Pelatihan Teknis Analis Kebijakan Publik Bidang KEBTKE Kembali Digelar

Pelatihan Teknis Analis Kebijakan Publik Bidang KEBTKE Kembali Digelar

Pelatihan Teknis Analis Kebijakan Publik Bidang KEBTKE Kembali Digelar

 

Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia, Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (PPSDM KEBTKE) menyelenggarakan Pelatihan Teknis Analis Kebijakan Publik Bidang KEBTKE pada tanggal 14 s.d. 18 April 2023 secara online memakai aplikasi Zoom.

 

Kegiatan Pelatihan Teknis Analis Kebijakan Publik Bidang KEBTKE ini diselenggarakan oleh PPSDM KEBTKE diikuti sebanyak 27 (dua puluh tujuh) orang peserta ASN yang berasal dari Ditjen Ketenagalistrikan, Ditjen Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE), Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM), serta Sekjen Dewan energi nasional Kementerian ESDM.

 

Pelatihan ini bertujuan untuk menghasilkan tenaga teknik ketenagalistrikan yang dapat memahami Analis Kebijakan Publik Bidang KEBTKE sesuai prosedur dan persyaratan standar yang berlaku. Adapun materi yang disampaikan terdiri dari Kebijakan Publik Bidang Ketenagalistrikan, Kebijakan Publik Bidang Energi, Kebijakan Publik Bidang Konservasi Energi. Setelah mengikuti pelatihan, peserta diharapkan dapat mampu memahami Kebijakan Publik Bidang Ketenagalistrikan, Kebijakan Publik Bidang Energi, serta memahami Kebijakan Publik Bidang Konservasi Energi. 

 

Fadolly Ardin, dari Direktorat Pembinaan Program Ketenagalistrikan menyampaikan materi kebijakan publik di subsektor ketenagalistrikan. Peraturan yang mengatur terkait Pengelolaan Penyediaan Tenaga Listrik tertuang sebagaimana tercantum pada Pasal 33 ayat (2) UUD 45 yaitu Cabang-cabang produksi yang penting bagi negara dan yang menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh negara.

 

Sesuai Undang-undang Ketenagalistrikan Nomor 30 Tahun 2009 terkait Pembangunan Ketenagalistrikan disebutkan bahwa negara menjamin ketersediaan tenaga listrik dalam jumlah yang cukup, kualitas yang baik, dan harga yang wajar dalam rangka meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat secara adil dan merata serta mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan.

 

Dalam kesempatan tersebut dibahas mengenai bagaimana menciptakan sebuah skema kebijakan dan inovasi yang dapat mempercepat peningkatan rasio elektrifikasi di Indonesia dengan kuantitas listrik yang cukup, kualitas yang baik dan harga yang wajar dan juga mengembangkan pemanfaatan energi terbarukan.

 

Enita Rosdiana Nainggolan Widyaiswara dari PPSDM KEBTKE menyampaikan terkait pemahaman dasar tentang kebijakan publik. Adapun pengertian kebijakan publik adalah keputusan yang dibuat oleh suatu lembaga pemerinatahan atau organisasi dan bersifat mengikat para pihak yang terkait dengan lembaga tersebut.

 

“Publik adalah hal-ikhwal yang berkaitan dengan kepentingan orang banyak atau masyarakat luas, dan kebiajakan public adalah keputusan yang dibuat oleh pemerintah atau lembaga pemerintah untuk mengatasi permasalahan tertentu,” kata Enita. Dalam kesempatan tersebut dibahas juga terkait Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur NegaraNomor per/04/M.PAN/4/2007 tentang pedoman umum formulasi, implementasi, evaluasi kinerja, dan revisi kebijakan publik di lingungan lembaga pemerintah pusat dan daerah.  

 

Selain layanan pelatihan dan sertifikasi, PPSDM KEBTKE juga memberikan layanan dalam bentuk bimbingan teknis, jasa audit energi dan jasa penunjang lainnya yang terkait dengan Ketenagalistrikan dan Energi Baru Terbarukan.

 

Kami SIAP menjadi bagian dan Partner Terpercaya dalam pengembangan SDM Bidang Ketenagalistrikan Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi PPSDM

 

KEBTKE TANGGUH PENUH ENERGI!

kerja CEPAT, CERMAT, PRODUKTIF

Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif (BerAKHLAK)

 

Jl. Raya Poncol No.39, RT.12/RW.7, Susukan, Kec. Ciracas, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13740

Telp. 021-8729101

Whatsapp. +62 811 807 0039

Web https://ppsdmkebtke.esdm.go.id/

Email: informasi.ppsdmkebtke@esdm.go.id

Instagram: @ppsdmkebtke

Twitter: @ppsdmkebtke

Facebook: PPSDM KEBTKE KESDM

Youtube: PPSDM KEBTKE KESDM

(SA)