Masyarakat Provinsi NTT Berkesempatan Mengembangkan Kompetensinya Melalui PPSDM KEBTKE

Masyarakat Provinsi NTT Berkesempatan Mengembangkan Kompetensinya Melalui PPSDM KEBTKE

Masyarakat Provinsi NTT Berkesempatan Mengembangkan Kompetensinya Melalui PPSDM KEBTKE

 

Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia, Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (PPSDM KEBTKE) menyelenggarakan Pelatihan Teknis dan Sertifikasi Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Terpusat bagi Operator dan atau Pengelola pada tanggal 13 s.d. 21 Maret 2023 secara offline bertempat di Kampus PPSDM KEBTKE, Jalan Poncol Raya No.39, Ciracas, Jakarta Timur.

 

Sub Koordinator Sarana Prasarana dan Informasi Zainul Pulungan, S.T., M.B.A. hadir mewakili Kepala PPSDM KEBTKE menyampaikan bahwa kegiatan Pelatihan Teknis dan Sertifikasi Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Terpusat bagi Operator dan atau Pengelola memiliki tujuan untuk menghasilkan Operator dan atau Pengelola PLTS Terpusat yang mampu mengoperasikan dan memelihara PLTS Terpusat, serta mengelola kelembagaan yang sudah dibangun dan atau akan dibangun.

 

Pelatihan dan sertifikasi ini merupakan implementasi program kerja sama antara Kementerian ESDM dengan Dinas ESDM Provinsi Daerah Nusa Tenggara Timur, dengan tujuan utama mendukung penyiapan tenaga Teknik ketenagalistrikan yang kompeten. Kegiatan ini diikuti oleh 21 (dua puluh satu) orang peserta yang berasal dari masyarakat Kabupaten Sumba Timur, Tengah, Barat dan Barat Daya Provinsi Nusa Tenggara Timur, ungkap Zainul.

 

Steven Thobyas Lay Kepala Bidang Energi Baru Terbarukan mewakili Kepala Dinas ESDM Provinsi NTT membuka secara resmi kegiatan tersebut. Steven menyampaikan ucapan  terima kasih kepada PPSDM KEBTKE yang telah  memberikan kesempatan kepada masyarakat di sekitar Provinsi NTT untuk mengikuti pelatihan dan uji kompetensi.

 

Steven menyampaikan bahwa pemerintah pusat pamenyampaikan da tahun ini akan membangun PLTS terpusat Off grid di 21 titik, yang masing-masing diwakili oleh adik-adik sekalian calon operator. Kami telah mengusulkan 42 (empat puluh dua) orang dari perwakilan masing-masing 2 orang, namun PPSDM KEBTKE telah menyetujui untuk 21 (dua puluh satu) orang dan kami sangat bersyukur semoga yang 21 orang nanti dapat dialokasikan pada angkatan berikutnya.

 

Para peserta diharapkan 2 minggu ke depan selama 13 hari dapat mengikuti dengan maksimal dan dapat mengikuti semua materi yang diberikan oleh para instruktur “Kami berharap adik-adik semua bisa melanjutkan untuk mengikuti uji kompetensi dan kembali dengan membawa SIM tenaga teknik yang kompeten dan menjadi tenaga teknik yang professional yang ada di Kabupaten Sumba, serta dapat mengimplementasikan ilmunya di daerah masing-masing,” lanjut Zainul.

 

 Kepala Dinas ESDM Provinsi NTT menyampaikan ucapkan terima kasih kepada PPSDM KEBTKE selaku penyelenggara pelatihan dan uji kompetensi, semoga kegiatan ini menjadi ajang jembatan silaturahim bagi masyarakat terpencil khususnya, dan dapat mengembangkan kompetensinya melalui PPSDM KEBTKE, BPSDM ESDM Kementerian ESDM, tutup Steven

 

Selain layanan pelatihan dan sertifikasi, PPSDM KEBTKE juga memberikan layanan dalam bentuk bimbingan teknis, jasa audit energi dan jasa penunjang lainnya yang terkait dengan Ketenagalistrikan dan Energi Baru Terbarukan.

 

PPSDM KEBTKE SIAP menjadi bagian dan Partner Terpercaya dalam pengembangan SDM Bidang Ketenagalistrikan Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi

 

PPSDM KEBTKE TANGGUH PENUH ENERGI!

kerja CEPAT, CERMAT, PRODUKTIF

Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif (BerAKHLAK)

 

Informasi pelatihan, sertifikasi, dan jasa umum:

Sdr. Akhir Setiadi (HP.0856-4985-8447),

Sdr. M. Zuhud Andrya (HP.0819-0770-3764),

Sdr. Budi (HP. 813-8553-6686)

 

Email: informasi.ppsdmkebtke@esdm.go.id

Web https://ppsdmkebtke.esdm.go.id/

(SA)