UJI KOMPETENSI SEBAGAI SARANA UNJUK KEMAMPUAN SISWA SMK BERSAMA PPSDM KEBTKE

UJI KOMPETENSI SEBAGAI SARANA UNJUK KEMAMPUAN SISWA SMK BERSAMA PPSDM KEBTKE

UJI KOMPETENSI SEBAGAI SARANA UNJUK KEMAMPUAN SISWA SMK BERSAMA PPSDM KEBTKE

 

Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia, Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (PPSDM KEBTKE) bekerjasama dengan Balai Jasa Konstruksi Wilayah III Jakarta, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyelenggarakan Sertifikasi Kompetensi Pembangunan dan Pemasangan Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik (IPTL) secara tatap muka (offline), pada tanggal 28 sampai dengan 30 Juni 2021, bertempat di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4 Kota Tangerang.

 

Hal ini disampaikan oleh Kepala PPSDM KEBTKE Laode Sulaeman, saat acara pembukaan uji kompetensi pada hari Senin (28/6).

 

Salah satu fokus pembangunan nasional adalah "Pembangunan SDM". Hal ini menjadi penting karena pintu-pintu gempuran persaingan global semakin bertambah dan masif. Salah satu pintu tersebut adalah "free trade" atau perdagangan bebas.

 

Melalui pintu ini bukan saja arus barang yang akan keluar dan masuk ke negara kita, namun juga arus tenaga kerja dan jasa perlahan akan menjadi bagian dari pasar global di negara kita. Lalu bagaimana kita menghadapi tantangan ini?, karena kita tidak bisa membuat ketentuan untuk menghambat masuknya tenaga kerja asing. Kita ketahuai bahwa Indonesia adalah negara anggota WTO yg juga harus menjalankan kesepakatan2 Free Trade Area yg sdh lama diberlakukan di forum WTO, tutur Laode.

 

Oleh karena itu salah satu langkah yang menjadi penting adalah bagaimana memperkuat kompetensi tenaga kerja nasional. Hal ini perlu dilakukan bukan saja dari sisi peningkatan kapasitas SDM yang berasal dari output perguruan tinggi, melainkan juga harus sudah dimulai sejak tenaga-tenaga muda tersebut berada di tataran pendidikan kejuruan (SMK).

 

Siswa siswi SMK di berbagai jurusan yang telah ada harus diperkaya kemampuannya atau kompetensinya dengan standar kompetensi yang berlaku pada industri. Hal ini akan memberikan setidaknya 3 (tiga) manfaat utama.

 

Manfaat pertama adalah menguatkan SDM nasional sehingga bisa setara dg SDM mancanegara sesuai dengan level standar kompetensinya. Manfaat kedua adalah meningkatkan jumlah lulusan SMK yang terserap oleh industri2 nasional, dan yang ketiga tentunya akan berdampak pada berkurangnya angka pengangguran.

 

Kita berada di SMK-4 ini adalah dalam rangka memulai langkah mewujudkan hal di atas, dan juga diperkuat karena kegiatan ini lahir dari Sinergi antara Kementerian ESDM dan Kementerian PUPR dalam sama-sama bergerak memantapkan kompetensi adik-adik kita di SMK. Tahap pertama akan dilaksanakan di 3 Provinsi yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten, untuk sebanyak 200 org, jelas Laode.

 

Kegiatan uji kompetensi, imbuh Laode, ini adalah merupakan penilaian yang diselenggarakan khusus bagi siswa SMK untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik yang setara dengan kualifikasi jenjang/level 2 (dua) pada Standar Kompetensi Tenaga Teknik Ketenagalistrikan (SKTTK). Hasil uji kompetensi keahlian bagi peserta didik akan menjadi indikator ketercapaian standar kompetensi kelulusan.

 

Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini, walaupun masih dalam situasi pandemi, namun uji kompetensi dilakukan secara tatap muka langsung atau offline, tentunya dengan lebih menekankan untuk mematuhi protokol kesehatan.

 

Sebagai lembaga pemerintah yang memberikan layanan kepada masyarakat saat ini telah memiliki predikat sebagai wilayah bebas korupsi atau disebut WBK. Selain itu LSK PPSDM KEBTKE juga telah mendapatkan nilai kinerja dengan predikat emas yang diberikan oleh Instansi pembina Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan, pungkas Laode.

 

Selain layanan pelatihan dan sertifikasi, PPSDM KEBTKE juga memberikan layanan dalam bentuk bimbingan teknis, jasa audit energi dan jasa penunjang lainnya yang terkait dengan Ketenagalistrikan dan Energi Baru Terbarukan

 

Kami SIAP menjadi bagian dan Partner Terpercaya dalam pengembangan SDM Bidang Ketenagalistrikan Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi.

 

PPSDM KEBTKE TANGGUH PENUH ENERGI!

kerja CEPAT, CERMAT, PRODUKTIF

JUJUR, PROFESIONAL, MELAYANI, INOVATIF, DAN BERARTI

Informasi pelatihan, sertifikasi, dan jasa umum:

Sdr. Akhir Setiadi (HP.0856-4985-8447),

Sdr. M. Zuhud Andrya (HP.0819-0770-3764),

Sdr. Zulfa (HP.0823-7604-1564),

Sdr. Nico Juni Ferson (HP. 0811-8123-490)

Sdr. Hari Zana (HP.0812-8110-2149),

Sdr. Anggit (HP. 0852-8804-0600)

Email: informasi.ppsdmkebtke@esdm.go.id

https://ppsdmkebtke.esdm.go.id/

(SA)

#20TahunBPSDMESDM

#BerkaryaUntukNegeri

#kesdmesdm

#bpsdmesdm

#ppsdmkebtke

#ketenagalistrikan

#energi

#pelatihan

#sertifikasi

#ditjengatrik

#ppsdmmigas

#ppsdmgeominerba