Masyarakat Provinsi Jawa Timur Ikuti Pelatihan dan Uji Kompetensi Bangsang PLTS Secara Gratis

Masyarakat Provinsi Jawa Timur Ikuti Pelatihan dan Uji Kompetensi Bangsang PLTS Secara Gratis

Masyarakat Provinsi Jawa Timur Ikuti Pelatihan dan Uji Kompetensi Bangsang PLTS Secara Gratis

 

PPSDM KEBTKE bekerjasama dengan Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan Pelatihan Teknis dan Uji Kompetensi Pembangunan dan Pemasangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) bagi Pelaksana Madya  pada tanggal 22 s.d. 31 Mei 2023 secara offline, bertempat di Kampus PPSDM KEBTKE, Jalan Poncol Raya No. 39 Ciracas, Jakarta Timur.

 

Pelatihan Teknis dan Uji Kompetensi ini diikuti oleh 23 (dua puluh tiga) orang peserta yang berasal dari masyarakat Provinsi Jawa Timur.

 

 Koordinator Sarana Prasarana Pengembangan SDM Elin Lindiasari mewakili Kepala PPSDM KEBTKE menyampaikan bahwa materi pelatihan teknis pembangunan PLTS yang akan diberikan yaitu sebanyak 60 jam pelajaran.

 

Lanjut Elin,  kegiatan ini merupakan program pelatihan untuk masyarakat yang ditujukan untuk meningkatkan atau menunjang ketersediaan SDM, para peserta tidak hanya mengikuti pelatihan tapi juga dilanjutkan untuk uji sertifikasi komptenesi sehingga membekali mereka untuk bisa mendapatkan pekerjaan dengan menggunakan sertifikat komptensinya.

 

Harapan kami, setelah mengikuti pelatihan dan sertifikasi para alumni pelatihan dan sertifikasi mendapatkan pekerjaan sesuai dengan ilmu yang didapatkan, mengingat di era sekarang green job membuka peluang besar untuk mendapatkan pekerjaan dengan kompetensinya, semoga pelatihan dan sertifikasi ini dapat membantu untuk mendapatkan peluang kerja sesuai standar kompetensi yang didapatkan saat sekarang ini .

 

"Program pelatihan masyarakat ini ditujukan kepada masyarakat yang memang masih freelance atau fresh graduate dan yang memang ingin menekuni atau secara khusus memiliki kompetensi dalam pembangunan dan pemasangan PLTS, tentunya ini menjadi sebuah dukungan terhadap peningkatan penggunaan energi baru terbarukan khususnya di Provinsi Jawa Timur," kata Elin.

 

Setelah ini dari PPSDM KEBTKE akan selalu memantau manfaat dari hasil pelatihan dan sertifikasinya.

 

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Sekretaris Kepala Dinas ESDM Provinsi Jawa Timur Oni Setiawan, ST. MT.  Dalam sambutannya, Oni mengucapkan terima kasih kepada PPSDM KEBTKE Kementerian ESDM yang telah memberikan kesempatan kepada masyarakat di lingkungan Jawa Timur.

 

Kebijakan transisi energi memang merupakan upaya tranformasi dari energi fosil menuju penggunaan energi bersih berbasis energi baru terbarukan yang tetap harus berjalan sesuai dengan karakteristik daerah. Transisi energi yang berkeadilan harus dipertimbangkan bagaimana kondisi kekuatan sumber daya alam daerah yang dimiliki, sehingga target-target yang nantinya akan kita tetapkan untuk menjangkau bauran energy pada industri yang dijalankan oleh berbagai badan usaha di Jawa Timur.

 

"Pemprov Jawa Timur sangat mengapresiasi upaya Kementerian ESDM melalui PPSDM KEBTKE  ini yang memberi kesempatan kepada masyarakat umum di lingkungan Provinsi Jawa Timur yang mendapatkan pelatihan dan sertifikasi ini," tutur Oni Setiawan

 

"Kita tahu bahwa energi baru terbarukan saat ini sedang gencar di gembar gemborkan yaitu kendaraan listrik berbasis baterai, kendaraan motor berbasis baterai yang nantinya akan menggantikan sekto transportasi. Tentunya menjadi peluamg bagi tenaga kerja lokal untuk mengembanglan potensi-potensi di daerah khususnya yang ada di Jawa Timur. Kami selaku regulator atau yang memiliki kewenangan mendapat pendeligasian dari pemerintah pusat tentunya sangat antusias dan berterima kasih dimana Jawa Timur sangat mendukung kebijakan pemerintah tersebut," ungkap Oni Setiawan

 

Sesuai tugas dan fungsinya PPSDM KEBTKE berkomitmen untuk melaksanakan pengembangan sumber daya manusia di bidang ketenagalistrikan, energi baru, terbarukan dan konservasi energi

 

Kami SIAP menjadi bagian dan Partner Terpercaya dalam pengembangan SDM Bidang Ketenagalistrikan Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Anda.

 

PPSDM KEBTKE TANGGUH PENUH ENERGI!

Kerja CEPAT, CERMAT, PRODUKTIF

Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif (BerAKHLAK)

 

Informasi pelatihan, sertifikasi, dan jasa umum:

Sdr. Akhir Setiadi (HP.0856-4985-8447),

Sdr. M. Zuhud Andrya (HP.0819-0770-3764),

Sdr. Budi (HP. 813-8553-6686)

 

Email: informasi.ppsdmkebtke@esdm.go.id

Web https://ppsdmkebtke.esdm.go.id/

(SA)