NSZTIGS dan Geodipa Energi Dukung Training of Trainers (ToT) Panas Bumi bagi ASN KESDM

NSZTIGS dan Geodipa Energi Dukung Training of Trainers (ToT) Panas Bumi bagi ASN KESDM

NSZTIGS dan Geodipa Energi Dukung Training of Trainers (ToT) Panas Bumi bagi ASN KESDM

 

Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (PPSDM KEBTKE) bekerjasama dengan New Zealand Support for Training in Geothermal Support (NZSTIGS), dan Geodipa Energi Unit Patuha menyelenggarakan Training of Trainer (ToT) Panas Bumi bagi ASN secara offline, pada tanggal 19 s.d. 22 Juni 2023. Kegiatan ini bertempat di PLTP Unit Patuha Milik Geodipa Energi , Kabupaten Bandung-Jawa Barat. 

 

Kegiatan ini sebagai upaya meningkatkan kapasitas ASN, terutama Widyaiswara PPSDM KEBTKE untuk siap dalam memberikan pelatihan terkait pemanfaatan panas bumi dalam memasuki era transisi energi ini.

 

Transisi energi dari sumber energi fosil menuju sumber energi baru dan terbarukan harus menjadi perhatian saat ini. Geothermal menjadi salah satu sumber energi yang dapat menjawab berbagai tantangan yang tengah dihadapi.

 

Para peserta disambut oleh GM Geodipa Energi unit Patuha. Dalam kesempatan tersebut  General Manager GeoDipa Unit Patuha, Ilen Kardani mengucapkan selamat datang kepada para peserta pelatihan. Diharapkan dengan rangkaian kegiatan ini, para peserta training dapat meningkatkan pengetahuan di bidang panas bumi.

 

Adapun rangkaian pelatihan adalah  Site Visit ke Steamfield Above Ground System / SAGS, Power Plant, Maintenance Workshop, Instrumen & Control dengan dipandu oleh pihak geodipa.  Selain melakukan site visit, peserta pelatihan diminta untuk melakukan resume dan presentasi tekait apa yang telah didapatkan dan bagaimana membuat rancangan pelatihan, tools apa yang dibutuhkan dalam proses memberikan pelatihan terkait panas bumi nantinya. Pengajar dalam ToT kali ini berasal dari Wintec-NZSTIGS yaitu Kris P, Paul H, Chris S serta dari PT Geodipa Energi Unit Patuha. Materi-Materi yang diberikan terkait methodology pelatihan, introduction of infrared thermography, RCA dan penggunaan modul-modul dari NZSTIGS.

 

Diharapkan pelatihan ini dapat mendorong transisi energi yang menjadi target pemerintah menuju NZE 2060, serta sebagai upaya meningkatkan SDM di bidang energi baru terbarukan.

 

Selain layanan pelatihan dan sertifikasi, PPSDM KEBTKE juga memberikan layanan dalam bentuk bimbingan teknis, jasa audit energi dan jasa penunjang lainnya yang terkait dengan Ketenagalistrikan dan Energi Baru Terbarukan

 

Kami SIAP menjadi bagian dan Partner Terpercaya dalam pengembangan SDM Bidang Ketenagalistrikan Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi PPSDM

 

PPSDM KEBTKE TANGGUH PENUH ENERGI!

Kerja CEPAT, CERMAT, PRODUKTIF

Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif (BerAKHLAK)

 

Informasi pelatihan, sertifikasi, dan jasa umum:

Sdr. Akhir Setiadi (HP.0856-4985-8447),

Sdr. M. Zuhud Andrya (HP.0819-0770-3764),

Sdr. Budi (HP. 813-8553-6686)

Sdr. Anggit (HP. 0852-8804-0600)

Email: informasi.ppsdmkebtke@esdm.go.id

Web https://ppsdmkebtke.esdm.go.id/

(SA)