Learning On Site GERILYA di PPSDM KEBTKE

Learning On Site GERILYA di PPSDM KEBTKE

Learning On Site GERILYA di PPSDM KEBTKE

 

Kementerian ESDM kembali membuka program GERILYA (Gerakan Inisiatif Listrik Tenaga Surya) MSIB Batch IV. Program GERILYA Batch 4 diikuti oleh 62 mahasiswa dari 34 Perguruan Tinggi, dari total 2.456 pendaftar (berasal dari 280 Perguruan Tinggi) yang berasal dari seluruh Indonesia. Sebanyak 24 orang atau 38 persen mahasiswa peserta program adalah perempuan.

 

Program GERILYA (Gerakan Inisiatif Listrik Tenaga Surya) merupakan program yang diperuntukkan bagi para mahasiswa sebagai the next clean energy activist. Bekerja sama dengan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka, Kemendikbudristek, GERILYA  diharapkan dapat menyiapkan dan membentuk anak muda menjadi aktivis energi bersih dalam mendukung transisi energi ke depan.

 

PPSDM KEBTKE sebagai lembaga pelatihan dan sertifikasi yang fokus pada pengembangan human capital  dalam bidang KEBTKE, turut mendukung kegiatan GERILYA dengan memberikan pelatihan dalam Program Learning on Site GERILYA pada 28 Februari 2023.

 

Di PPSDM KEBTKE, peserta  mendapatkan pelatihan berupa praktik instalasi, komisioning, dan pelatihan terminasi inverter dari widyaiswara PPSDM KEBTKE yaitu Ahmad Khulaemi, S.Pd., M.Pd. dan Ginanjar Indramaulana, S.T., MBA.

 

Hadir dalam kesempatan tersebut Koordinator Penyelenggaraan dan Sarana Prasarana Pengembangan SDM Elin Lindiasari, S.T., M.B.A. yang mewakili Kepala PPSDM KEBTKE. Elin menyampaikan terkait harapan PPSDM KEBTKE bagi para peserta Gerilya.

 

“Harapan ke depan, program ini akan mampu melahirkan aktivis-aktivis energi bersih dari kalangan generasi muda dalam mendorong pemanfaatan PLTS Atap, sehingga pencapaian target bauran energi terbarukan sebesar 23% di tahun 2025 dan percepatan rasio elektrifikasi menuju 100% dapat terealisasi secara maksimal,” kata Elin.

 

Indonesia telah berkomitmen untuk menurunkan emisi gas rumah kaca sesuai Nationally Determined Contribution (NDC) pada tahun 2030 sebesar 29% pada tahun 2030 dengan kemampuan sendiri atau 41% dengan bantuan internasional, sehingga sektor energi diharapkan dapat menurunkan emisi sebesar 314 – 398 juta ton CO²е.

 

Kementerian ESDM telah menyusun roadmap transisi energi untuk mencapai Net Zero Emission (NZE) tahun 2060 atau lebih cepat antara lain melalui strategi pemanfaatan energi baru dan energi terbarukan secara masif. Salah satu potensi energi terbarukan yang terus dioptimalkan adalah energi surya, mengingat potensinya yang cukup besar hingga 3.295 GW namun baru dimanfaatkan kurang dari 1 persen.  Tugas dan amanat mencapai target Net Zero Emission (NZE) untuk sektor energi membutuhkan turun tangan semua pihak untuk ikut berkontribusi. Generasi milenial dan Gen Z menjadi sasaran utama untuk meningkatkan kesadaran menuju transisi energi, mengingat di tangan generasi inilah nanti target NZE digantungkan.

 

Kami SIAP menjadi bagian dan Partner Terpercaya dalam pengembangan SDM Bidang Ketenagalistrikan Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Anda

PPSDM KEBTKE TANGGUH PENUH ENERGI!

Kerja CEPAT, CERMAT, PRODUKTIF

Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif (BerAKHLAK)

 

Informasi pelatihan, sertifikasi, dan jasa umum:

Sdr. Akhir Setiadi (HP.0856-4985-8447),

Sdr. M. Zuhud Andrya (HP.0819-0770-3764),

Sdr. Budi (HP. 813-8553-6686)

 

Email: informasi.ppsdmkebtke@esdm.go.id

Web https://ppsdmkebtke.esdm.go.id/

(SA)