ASN KESDM Ikuti Pelatihan Teknis Sistem Manajemen Keselamatan Ketenagalistrikan (SMK2)

ASN KESDM Ikuti Pelatihan Teknis Sistem Manajemen Keselamatan Ketenagalistrikan (SMK2)

ASN KESDM Ikuti Pelatihan Teknis Sistem Manajemen Keselamatan Ketenagalistrikan (SMK2)

 

Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia, Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (PPSDM KEBTKE) menyelenggarakan Pelatihan Teknis Sistem Manajemen Keselamatan Ketenagalistrikan (SMK2) pada tanggal 29 s.d. 31 Mei 2023 secara offline, bertempat di Kampus PPSDM KEBTKE, Jalan Poncol Raya No.39, Ciracas, Jakarta Timur.

 

Koordinator Penyelenggaraan dan Sarana Prasarana Pengembangan SDM Elin Lindiasari, S.T., M.B.A. mewakili Kepala PPSDM KEBTKE membuka secara resmi kegiatan pelatihan. Dalam sambutannya, Elin menyampaikan, kegiatan ini merupakan, “Kegiatan yang diselenggarakan secara offline sebagai ajang tatap muka bersama PPSDM KEBTKE, kami memberikan kesempatan kepada para peserta untuk mengikuti secara offline agar dapat mengikuti kegiatan secara maksimal.”

 

Kegiatan ini diselenggarakan selama 3 (tiga) hari kerja, yang diikuti 12 (dua belas) peserta ASN dari lingkungan Kementerian ESDM. “Kami minta para peserta agar dapat memanfaatkan waktunya semaksimal mungkin, dan ilmu yang didapatkan selama pelatihan dapat diimplementasikan di tempat tugas masing-masing,” kata Elin.

 

Materi yang dsiampaikan yaitu terdiri dari Regulasi Keselamatan Ketenagalistrikan, Keselamatan Ketenagalistrikan, Sistem Manajemen Keselamatan Ketenagalistrikan, Penerapan Sistem Manajemen Keselamatan Ketenagalistrikan, Penilaian dan Pemeriksaan Sistem Manajemen Keselamatan Ketenagalistrikan, hadir sebagai pengajar Sigit Cahyo Astoro, S.T., M.B.A, Arif Arkarnis, S.T., M.T, Ahmad Anshari, S.T., Ristiardi Taharat PB., S.T, dari Direktorat Teknik dan Lingkungan Ketenagalistrikan, dan Ir. Arief Indarto, M.M, Widyaiswara  dari PPSDM KEBTKE.

 

Dasar Hukum Keselamatan Ketenagalistrikan (K2) dan Sistem Manajemen Keselamatan Ketenagalistrikan (SMK2) disampaikan pada sesi pertama oleh Sigit Cahyo Astoro, S.T., M.B.A. Ia menjelaskan mengenyai Penyebab Insiden Terkait Keselamatan Ketenagalistrikan yaitu: (a) Penyebab terbesar kejadian kebakaran di Kota DKI Jakarta masih berasal akibat “Listrik”, (b) Rata-rata kebakaran akibat listrik adalah 608 kejadian pertahun selama periode 2013-2020.

 

Banyaknya gangguan yang terjadi pada operasi instalasi tenaga listrik yang menyebabkan pemadaman sehingga mengganggu kegiatan di sektor ekonomi, telekomunikasi, transportasi, dan sektor lain. Keselamatan dan Kesehatan Kerja yang selanjutnya disingkat K3 adalah segala kegiatan untuk menjamin dan melindungi keselamatan dan kesehatan tenaga kerja melalui upaya pencegahan kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja

 

SMK3 adalah bagian dari sistem manajemen perusahaan secara keseluruhan yang meliputi penetapan kebijakan keselamatan dan kesehatan kerja, perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi serta peninjauan dan peningkatan kinerja keselamatan dan kesehatan kerja dalam rangka pengendalian resiko yang berkaitan dengan kegiatan kerja guna terciptanya tempat kerja yang aman, efisien dan produktif.

Sistem Manajemen Keselamatan Ketenagalistrikan yang selanjutnya disingkat SMK2 adalah bagian dari sistem manajemen badan usaha secara keseluruhan dalam rangka pengendalian risiko yang berkaitan dengan ketenagalistrikan guna terciptanya Keselamatan Ketenagalistrikan.

 

Peraturan Menaker Nomor 12 Tahun 2015 tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja Listrik di Tempat Kerja Pasal 5 ayat (1) menyebutkan bahwa Kegiatan perencanaan, pemasangan, penggunaan, perubahan, dan pemeliharaan yang dilaksanakan pada kegiatan pembangkitan, transmisi, distribusi dan pemanfaatan listrik wajib mengacu kepada standar bidang kelistrikan dan ketentuan

peraturan perundang-undangan, untuk Instalasi Listrik, K3 merupakan bagian dari K2

 

Selain layanan pelatihan dan sertifikasi, PPSDM KEBTKE juga memberikan layanan dalam bentuk bimbingan teknis, jasa audit energi dan jasa penunjang lainnya yang terkait dengan Ketenagalistrikan, Energi Baru Terbarukan, dan Konservasi Energi.

 

Kami SIAP menjadi bagian dan Partner Terpercaya dalam pengembangan SDM Bidang Ketenagalistrikan Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi PPSDM

 

KEBTKE TANGGUH PENUH ENERGI!

kerja CEPAT, CERMAT, PRODUKTIF

Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif (BerAKHLAK)

 

Jl. Raya Poncol No.39, RT.12/RW.7, Susukan, Kec. Ciracas, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13740

Telp. 021-8729101

Whatsapp. +62 811 807 0039

Web https://ppsdmkebtke.esdm.go.id/

Email: informasi.ppsdmkebtke@esdm.go.id

Instagram: @ppsdmkebtke

Twitter: @ppsdmkebtke

Facebook: PPSDM KEBTKE KESDM

Youtube: PPSDM KEBTKE KESDM

(SA)