Training of Trainer for Electric Vehicle Maintenance Personnel Batch II Kerjasama Indonesia dan Korea

Training of Trainer for Electric Vehicle Maintenance Personnel Batch II Kerjasama Indonesia dan Korea

Training of Trainer for Electric Vehicle Maintenance Personnel Batch II Kerjasama Indonesia dan Korea

 

PPSDM KEBTKE menyelenggarakan Training of Trainer for Electric Vehicle Maintenance Personnel Batch II 27 November 2023 s.d. 1 Desember 2023 di PPSDM KEBTKE, Ciracas – Jakarta Timur. Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi Ir. A. Susetyo Edi Prabowo, M.Si. memberikan sambutannya di hadapan para peserta dan menyampaikan harapannya.

Kepala PPSDM KEBTKE berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat yang sustain. ”Semoga kegiatan pelatihan ini dapat memiliki keluaran kebermanfaatan yang berkelanjutan, dan kepada para peserta serta memberikan manfaat yang optimal dengan tujuan yaitu tersedianya sumber daya manusia disubsektor konservasi energi yang kompeten dan berdaya saing, kami berdoa agar seluruh effort ini dapat menjadi amal ibadah bagi kita semua,” kata Susetyo Edi Prabowo.

 

Pelatihan ini diikuti oleh 21 pegawai yang terdiri dari pegawai dan Widyaiswara Kementerian ESDM, Instruktur Kementerian Ketenagakerjaan, Dosen dan Guru dari Kementerian Pendidikan serta pegawai PT. PLN Persero.

Indonesia saat ini telah memiliki roadmap net zero emission pada tahun 2060. Salah satu program prioritas pada pengguna energi akhir yaitu kegiatan konservasi energi. Pada kegiatan konservasi energi di sisi penggunan energi akhir terdapat program konversi kendaraan bermotor berbahan bakar menjadi kendaraan listrik dan juga pemberian subsidi pembelian kendaraan listrik.

Indonesia – Korea Selatan telah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) Proyek Percontohan Sistem Pengisian Kendaraan Listrik pada 22 Februari 2023 yang merupakan salah satu deliverables pada pertemuan Tingkat Menteri Joint Committee Meeting on Economic Cooperation (JCEC) antara Menko Bidang Perekonomian RI dan Menteri Perdagangan, Industri dan Energi Korea Selatan (MOTIE). Tujuan kegiatan ini adalah untuk mendorong berkembangnya ekosistem kendaraan listrik di Indonesia melalui kegiatan Training of Trainer for Electric Vehicle Maintenance Personnel.

 

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Profesor Park, Pengajar pelatihan Training of Trainer for Electric Vehicle Maintenance Personnel Batch II, Tim Korea Automotive Technology Institute (KATECH), serta perwakilan Koordinator dan Sub Koordinator PPSDM KEBTKE. (ZP)