Gali Potensi Panas Bumi, PPSDM KEBTKE Berikan Pelatihan Teknis Fasilitas Produksi Panas Bumi bagi ASN KESDM

Gali Potensi Panas Bumi, PPSDM KEBTKE Berikan Pelatihan Teknis Fasilitas Produksi Panas Bumi bagi ASN KESDM

Gali Potensi Panas Bumi, PPSDM KEBTKE Berikan Pelatihan Teknis Fasilitas Produksi Panas Bumi bagi ASN KESDM

 

PPSDM KEBTKE selenggarakan Pelatihan Teknis Fasilitas Produksi Panas Bumi secara offline   pada 22 s.d. 25 Mei 2023 bertempat di PPSDM Geominerba, Bandung Jawa Barat. Pelatihan ini diikuti oleh 11 orang ASN Kementerian ESDM.

 

Hadir sebagai pemateri dalam pelatihan ini adalah Budi Herdiyanto dan Herlambang dari Direktorat Panas Bumi Kementerian ESDM, serta perwakilan dari Star Energy Geothermal. Materi yang diangkat adalah Pengenalan Pengusahaan Panas Bumi, Tahapan Pengusahaaan Panas Bumi, Kunjungan Lapangan (Site Visit) PLTP, Fasilitas Lapangan Uap Panas bumi (Steam Field), Fasilitas Pembangkit (Power Plant), pre test, post test, serta diskusi.

 

Budi Herdyanto membahas mengenai pengembangan panas bumi, regulasi panas bumi, sistem dan manisfestasi panas bumi, serta pemanfaatan dan pengusahaan panas bumi. Dalam kesempatan tersebut disampaikan mengenai pentingnya pengembangan panas bumi, yaitu sumber energi bersih, ramah lingkungan, terbarukan; energi setempat dan modal ketahanan energi nasional; bebas dari risiko kenaikan harga bahan bakar fosil; pengembangan ekonomi lokal dan masyarakat sekitar; serta tidak memerlukan lahan yang luas.

 

Adapun berikut adalah asas penyelenggaran panas bumi yaitu : bermanfaat sebesar-besarnya bagi kesejahteraan dan kemakmuran rakyat, dilakukan secara berdaya guna dan berhasil guna dapat dinikmati secara proporsional oleh rakyat,  dilakukan dengan memperhatikan ketersediaan sumber energi yang dimanfaatkan secara optimal, dapat terjangkau dari aspek harga energi dan aksesibilitas oleh masyarakat, dikelola dengan baik agar dapat menghasilkan energi secara berkesinambungan,  dapat memperkuat kemandirian energi nasional, memperhatikan keamanan, keselamatan, dan lingkungan hidup, memperhatikan dan memelihara kelangsungan daya dukung dan daya tampung lingkungan hidup yang sekaligus menjaga kesinambungan dari energi itu sendiri.

 

Adapun konfribusi pengusahaan panas bumi yaitu : ketahanan  energi nasional, pelestarian lingkungan, meningkatnya investasi dalam dan luar energi, konfribusi fiskal, penyediaan tenaga listrik yang ramah lingkungan untuk ketahanan energi nasional, serta mendorong peningkatan ekonomi lokal/daerah.

 

PPSDM KEBTKE memberikan pelayanan publik melalui pelatihan dan sertifikasi untuk aparatur, masyarakat umum, juga pengelola industri di sektor Ketenagalistrikan, Energi Baru Terbarukan (EBT),  Konservasi Energi (KE), serta memberikan jasa konsultansi dan audit energi padaindustri/bangunan gedung, kerjasama penyewaan dan penyelenggaraan aktivitas MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition).

 

PPSDM KEBTKE TANGGUH PENUH ENERGI!

Kerja CEPAT, CERMAT, PRODUKTIF

Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif (BerAKHLAK)

Informasi pelatihan, sertifikasi, dan jasa umum:

Sdr. Nico Juni Ferson (HP. 0811-8123-490)

Sdr. Budi (HP. 813-8553-6686),

Sdr. Hari Zana (HP.0812-8110-2149),

Sdr. Anggit (HP. 0852-8804-0600)

 

PPSDM KEBTKE Kementerian ESDM RI

Jl. Raya Poncol No.39 Ciracas Jakarta Timur, 13740

Telp. (021) 8729101

Web https://ppsdmkebtke.esdm.go.id/

Email: informasi.ppsdmkebtke@esdm.go.id

Instagram: @ppsdmkebtke

Twitter: @ppsdmkebtke

Facebook: PPSDM KEBTKE KESDM

Youtube: PPSDM KEBTKE KESDM

(SA)