Sebanyak 17 Orang ASN Dilingkungan KESDM Ikuti Pelatihan dan Uji Kompetensi Manajer Energi Di Bangunan Gedung

Sebanyak 17 Orang ASN Dilingkungan KESDM Ikuti Pelatihan dan Uji Kompetensi Manajer Energi Di Bangunan Gedung

Sebanyak 17 Orang ASN Dilingkungan KESDM Ikuti Pelatihan dan Uji Kompetensi Manajer Energi Di Bangunan Gedung

 

Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia, Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (PPSDM KEBTKE) menyelenggarakan Pelatihan Manajer Energi di Bangunan Gedung,  dibuka pada tanggal, 7 Agustus 2023 secara Online, melalui aplikasi Zoom.

 

Penyelenggaraan pelatihan ini sebagai pembekalan calon manager energi untuk melakukan uji kompetensi/sertifikasi, bertujuan untuk menghasilkan manajer yang mampu melakukan tugas di bidang pegelolaan energi pada bangunan gedung.

 

Koordinator Penyelenggaraan dan Sarana Prasarana Pengembangan SDM Elin Lindiasari dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan pelatihan dan sertifikasi ini adalah permintaan dari Biro Umum KESDM. “Tidak menutup kemungkinan untuk direktorat lainnya di internal KESDM, kita sebagai lembaga pemerintah tentunya diharapkan untuk bisa menerapkan konservasi energi khususnya di bangunan gedung utama di kementerian ESDM, Manajemen energi yang dimaksudkan adalah melakukan pengelolaan energi secara efisien, dimulai dari perencanaan, penerapan sampai dengan pelaporan antara lain menunjuk manager energi,” jelas Elin.

 

“Pelatihan manager energi  tentunya berbeda dengan pelatihan auditor energi dimana manager energi memiliki tanggung jawab untuk bisa mengkoordinir rekan kerja dibawahnya terutama karena posisinya sebagai manager, oleh karena itu ada beberapa persyaratan untuk rekan-rekan untuk dapat melanjutkan uji kompetensi/sertifikasi,” ungkap Elin.

 

Kegiatan pelatihan dan Uji Kompetensi/Sertifikas diikuti sebanyak 17 (tujuh belas) orang peserta calon manager energi dilingkungan Kementerian ESDM,  diselenggarakan selama 3 (tiga) hari ke depan, Manajemen energi sangat diperlukan dari sisi bisnis dan sudut pandang perusahaan, tanpa energi proses produksi tidak dapat berlangsung melakukan aktivitas, Pemerintah mendorong penggunaan energi secara efisien, melalui Peraturan Pemerintah Nomor 70 Tahun 2009, pemeritanh mewajibkan bagi pengguna energi diatas 6000 TOE (Ton Oil Equivalent) untuk menerapkan manajemen energy, tutur Elin

 

Materi yang diberikan terdiri dari Regulasi Konservasi Energi, Prinsip-Prinsip Penghematan Energi di Bangunan Gedung, Kebijakan Energi Organisasi, Perencanaan Dalam Manajemen ENergi, Pelaksanaan Rencana dalam Manajemen Energi, Evaluasi Dalam Manajemen Energi, Tinjauan Manajemen, sebagai pengajar RR. Endang Widayati, S.T., M.T., Ir. Arief Indarto, M.M. Widyaiswara dari PPSDM KEBTKE

Setelah mengikuti pelatihan ini peserta diharapkan mampu menjelaskan Prinsip-Prinsip Penghematan Energi di Bangunan Gedung, Kebijakan Energi Organisasi, Perencanaan Dalam Manajemen ENergi, Pelaksanaan Rencana dalam Manajemen Energi, Evaluasi Dalam Manajemen Energi, Tinjauan Manajemen.

 

“Kami harap tidak mengurangi keseriusan rekan-rekan semua untuk bisa mengikuti pelatihan ini dengan sungguh-sungguh, dan semua bisa berhasil dan lulus dengan dengan mendapatkan predikat seorang manager energi,” ujar Elin.

 

PPSDM KEBTKE memberikan pelayanan publik melalui pelatihan dan sertifikasi untuk aparatur, masyarakat umum, juga pengelola industri di sektor Ketenagalistrikan, Energi Baru Terbarukan (EBT),  Konservasi Energi (KE), serta memberikan jasa konsultansi dan audit energi padaindustri/bangunan gedung, kerjasama penyewaan dan penyelenggaraan aktivitas MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition)

 

PPSDM KEBTKE TANGGUH PENUH ENERGI!

kerja CEPAT, CERMAT, PRODUKTIF

JUJUR, PROFESIONAL, MELAYANI, INOVATIF, DAN BERARTI

Informasi pelatihan, sertifikasi, dan jasa umum:

Sdr. Akhir Setiadi (HP.0856-4985-8447),

Sdr. M. Zuhud Andrya (HP.0819-0770-3764),

Sdr. Budi (HP. 813-8553-6686),

Sdr. Nico Juni Ferson (HP. 0811-8123-490)

Sdr. Hari Zana (HP.0812-8110-2149),

Sdr. Anggit (HP. 0852-8804-0600)

Email: informasi.ppsdmkebtke@esdm.go.id

Web https://ppsdmkebtke.esdm.go.id/

(SA)