PPSDM KEBTKE Selenggarakan Pelatihan Teknis Pemeliharaan IPTL Tegangan Rendah Bagi Masyarakat Provinsi Jambi

PPSDM KEBTKE Selenggarakan Pelatihan Teknis Pemeliharaan IPTL Tegangan Rendah Bagi Masyarakat Provinsi Jambi

PPSDM KEBTKE Selenggarakan Pelatihan Teknis Pemeliharaan IPTL Tegangan Rendah Bagi Masyarakat Provinsi Jambi

 

 

Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Ketenagalistrikan Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (PPSDM KEBTKE) menyelenggarakan Pelatihan Teknis dan Uji Kompetensi Pemeliharaan Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik (IPTL) Tegangan Rendah, pada tanggal 29 Januari s.d 3 Februari 2024 di Jambi.

Inspektur Ketenagalistrikan Ahli Madya, Andi Kurniawan Dinas ESDM Provinsi Jambi mewakili Kepala PPSDM KEBTKE menyampaikan Pelatihan dan Sertifikasi ini merupakan kerja sama antara Kementerian ESDM dengan Dinas ESDM Provinsi Jambi, dengan tujuan utama mendukung penyiapan tenaga Teknik ketenagalistrikan yang kompeten. Terima kasih telah dibantu terkait penyiapan calon Peserta, juga bantuan untuk tempat penyelenggaraan kegiatan sehingga kegiatan dapat berjalan dengan lancar dan baik.

 

Perlu kami sampaikan bahwa Pelatihan Teknis yang kami selenggarakan ini adalah Pelatihan berbasis kompetensi, yang berarti kemampuan yang harus dimiliki seseorang berupa pengetahuan, keterampilan, sikap dan perilaku yang diperlukan dalam pelaksanaan tugas, setelah selesai Pelatihan Peserta akan melakukan sertifikasi Kompetensi. Sertifikat Kompetensi adalah bukti pengakuan formal terhadap klasifikasi dan kualifikasi yang mengacu pada Standar Kompetensi Tenaga Teknik Ketenagalistrikan (SKTTK), ungkap Andi

Lanjut Andi, saya ucapkan terima kasih kepada pihak Dinas ESDM Provinsi Jambi, serta panitia penyelenggara yang telah mempersiapkan sampai terlaksananya pelatihan dan sertifikasi ini, dan para Narasumber Saya ucapkan terima kasih untuk ilmu yang akan diberikan selama 6 hari kedepan. Semoga ilmu yang diberikan dapat bermanfaat untuk peserta, dan dapat diimplementasikan di dunia kerja.

 

Kepala Dinas ESDM Tandry Adi Negara, Di era digitalisasi saat ini, tenaga listrik menjadi komponen utama dalam segala aktifitas kebutuhan manusia, baik di rumah, di sekolah, dikantor, maupun di tempat-tempat umum. Pemanfaatan tenaga listrik sudah menjadi suatu yang wajib di setiap kegiatan masyarakat pada umumnya, oleh karena itu, pemerintah pusat dan daerah berkewajiban agar masyarakat secara merata dapat memanfaatkan tenaga listrik yang telah menjadi kebutuhan dasar untuk meningkatkan taraf hidup dan ekonomi masyarakat. Agar penyediaan dan pemanfaatan tenaga listrik dapat terus terjaga kontinuitas dan kualitasnya, diperlukan sumber daya manusia dalam hal ini tenaga teknik yang kompeten. tenaga teknik yang kompeten adalah tenaga teknik yang mampu menggabungkan pengetahuan dan keterampilan serta didukung dengan sikap kerja yang mengacu pada kinerja yang dipersyaratkan.

Lanjut Tandry, kami sangat berharap kepada peserta yang mengikuti pelatihan dan sertifikasi ini untuk jangan menyia-nyiakan kesempatan yang berharga ini dengan serius mengikuti materi-materi yang diberikan oleh pengajar agar nantinya dapat diakui sebagai tenaga teknik ketenagalistrikan yang kompeten sehingga bisa berpartisipasi dan berkontribusi untuk provinsi jambi dalam mewujudkan penyediaan dan pemanfaatan tenaga listrik yang aman, andal, dan ramah lingkungan.

Pada kesempatan yang baik ini, izinkanlah saya, atas nama pemerintah Provinsi Jambi menghaturkan ucapan terima kasih, apresiasi dan penghargaan kepada PPSDM KEBTKE dan Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM RI serta semua pihak yang telah berkontribusi atas terlaksananya kegiatan pelatihan teknis dan sertifikasi ini di Provinsi Jambi, ungkap Tandry sambutannya dan sekaligus membuka kegiatan.(SA)