UJI KOMPETENSI KETENAGALISTRIKAN WUJUD PPSDM KEBTKE MENDUKUNG PENDIDIKAN VOKASI INDONESIA

UJI KOMPETENSI KETENAGALISTRIKAN WUJUD PPSDM KEBTKE MENDUKUNG PENDIDIKAN VOKASI INDONESIA

UJI KOMPETENSI KETENAGALISTRIKAN WUJUD PPSDM KEBTKE MENDUKUNG PENDIDIKAN VOKASI INDONESIA

 

Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia, Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (PPSDM KEBTKE) bekerjasama dengan Balai Jasa Konstruksi Wilayah III Jakarta, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyelenggarakan Uji Kompetensi Pembangunan dan Pemasangan Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik (IPTL) secara tatap muka (offline), pada tanggal 4 sampai dengan 6 Agustus 2021, bertempat di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Cilaku – Cianjur, Jalan Raya Cibeber KM. 7 Kubangsari Cianjur, Jawa Barat.

 

Sulardi selaku Ketua Uji Kompetensi menyampaikan bahwa tujuan kegiatan ini sebagai wujud PPSDM KEBTKE mendukung pendidikan vokasi Indonesia melalui uji kompetensi keahlian untuk tingkat SMK. Kegiatan ini diikuti sebanyak (empat belas) orang siswa, sebagai asesor Ketua Sulardi, S.T., M.Pd., Anggota Raden Waluyo Jati Soemowidagdo, S.T., Muhamad Zuhud Andrya, S.T., M.Eng.

 

Uji kompetensi sub bidang Pembangunan dan Pemasangan IPTL Tegangan Rendah dilakukan dengan methode sebagai berikut: uji tulis sebagai dasar untuk mengetahui kemampuan peserta dari sisi pengetahuan (knowledge), uji praktik untuk mengetahui kemampuan skill peserta, dan uji wawancara untuk mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan pengetahuan, keterampilan serta sikap, uji wawancara juga bermaksud mengetahui seberapa pemahaman seseorang dalam bidang yang digelutinya.

 

Lanjut Sulardi, adapun penilaian sikap (attitude) mengacu kepada kedisiplinan, kepatuhan kepada SOP, aturan-aturan yang berlaku di tempat kerja, aturan yang diterapkan di suatu tempat, sehingga yang bersangkutan dapat menjamin keselamatan ketenagalistrikan baik bagi dirinya sendiri, orang lain, instalasi listrik, harta benda serta makhluk hidup lainnya.

 

“Sarana prasarana kegiatan seperti Ruang Aula, Ruang Kelas, Laboratorium, serta instalasi listrik untuk uji praktik telah disiapkan oleh SMKN-1, tutur Sulardi.

 

“Sebagai lembaga pemerintah yang memberikan layanan kepada masyarakat saat ini telah memiliki predikat sebagai wilayah bebas korupsi atau disebut WBK.

 

“Selain itu LSK PPSDM KEBTKE juga telah mendapatkan nilai kinerja dengan predikat emas yang diberikan oleh Instansi pembina Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan, tutup Sulardi.

 

Selain layanan pelatihan dan sertifikasi, PPSDM KEBTKE juga memberikan layanan dalam bentuk bimbingan teknis, jasa audit energi dan jasa penunjang lainnya yang terkait dengan Ketenagalistrikan dan Energi Baru Terbarukan

 

Kami SIAP menjadi bagian dan Partner Terpercaya dalam pengembangan SDM Bidang Ketenagalistrikan Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi.

 

PPSDM KEBTKE TANGGUH PENUH ENERGI!

kerja CEPAT, CERMAT, PRODUKTIF

JUJUR, PROFESIONAL, MELAYANI, INOVATIF, DAN BERARTI

Informasi pelatihan, sertifikasi, dan jasa umum:

Sdr. Akhir Setiadi (HP.0856-4985-8447),

Sdr. M. Zuhud Andrya (HP.0819-0770-3764),

Sdr. Zulfa (HP.0823-7604-1564),

Sdr. Nico Juni Ferson (HP. 0811-8123-490)

Sdr. Hari Zana (HP.0812-8110-2149),

Sdr. Anggit (HP. 0852-8804-0600)

Email: informasi.ppsdmkebtke@esdm.go.id

Web https://ppsdmkebtke.esdm.go.id/

(SA)

#20TahunBPSDMESDM

#BerkaryaUntukNegeri

#kesdmesdm

#bpsdmesdm

#ppsdmkebtke

#ketenagalistrikan

#energi

#pelatihan

#sertifikasi

#ditjengatrik

#ppsdmmigas

#ppsdmgeominerba
@
Kemendikbud RI

@Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI