UMKM Bengkel Sepeda Motor di Provinsi DKI Jakarta Ikuti Pelatihan Teknik Konversi Sepeda Motor BBM Menjadi Sepeda Motor Listrik

UMKM Bengkel Sepeda Motor di Provinsi DKI Jakarta Ikuti Pelatihan Teknik Konversi Sepeda Motor BBM Menjadi Sepeda Motor Listrik

UMKM Bengkel Sepeda Motor di Provinsi DKI Jakarta Ikuti Pelatihan Teknik Konversi Sepeda Motor BBM Menjadi Sepeda Motor Listrik

 

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral melalui Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Ketenagalistrikan Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (PPSDM KEBTKE) bekerja sama dengan dengan Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Energi Provinsi DKI menyelenggarakan Pelatihan Teknis Konversi Sepeda Motor BBM Menjadi Sepeda Motor Listrik Angkatan Ketiga, pada tanggal, 26 s.d. 29 Februari 2024, bertempat di Pusat Pelatihan Kerja Daerah Jakarta Timur

Rifka Sofianita Sub Koordinator Penyelenggaraan Pengembangan Sumber Daya Manusia menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Energi Provinsi DKI Jakarta sehingga pelaksanaan pelatihan ini dapat terlaksana.

 

Pelatihan Teknis Konversi Sepeda Motor BBM Menjadi Sepeda Motor Listrik bertujuan untuk meningkatkan kompetensi bengkel UMKM dan tenaga pengajar agar siap menghadapi perkembangan zaman di era globalisasi. Dukungan ini sejalan dengan amanat Peraturan Presiden Nomor 5 tahun 2020 untuk mendukung kendaraan listrik dan mengurangi emisi. Kegiatan ini diikuti oleh 25 orang peserta yang merupakan teknisi dari UMKM bengkel sepeda motor di Provinsi DKI Jakarta dan sekitarnya.

Kepala Pusat Pelatihan Kerja Daerah Jakarta Timur, H. Teguh Hendarwan, Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada seluruh undangan yang hadir, terutama kepada Bapak/Ibu yang telah hadir dari berbagai instansi terkait dan kepada para peserta yang mengikuti Workshop Konversi Sepeda Motor BBM menjadi Sepeda Motor Listrik.

 

Kami bersyukur dapat berkumpul di Gedung Kejuruan Barista PPKD Jakarta Timur untuk acara Pelatihan Teknis ini, yang diselenggarakan oleh Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (PPSDM KEBTKE) bekerja sama dengan Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Energi Provinsi DKI Jakarta.

 

Ia juga menyampaikan bahwa seiring dengan kemajuan teknologi, penggunaan kendaraan listrik semakin meningkat di Indonesia, yang membawa manfaat dalam mengurangi polusi udara dan karbon dioksida. Hal ini sejalan dengan Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019 yang mendorong penggunaan kendaraan listrik.

Dalam mendukung percepatan program kendaraan listrik, Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Energi Provinsi DKI Jakarta telah mempersiapkan fasilitas dan pelatihan untuk menciptakan tenaga kerja yang kompeten di bidang otomotif, khususnya kendaraan berbasis baterai.

 

Kami juga berencana untuk terus meningkatkan infrastruktur dan penawaran pelatihan di masa mendatang, termasuk pembangunan hanggar dan penambahan unit kendaraan listrik.

 

Terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung penyelenggaraan acara ini. Semoga pelatihan ini memberikan manfaat dan bekal keterampilan yang bermanfaat bagi para peserta di masa depan, ungkap Teguh Hendarwan

 

Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi Dan Energi Provinsi DKI Jakarta oleh Hari Nugroho, menyampaikan sangat mengapresiasi kerjasama antara Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Energi Provinsi DKI Jakarta dengan PPSDM KEBTKE Kementrian ESDM Republik Indonesia dalam menyelenggarakan Pelatihan Teknis Konversi Sepeda Motor BBM menjadi Sepeda Motor Listrik.

 

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi bengkel UMKM dan tenaga pengajar agar siap menghadapi perkembangan zaman di era globalisasi. Dukungan ini sejalan dengan amanat Peraturan Presiden Nomor 5 tahun 2020 untuk mendukung kendaraan listrik dan mengurangi emisi. Semoga pelatihan ini menjadi sarana efektif dalam meningkatkan kualitas SDM dan mewujudkan Jakarta Kota Global melalui sumber daya manusia yang siap dalam mengikuti perkembangan zaman dengan meningkatkan kualitas harus segera dan terus kita lakukan.

Oleh karenanya, diharapkan melalui pelatihan ini dapat menjadi salah satu wadah dalam meningkatkan kompetensi bagi peserta dari bengkel UMKM yang nantinya akan bermanfaat di lingkungan pekerjaannya.

 

Terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyelenggaraan kegiatan ini. Selamat mengikuti pelatihan dan semoga ilmu yang didapatkan bermanfaat bagi kita semua, kata Hari Nugroho mengakhiri sambutannya.