Peserta Pelatihan Teknis Instalasi Listrik 3 Phasa Dari Industri dan Masyarakat Umum

Peserta Pelatihan Teknis Instalasi Listrik 3 Phasa Dari Industri dan Masyarakat Umum

Peserta Pelatihan Teknis Instalasi Listrik 3 Phasa Dari Industri dan Masyarakat Umum

 

PPSDM KEBTKE menyelenggarakan Pelatihan Teknis Instalasi Listrik 3 Phasa pada 3 s.d. 4 Mei 2023 secara daring melalui aplikasi, pelatihan ini bertujuan untuk menghasilkan Tenaga Teknik yang mampu memahami instalasi listrik 3 Phasa.

 

Kegiatan Pelatihan ini diikuti oleh 11 peserta yang berasal dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, PT. Pertamina, PT. Sekring Electrical Teknik, PT. Angkasa Jaya Mulia, Alumni Universitas Sumatera Utara, CV. Anais Teknik, Sudin Bina Marga, PT. TAZ Indonesia, dan perorangan.

 

Hadir sebagai pengajar Widyaiswara PPSDM KEBTKE Muhamad Zuhud Andrya, S.T., M.En. dan Sulardi, S.T., M.Pd. Adapun materi yang diberikan adalah Teori Dasar Listrik, Potensi Bahaya Instalasi, Potensi Bahaya Instalasi Listrik 3 Phasa, Persyaratan Umum Instalasi Listrik, Komponen Instalasi Listrik 3 Phasa, Instalasi Listrik 3 Phasa, Pemeriksaaan Instalasi Listrik. Dalam kesempatan tersebut peserta juga mendapatkan penugasan dan post test yang dilakukan di akhir pelatihan.

 

M. Zuhud Andrya dalam materinya menyampaikan terkait Teori Dasar Listrik, listrik dapat diartikan sebagai suatu daya yang muncul akibat terjadinya suatu gesekan atau dikarenakan sebab lain dari suatu proses kimia, kondisi dari partikel subatomik tertentu (seperti elektron dan proton), yang menyebabkan penarikan dan penolakan gaya di antara keduanya.  Dalam kesempatan tersebut disampaikan juga materi mencakup konsep arus listrik, beda potensial listrik,  tegangan atau voltase (v), Arus (I), Hambatan (R) atau resistansi, dan materi lain terkait kelistrikan.

 

Pemateri kedua Sulardi menyampaikan Instalasi Penerangan 3 Phasa bahwa Instalasi Listrik 3 Fasa membutuhkan daya besar. “Simbol urutan Notasi yang diberikan yaitu: untuk Fasa adalah; R, S, T dan line netral yaitu N. Panel Distribusi Listrik terdiri dari Panel daya adalah tempat untuk menyalurkan dan mendstribusikan energy listrik dari gardu listrik step down ke panel-panel distribusinya, panel distribusi daya adalah tempat menyalurkan dan mendistribusikan energy listrik dari panel daya ke beban (konsumen) baik untuk instalasi tenaga meupun untuk instalasi penerangan,” kata Sulardi.

 

Kami SIAP menjadi bagian dan Partner Terpercaya dalam pengembangan SDM Bidang Ketenagalistrikan Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Anda.

PPSDM KEBTKE TANGGUH PENUH ENERGI!

Kerja CEPAT, CERMAT, PRODUKTIF

Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif (BerAKHLAK)

 

Informasi pelatihan, sertifikasi, dan jasa umum:

Sdr. Akhir Setiadi (HP.0856-4985-8447),

Sdr. M. Zuhud Andrya (HP.0819-0770-3764),

Sdr. Budi (HP. 813-8553-6686),

 

Email: informasi.ppsdmkebtke@esdm.go.id

Web https://ppsdmkebtke.esdm.go.id/

(SA)