Pelatihan Teknis Sistem Smart Grid Untuk ASN Kementerian ESDM

Pelatihan Teknis Sistem Smart Grid Untuk ASN Kementerian ESDM

Pelatihan Teknis Sistem Smart Grid Untuk ASN Kementerian ESDM

 

Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia, Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (PPSDM KEBTKE) menyelenggarakan Pelatihan Teknis Sistem Smart Grid secara online pada tanggal 14 s.d 16 Maret 2023 melalui aplikasi Zoom.

 

Kegiatan Pelatihan Teknis Sistem Smart Grid ini diselenggarakan oleh PPSDM KEBTKE yang diikuti sebanyak 24 (dua puluh empat) orang peserta yang berasal dari Ditjen Ketenagalistrikan, Ditjen EBTKE, Sekretariat Jenderal DEN, dan BPSDM ESDM.

 

Pelaksanaan pelatihan bagi ASN ini diselenggarakan berdasarkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara yang ditindaklanjuti melalui Peraturan Lembaga Administrasi Negara Nomor 10 Tahun 2018 tentang Pengembangan Kompetensi Pegawai Sipil Negara.

 

Para peserta mendapatkan materi yang terdiri dari Pengenalan Peralatan, Implementasi Sistem Smart Grid, Perangkat Analisis Performansi, Stabilitas, dan Perangkat Komputasional Pada Sistem Smart Grid, hadir sebagai narasumber Fauzan Azhiman, S.ST, M.Kom, M.M dari PT. Inovasi Teknologi Desa

Fauzan meyampaikan bahwa Undang-Undang Kemandirian dan Keamanan Energi mendefinisikan istilah “Smart Grid” sebagai modernisasi sistem pengiriman listrik yang memantau, melindungi, dan secara otomatis mengoptimalkan pengoperasian elemen-elemennya yang terhubung.

 

Smart Grid adalah jaringan listrik yang menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk mengumpulkan dan bertindak berdasarkan informasi, seperti informasi tentang perilaku pemasok dan konsumen secara otomatis untuk  meningkatkan efisiensi, keandalan, ekonomi, dan keberlanjutan produksi dan distribusi listrik

 

Setelah menyelesaikan materi pembelajaran ini peserta diharapkan: mampu menguasai konsep dan prinsip keilmuan secara komprehensif, dan untuk mengembangkan prosedur dan strategi yang diperlukan untuk analisis dan perancangan sistem terkait bidang keahlian Sistem Komunikasi dan Teknologi Pengukuran Pada Sistem Smart Grid sebagai bekal untuk pendidikan lanjut atau karir profesional.

 

Menguasai konsep dan prinsip rekayasa untuk mengembangkan prosedur dan strategi yang diperlukan untuk analisis dan perancangan sistem dalam bidang keahlian Sistem Komunikasi dan Teknologi Pengukuran Pada Sistem Smart Grid.

 

Selain layanan pelatihan dan sertifikasi, PPSDM KEBTKE juga memberikan layanan dalam bentuk bimbingan teknis, jasa audit energi dan jasa penunjang lainnya yang terkait dengan Ketenagalistrikan dan Energi Baru Terbarukan.

 

Kami SIAP menjadi bagian dan Partner Terpercaya dalam pengembangan SDM Bidang Ketenagalistrikan Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi.

 

PPSDM KEBTKE TANGGUH PENUH ENERGI!

kerja CEPAT, CERMAT, PRODUKTIF

Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif (BerAKHLAK)

 

Jl. Raya Poncol No.39, RT.12/RW.7, Susukan, Kec. Ciracas, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13740

Telp. 021-8729101

Whatsapp. +62 811 807 0039

Web https://ppsdmkebtke.esdm.go.id/

Email: informasi.ppsdmkebtke@esdm.go.id

Instagram: @ppsdmkebtke

Twitter: @ppsdmkebtke

Facebook: PPSDM KEBTKE KESDM

Youtube: PPSDM KEBTKE KESDM

(SA)