Pelatihan Teknis Battery Energi Storage System Untuk ASN Kementerian ESDM

Pelatihan Teknis Battery Energi Storage System Untuk ASN Kementerian ESDM

Pelatihan Teknis Battery Energi Storage System Untuk ASN Kementerian ESDM

 

Pemerintah Indonesia berkomitmen lebih banyak menggunakan energi terbarukan sebagai sumber energi. Komitmen ini dapat dilihat melalui Undang-Undang dan sejumlah peraturan perundangan. Misalnya Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2007 tentang Energi yang mengharuskan pemerintah pusat dan daerah mendorong penggunaan energi terbarukan. Peraturan Pemerintah Nomor 79 Tahun 2014 yang menargetkan bauran energi baru dan terbarukan sebesar 23% pada 2025, dan 31% pada 2050.

 

Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia, Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (PPSDM KEBTKE) menyelenggarakan Pelatihan Teknis Battery Energy Storage System (BESS), dengan  jumlah peserta sebanyak 19 (sembilan belas) orang yang berasal dari Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM ESDM), dilaksanakan pada tanggal, 7 sampai dengan 9 Februari 2023.

 

Pelatihan ini untuk penguatan kapasitas ASN di lingkungan KESDM ESDM bertujuan Untuk menghasilkan sumber daya manusia  yang mampu menjelaskan energy storage. Pelatihan Teknis selalu dilaksanakan melalui PPSDM KEBTKE baik untuk ASN maupun industri, di tengah berkembangnya pemanfaatan energi terbarukan, teknologi baterai merupakan salah satu dari kunci keberhasilannya. Banyak sumber energi terbarukan yang sangat bergantung pada baterai dalam pengoperasiannya, seperti PLTS off-grid, PLTB, dan lain-lain.

 

Selain itu, keberhasilan implementasi dari electric vehicle (atau kendaraan listrik) juga sangat dipengaruhi oleh teknologi baterai. Dalam penggunaan kendaraan listrik, teknologi baterai menjadi salah satu bottle neck, salah satu problem yang perlu diselesaikan.

 

Pelatihan Teknis Battery Energi Storage System Untuk ASN Kementerian ESDM diharapkan agar kendaraan listrik, khususnya mobil listrik, menjadi feasible dan dapat bersaing dengan mobil BBM, diperlukan media penyimpanan energi listrik yang ringan dan tahan lama. Selain dari segi teknis, harga juga menjadi salah satu kendalanya. Oleh karena itu, riset teknologi baterai, baik segi teknis maupun keekonomian, masih perlu dikembangkan.

 

Pada kesempatan tersebut,  peserta akan mendapatkan materi mengenai Dasar-Dasar Battery Storage, Aplikasi Battery Storage System pada Electric Vehicle, Aplikasi Battery Storage System pada Renewable Energy, Keekonomian Battery Storage, Praktik Perhitungan Keekonomian Battery Storage, tidak hanya dari sisi teknisnya saja, namun terkait dengan aspek keekonomian pemanfaatan battery storage. Hadir sebagai pengajar Dr. Chairul Hudaya dari Universitas Teknologi Sumbawa, Tri Desmana Rachmildha dari Sekolah Teknologi Elektro dan Informatika ITB, Yoga Sandi Perdana dari Syntek Energy and Control.

 

Sebagai lembaga pemerintah yang memberikan layanan kepada masyarakat saat ini telah memiliki predikat sebagai wilayah bebas korupsi atau disebut WBK. Selain itu, LSK PPSDM KEBTKE juga telah mendapatkan nilai kinerja dengan predikat emas yang diberikan oleh Instansi pembina Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan.

 

Selain layanan pelatihan dan sertifikasi, PPSDM KEBTKE juga memberikan layanan dalam bentuk bimbingan teknis, jasa audit energi dan jasa penunjang lainnya yang terkait dengan Ketenagalistrikan dan Energi Baru Terbarukan.

 

Kami SIAP menjadi bagian dan Partner Terpercaya dalam pengembangan SDM Bidang Ketenagalistrikan Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi.

 

PPSDM KEBTKE TANGGUH PENUH ENERGI!

Kerja CEPAT, CERMAT, PRODUKTIF

Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif (BerAKHLAK)

 

Informasi pelatihan, sertifikasi, dan jasa umum:

Sdr. Akhir Setiadi (HP.0856-4985-8447),

Sdr. M. Zuhud Andrya (HP.0819-0770-3764),

Sdr. Budi (HP. 813-8553-6686),

 

Email: informasi.ppsdmkebtke@esdm.go.id

Web https://ppsdmkebtke.esdm.go.id/

(SA)