Kepala PPSDM KEBTKE Membuka Pelatihan dan Uji Kompetensi Bagi Masyarakat Provinsi Kalimantan Timur

Kepala PPSDM KEBTKE Membuka Pelatihan dan Uji Kompetensi Bagi Masyarakat Provinsi Kalimantan Timur

Kepala PPSDM KEBTKE Membuka Pelatihan dan Uji Kompetensi Bagi Masyarakat Provinsi Kalimantan Timur

 

Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia, Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (PPSDM KEBTKE) menyelenggarakan Pelatihan Teknis Pembangunan dan Pemasangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) bagi Pelaksana Madya pada tanggal 8 s.d. 13 Mei 2023 secara offline bertempat di  PPSDM KEBTKE Jalan Poncol Raya No.39 Ciracas, Jakarta Timur. Pelatihan ini diselenggarakan secara gratis bagi masyarakat.

 

Kepala PPSDM KEBTKE Ir. A. Susetyo Edi Prabowo, M.Si. menyampaikan bahwa kegiatan Pelatihan Teknis dan Uji Kompetensi Pembangunan dan Pemasangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Bagi Pelaksana Madya ditujukan kepada masyarakat Provinsi Kalimantan Timur, bertujuan untuk menghasilkan tenaga teknik yang mampu melakukan pembangunan dan pemasangan PLTS.

 

Pelatihan dan sertifikasi ini merupakan implementasi program kerja sama antara Kementerian ESDM dengan Dinas ESDM Provinsi Kalimantan Timur, dengan tujuan utama mendukung penyiapan tenaga Teknik ketenagalistrikan yang kompeten. Kegiatan ini diikuti oleh 20 (dua puluh) orang peserta yang berasal dari masyarakat Kabupaten Penajam Paser Utara, Mahakam Ulu, Kutai Kartanegara, Kutai Kartanegara, Kutai Barat, Bontang, Kota Samarinda, Kota Balikpapan.

 

Lanjut Susetyo Edi, Pembangunan dan pemasangan PLTS memerlukan pengetahuan dan keterampilan. Oleh karena itu, kami dari Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Ketenagalistrikan, Energi Baru Terbarukan, dan Konservasi Energi dari Kementerian ESDM yang bekerja sama dengan Dinas ESDM Provinsi Kalimantan Timur mengadakan pelatihan dan sertifikasi pembangunan dan pemasangan PLTS.

 

Para peserta akan belajar mengenai teori dasar listrik, pengukuran listrik, keselamatan ketenagalistrikan, komponen PLTS terpusat, perencanaan dan persiapan pembangunan dan pemasangan PLTS, serta pelaksanaan pembangunan dan pemasangan PLTS, dan peserta akan melakukan praktik, agar dapat secara langsung melakukan pemasangan PLTS sehingga melengkapi pemahaman dan kompetensi yang akan didapatkan dalam pelatihan ini, dan dilanjutkan uji kompetensi untuk membuktikan kompetensi yang dimiliki oleh para peserta khususnya dalam pembangunan dan pemasangan PLTS.

 

Kepala PPSDM KEBTKE mengucapkan terima kasih kepada Kepala Dinas ESDM Provinsi Kalimantan Timur yang diwakili oleh Pak Puji Harjanto Kepala Seksi Teknik dan Lingkungan Ketenagalistrikan yang telah mengkoordinir calon peserta sehingga kegiatan ini berjalan dengan lancar.

 

Selamat belajar dan berlatih kepada para peserta, semoga semua ilmu yang nantinya diperoleh menjadi bermanfaat, dan diharapkan para peserta setelah mengikuti pelatihan dan uji kompetensi mendapatkan lapangan pekerjaan di badan usaha pembangunan PLTS yang saat ini semakin bertambah jumlahnya.

 

PPSDM KEBTKE SIAP menjadi bagian dan Partner Terpercaya dalam pengembangan SDM Bidang Ketenagalistrikan Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi

 

PPSDM KEBTKE TANGGUH PENUH ENERGI!

kerja CEPAT, CERMAT, PRODUKTIF

Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif (BerAKHLAK)

 

Informasi pelatihan, sertifikasi, dan jasa umum:

Sdr. Akhir Setiadi (HP.0856-4985-8447),

Sdr. M. Zuhud Andrya (HP.0819-0770-3764),

Sdr. Budi (HP. 813-8553-6686)

 

Email: informasi.ppsdmkebtke@esdm.go.id

Web https://ppsdmkebtke.esdm.go.id/

(SA)