ASN KESDM Dalami Pemodelan dan Analisis Simple E Menggunakan Ms Excel

ASN KESDM Dalami Pemodelan dan Analisis Simple E Menggunakan Ms Excel

ASN KESDM Dalami Pemodelan dan Analisis Simple E Menggunakan Ms Excel

 

Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia, Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (PPSDM KEBTKE) menyelenggarakan  Pelatihan Teknis Pemodelan Dan Analisis Simple E Menggunakan Ms Excel secara offline pada 13 s.d. 15 Juni 2023 bertempat di kampus PPSDM KEBTKE, Jalan Poncol Raya No.39, Ciracas, Jakarta Timur.

 

Koordinator Penyelenggaraan dan Sarana Prasarana Pengembangan SDM Elin Lindiasari, mewakili Kepala PPSDM KEBTKE membuka secara resmi kegiatan pelatihan. Dalam sambutannya, Elin menyampaikan bahwa Aplikasi Microsoft Office yang banyak dipakai dalam dunia kerja adalah Microsoft Excel. “Pelatihan ini bertujuan untuk pemahaman analisis data dengan menggunakan Microsoft Excel, proses pengolahan data, serta untuk melakukan perhitungan statistik dengan menyediakan fungsi-fungsi yang mendukung pekerjaan, pelatihan saat ini diperuntukan bagi ASN di lingkungan Kementerian ESDM,” kata Elin.

 

Pada kesempatan ini materi yang disampaikan terdiri dari Pengenalan Sistem Tenaga Listrik, Jenis Perencanaan Penyediaan Tenaga Listrik, Regulasi Perencanaan Tenaga Listrik, Pentingnya Perencanaan Sistem, Proyeksi Kebutuhan Tenaga Listrik, Pengenalan dan Instalasi Simple E, Praktik Simple E. Hadir sebagai narasumber Hasan Maksum, S.T., Rahadian Wahyu Pradipta, S.T.,  dari Direktorat Pembinaan Program Ketenagalistrikan.

 

Hasan Maksum dalam kesempatan ini membahas mengenai Pengenalan Sistem Tenaga Listrik, bahwa ilustrasi sistem tenaga listrik berproduksi setiap detik ditentukan oleh permintaan pada detik itu juga agar besaran tegangan dan frekuensi dapat dijaga konstan. Apabila frekuensi berada di luar batas toleransi (47,5 – 52,0 Hz), maka harus segera dilakukan pelepasan beban (load shedding) dan/atau pelepasan unit pembangkit dari system secara bertahap. “Apabila sitem  gagal mencapai keseimbangan maka dapat berakibat terjadinya pemadaman total (black out),” kata Hasan Maksum.

 

Rahadian Wahyu Pradipta menyampaikan materi mengenai jenis perencanaan penyediaan tenaga listrik, proses penyediaan tenaga listrik melalui mekanisme IPP dengan (1) proses pengadaan dilakukan oleh PLN (Pemilihan Langsung, Penunjukan Langsung) sesuai ketentuan perundang-undangan, (2) PLN mengajukan permohonan persetujuan HJTL kepada Menteri sesuai BA kesepakatan PLN dan Badan Usaha, (3) Badan usaha mengajukan IUPTLU dan menyampaikan pemenuhan komitmen untuk mengefektifkan IUPTLU, (4) Badan usaha memulai proses konstruksi pembangkit.

 

Permintaan kebutuhan energi listrik terus meningkat sejalan dengan pertumbuhan penduduk dan ekonomi serta dipengaruhi kondisi makro sosial-ekonomi yang terus berubah (dinamis) dan dalam jangka panjang adanya variable ketidakpastian.  Peningkatan kebutuhan tenaga listrik harus dipenuhi melalui menyediakan infrastruktur ketenagalistrikan seperti pembangkit, transmisi, GI yang cukup untuk menjaga keandalan dan kualitas penyediaan tenaga listrik.

 

Pembangunan proyek pembangkit dan transmisi membutuhkan waktu (lead time) yang panjang dan nilai investasi yang sangat besar, sehingga perencanaannya harus disipakan secara matang dari awal.

Dibutuhkan perencanaan kebutuhan tenaga listrik (demand forecast) jangka panjang yang baik sebagai dasar dalam perencanaan membuat rencana pengembangan kapasitas pembangkit dan transmisi. Prakiraan kebutuhan tenaga listrik merupakan awal dari rangkaian kegiatan perencanaan sistem tenaga listrik.

 

PPSDM KEBTKE memberikan pelayanan publik melalui pelatihan dan sertifikasi untuk aparatur, masyarakat umum, juga pengelola industri di sektor Ketenagalistrikan, Energi Baru Terbarukan (EBT),  Konservasi Energi (KE), serta memberikan jasa konsultansi dan audit energi padaindustri/bangunan gedung, kerjasama penyewaan dan penyelenggaraan aktivitas MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition).

PPSDM KEBTKE TANGGUH PENUH ENERGI!

Kerja CEPAT, CERMAT, PRODUKTIF

Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif (BerAKHLAK)

Informasi pelatihan, sertifikasi, dan jasa umum:

Sdr. Nico Juni Ferson (HP. 0811-8123-490)

Sdr. Budi (HP. 813-8553-6686),

Sdr. Hari Zana (HP.0812-8110-2149),

Sdr. Anggit (HP. 0852-8804-0600)

 

PPSDM KEBTKE Kementerian ESDM RI

Jl. Raya Poncol No.39 Ciracas Jakarta Timur, 13740

Telp. (021) 8729101

Web https://ppsdmkebtke.esdm.go.id/

Email: informasi.ppsdmkebtke@esdm.go.id

Instagram: @ppsdmkebtke

Twitter: @ppsdmkebtke

Facebook: PPSDM KEBTKE KESDM

Youtube: PPSDM KEBTKE KESDM

(SA)