihan kemudian dilanjutkan dengan kegiatan sertifikasi pada 28 Juli 2023. Hadir sebagai pengajar yaitu Widyaiswara PPSDM KEBTKE, Ir. Arief Indarto, M.M.

 

Penghematan energi atau konservasi energi adalah tindakan mengurangi jumlah penggunaan energi. Penghematan energi dapat dicapai dengan penggunaan energi secara efisien dimana manfaat yang sama diperoleh dengan menggunakan energi yang lebih sedikit, ataupun dengan mengurangi konsumsi dan kegiatan yang menggunakan energi.

 

Audit energi adalah salah satu upaya penghematan energi dimulai dengan cara mengetahui sumber-sumber pemborosan pemakaian energi serta memberikan analisa dan jawaban mengenai tindakan yang bisa dilakukan untuk pemakaian energi yang lebih tepat tanpa mengurangi produktivitas.

 

Sebelum melakukan Uji Sertifikasi peserta mendapatkan pembekalan berupa Regulasi Energi Nasional, Merencanakan Audit Energi, Melaksanakan Rapat Pembukaan, Mengumpulkan Data Sistem Kelistrikan, Merencanakan Pengukuran Energi Sistem Kelistrikan, Melakukan Survei Lapangan pada Sistem Kelistrikan, Melakukan Analisis Sistem Kelistrikan, serta Praktik dan Presentasi, diakhiri dengan Melaporkan Hasil Audit Energi.

 

PPSDM KEBTKE memberikan pelayanan publik melalui pelatihan dan sertifikasi untuk aparatur, masyarakat umum, juga pengelola industri di sektor Ketenagalistrikan, Energi Baru Terbarukan (EBT),  Konservasi Energi (KE), serta memberikan jasa konsultansi dan audit energi pada industri/bangunan gedung, kerjasama penyewaan dan penyelenggaraan aktivitas MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition).

 

Kami SIAP menjadi bagian dan Partner Terpercaya dalam pengembangan SDM Bidang Ketenagalistrikan Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi.

 

PPSDM KEBTKE TANGGUH PENUH ENERGI!

kerja CEPAT, CERMAT, PRODUKTIF

Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif (BerAKHLAK)

 

Informasi pelatihan, sertifikasi, dan jasa umum:

Sdr. Nico Juni Ferson (HP. 0811-8123-490)

Sdr. Budi (HP. 813-8553-6686)

Sdr. Hari Zana (HP.0812-8110-2149)

Sdr. Anggit (HP. 0852-8804-0600)

 

PPSDM KEBTKE Kementerian ESDM RI

Jl. Raya Poncol No.39 Ciracas Jakarta Timur, 13740

Telp. (021) 8729101

Web https://ppsdmkebtke.esdm.go.id/

Email: informasi.ppsdmkebtke@esdm.go.id

Instagram: @ppsdmkebtke

Twitter: @ppsdmkebtke

Facebook: PPSDM KEBTKE KESDM

Youtube: PPSDM KEBTKE KESDM

(SA)