Mendukung Transisi Energi di Indonesia, Kementerian ESDM mengirim SDM stakeholder di bidang ESDM untuk mengikuti The Training Program for Supporting Energy Transition in Indonesia di Jepang

Mendukung Transisi Energi di Indonesia, Kementerian ESDM mengirim SDM stakeholder di bidang ESDM untuk mengikuti The Training Program for Supporting Energy Transition in Indonesia di Jepang

Mendukung Transisi Energi di Indonesia, Kementerian ESDM mengirim SDM stakeholder di bidang ESDM untuk mengikuti The Training Program for Supporting Energy Transition in Indonesia di Jepang

 

Kerjasama Indonesia - Jepang dalam transisi energi melaksanakan The Training Program for Supporting Energy Transition in Indonesia pada 17 sd 24 Januari di Jepang. Association for Overseas Technical Cooperation and Sustainable Partnership (AOTS) dipercaya oleh The Ministry of Economic, Trade and Industry (METI) Jepang melaksanakan kegiatan ini sebagai langkah untuk mempromosikan Asian Energy Transition Initiative (AETI).

 

AETI tidak hanya memberikan dukungan finansial melalui pembiayaan transisi, tetapi juga secara aktif menjabarkan kebutuhan negara-negara mitra di bidang pengembangan sumber daya manusia pada konferensi internasional dan dialog pemerintah, serta bekerja untuk mempromosikan transisi energi di kawasan Asia.

 

Kegiatan the Training Program for Supporting Energy Transition in Indonesia dilakukan dengan tujuan agar peserta mendapatkan pengetahuan tentang situasi terkini, isu dan proses pengembangan teknologi dekarbonisasi seperti co-firing hidrogen/ammonia; peserta juga diharapkan dapat mengembangkan dan mengelola kebijakan untuk mempercepat transisi energi serta memperdalam pemahaman peserta mengenai praktik terbaik transisi energi yang telah dilakukan oleh perusahaan-perusahaan Jepang.

 

Kegiatan the Training Program for Supporting Energy Transition in Indonesia diikuti oleh 19 peserta dari Indonesia yang terdiri dari 12 peserta dari Kementerian ESDM, 1 peserta dari ITB, 1 peserta dari ITS, 2 peserta dari PT. PLN (Persero), 1 peserta dari PT. Perusahaan Gas Negara, Tbk, dan 2 Peserta dari PT. Pupuk Sriwijaya Palembang.

 

Pembelajaran dalam kegiatan ini dilakukan dengan penyampaian materi dan kunjungan lapangan dengan rincian sebagai berikut:

- Japan’s Initiatives to Support Energy Transition in Asia disampaikan oleh METI.

- Model Analysis of Carbon Neutrality by 2050/2060 disampaikan oleh IEEJ.

- Roadmap to Carbon Neutral JERA’s Idea on CCS Initiative in Indonesia disampaikan oleh JERA dilanjutkan dengan kunjungan lapangan ke Pembangkit Listrik Termal Hekinan.

- MHI Group Sustainability Initiative for Carbon Neutral disampaikan oleh Mitsubishi Heavy Industries, Ltd. dilanjutkan kunjungan lapangan ke Takasago Machinery Works.

- Key Results and Future Outlook disampaikan oleh Japan CCS dan dilanjutkan kunjungan lapangan di Tomakomai CCS Demontration Project.

- Business Matching yang dihadiri perusahaan di Jepang yang mendukung transisi energi seperti INPEX Corporation, JGC Holding, Shizen Energy Group, Toshiba, Toyo Engineering, Sumitomo Corporation, Green Power Invensment Corporation.

 

Manfaat keikutsertaan dalam The Training Program for Supporting Energy Transition in Indonesia ini adalah dapat meningkatkan pengetahunan dan kemampuan peserta di bidang transisi energi untuk dapat menyusun program pengembangan sumberdaya manusia dalam memenuhi target peta jalan transisi energi di Indonesia 2060 dan membangun jejaring kerjasama dengan perusahaan di Jepang di bidang transisi energi.

 

PPSDM KEBTKE SIAP menjadi bagian dan Partner Terpercaya dalam pengembangan SDM Bidang Ketenagalistrikan Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi.

 

PPSDM KEBTKE TANGGUH PENUH ENERGI!

kerja CEPAT, CERMAT, PRODUKTIF

Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif (BerAKHLAK)

Informasi pelatihan, sertifikasi, dan jasa umum:

Sdr. Nico Juni Ferson (HP. 0811-8123-490)

Sdr. Budi (HP. 813-8553-6686),

Sdr. Hari Zana (HP.0812-8110-2149),

Sdr. Anggit (HP. 0852-8804-0600)

 

PPSDM KEBTKE Kementerian ESDM RI

Jl. Raya Poncol No.39 Ciracas Jakarta Timur, 13740

Telp. (021) 8729101

Web https://ppsdmkebtke.esdm.go.id/

Email: informasi.ppsdmkebtke@esdm.go.id

Instagram: @ppsdmkebtke

Twitter: @ppsdmkebtke

Facebook: PPSDM KEBTKE KESDM

Youtube: PPSDM KEBTKE KESDM

(SA)