ASN KESDM Ikuti Pelatihan Teknis Desain Kontrol Pasokan Energi EBT dengan Jaringan (Digital Utility)

ASN KESDM Ikuti Pelatihan  Teknis Desain Kontrol Pasokan Energi EBT dengan Jaringan (Digital Utility)

ASN KESDM Ikuti Pelatihan  Teknis Desain Kontrol Pasokan Energi EBT dengan Jaringan (Digital Utility)

 

Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia, Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (PPSDM KEBTKE) menyelenggarakan Pelatihan Teknis Desain Kontrol Pasokan Energi EBT dengan Jaringan (Digital Utility) (Sistem Distance Learning) pada 11 s.d. 13 April 2023 melalui aplikasi Zoom.

 

Kegiatan Pelatihan ini bertujuan pelatihan untuk menghasilkan sumber daya manusia yang mampu menjelaskan tentang Desain Kontrol Pasokan Energi EBT dengan Jaringan (Digital Utility). Materi yang disampaikan terdiri dari Pengenalan Sistem Pembangkit EBT, Interkoneksi dengan Jaringan, Sistem Kontrol, Studi Kasus / Best Practice Implementasi / Kunjungan Lapangan. Hadir sebagai narasumber yaitu Budiman R. Saragih Widyaiswara Madya dari  PPSDM KEBTKE, serta Tri Desmana Rachmildha dari Sekolah Teknologi Elektro dan Informatika ITB.

 

Setelah mengikuti pelatihan ini diharapkan peserta dapat memahami mengenai pengenalan sistem pembangkit EBT, interkoneksi dengan jaringan, sistem kontrol, studi kasus / best practice implementasi. Hadir sebagai narasumber pertama Budiman menyampaikan materi Pengenalan Sistem Pembangkit EBT terkait dengan Sistem Dan Komponen, Karakteristik Operasi, Dasar-Dasar Kualitas Daya Listrik.

 

Dalam kesempatan tersebut, diberikan materi mengenai Sistem dan Komponen Grid Connected VS On-Grid.  On – Grid artinya baterai tidak wajib, karena sumber utama dari grid/jaringan, lebih sederhana, lebih cost-effective disbanding system off-grid, tidak memberikan daya cadangan selama pemadaman jaringan, memakai kwh exim (Export-Import), untuk lokasi yang memiliki akses jaringan PLN 24 jam seperti perkotaan, dan umumnya bangunan komersil/bisnis, kantor, atau sekolah.

 

Sistem dan Komponen Grid Connected vs Off-Grid maksudnya adalah penggunaan baterai, kapasitas baterai harus memperhitungkan cadangan jika kondisi cuaca kurang optimal, membutuhkan lebih banyak perlatan/komponen, lebih rumit, lebih mahal, untuk lokasi tidak terjangkau jaringan PLN seperti daerah terpencil, lokasi yang memiliki sambungan PLN belum berfungsi 24 jam.

 

Lanjut Budiman, Dasar-Dasar Kualitas Daya Listrik Stabilitas Sistem Tenaga Listrik Beberapa istilah kunci berguna untuk memahami masalah sumber daya terputus-putus dan sebagian besar istilah ini juga berlaku untuk pembangkit listrik tradisional. Intermittency atau variabilitas [Intermittency or variability] adalah sejauh mana sumber daya berfluktuasi. Ini memiliki dua aspek: variabilitas yang dapat diprediksi (seperti siklus siang-malam) dan bagian yang tidak dapat diprediksi (prakiraan cuaca lokal yang tidak sempurna). Istilah intermiten dapat digunakan untuk merujuk ke bagian yang tidak dapat diprediksi, dengan variabel kemudian merujuk ke bagian yang dapat diprediksi. Dasar-Dasar Kualitas Daya Listrik Variable / Intermiten Renewable Energy artinya adalah  Variable renewable energy (VRE) or intermittent renewable energy sources (IRES) adalah sumber energi terbarukan yang tidak dapat dikirim karena sifatnya yang berfluktuasi, seperti tenaga angin dan tenaga surya.

 

PPSDM KEBTKE sebagai lembaga pemerintah yang memberikan layanan kepada masyarakat saat ini telah memiliki predikat sebagai wilayah bebas korupsi atau disebut WBK.

 

PPSDM KEBTKE SIAP menjadi bagian dan Partner Terpercaya dalam pengembangan SDM Bidang Ketenagalistrikan Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi.

 

Kami SIAP menjadi bagian dan Partner Terpercaya dalam pengembangan SDM Bidang Ketenagalistrikan Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi

 

PPSDM KEBTKE TANGGUH PENUH ENERGI!

kerja CEPAT, CERMAT, PRODUKTIF

Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif (BerAKHLAK)

Jl. Raya Poncol No.39, RT.12/RW.7, Susukan, Kec. Ciracas, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13740

Telp. 021-8729101

Whatsapp. +62 811 807 0039

Web https://ppsdmkebtke.esdm.go.id/

Email: informasi.ppsdmkebtke@esdm.go.id

Instagram: @ppsdmkebtke

Twitter: @ppsdmkebtke

Facebook: PPSDM KEBTKE KESDM

Youtube: PPSDM KEBTKE KESDM

(SA)