PPSDM KEBTE Bekerjasama dengan Dinas ESDM Provinsi Jawa Tengah Berikan Pelatihan terkait Keselamatan Tenaga Teknik di Jawa Tengah

PPSDM KEBTE Bekerjasama dengan Dinas ESDM Provinsi Jawa Tengah Berikan Pelatihan terkait  Keselamatan Tenaga Teknik di Jawa Tengah

PPSDM KEBTE Bekerjasama dengan Dinas ESDM Provinsi Jawa Tengah Berikan Pelatihan terkait  Keselamatan Tenaga Teknik di Jawa Tengah

 

Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia, Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (PPSDM KEBTKE) bekerjasama dengan Dinas ESDM Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan Pelatihan Teknis dan Sertifikasi Pembangunan Dan Pemasangan Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik Tegangan Rendah  pada tanggal 13 s.d 15 Februari 2023 secara Offline bertempat di SMKN 3 Semarang dan SMK N 7 Semarang, Jawa Tengah.

 

Kegiatan pelatihan dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas ESDM Provinsi Jawa Tengah yang diwakili oleh Kepala Bidang Ketenagalistrikan Suhardi, S.T., M.Si. Turut hadir pada acara pembukaaan Kepala SMK Negeri 7 Semarang Haris Wahyudi, S.Pd., M.Pd., Perwakilan SMK Negeri 3 Semarang Andang Fitriadi, SE. M.Si., diikuti sebanyak 50 (lima puluh) orang peserta dari siswa SMK Negeri 7 dan SMK Negeri 3 Semarang.

 

Koordinator Sarana Prasarana Pengembangan SDM mewakili Kepala PPSDM KEBTKE dalam sambutan pembukaan menyampaikan, kegiatan ini merupakan implementasi program kerja sama antara Kementerian ESDM dengan Dinas ESDM Provinsi Jawa Tengah, dengan tujuan utama mendukung penyiapan tenaga Teknik ketenagalistrikan lulusan SMK yang kompeten dan siap kerja.

 

Seiring dengan perkembangan zaman, masyarakat secara terus menerus dituntut untuk meningkatkan kompetensi dalam berbagai bidang profesi.  Program pemerintah yang turut serta dalam menghadapi era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) membuat mobilitas pasar kerja di kawasan ASEAN akan semakin terbuka dan bebas. Hal ini akan berdampak terbukanya peluang sekaligus persaingan kerja yang semakin ketat antar negara-negara ASEAN.

 

Orientasi kebutuhan tenaga kerja pada saat ini mengalami pergeseran dari gelar akademis ke kompetensi kerja. Berbagai pengembangan SDM dalam pemenuhan kompetensi salah satu dengan cara pendidikan dan pelatihan (diklat) dilaksanakan oleh pemerintah untuk mengisi gap kompetensi pada bidang tertentu agar dapat bersaing pada MEA.

 

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melalui Dinas ESDM Provinsi Jawa Tengah ikut berperan dalam menyiapkan tenaga teknik tenaga listrik yang kompeten melalui kegiatan pelatihan dan sertifikasi tenaga teknik ketenagalistrikan yang dibiayai dari APBD Provinsi Jawa Tengah.

 

“Saya ucapkan terima kasih kepada pihak Dinas ESDM dan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah, harapan saya para peserta dapat memanfaatkan waktunya dengan baik dan ilmu yang diberikan dapat bermanfaat untuk peserta, dan dapat diimplementasikan di unit instansi masing-masing,” kata

 tutur Koordinator Penyelenggaraan dan Sarana Prasarana Pengembangan SDM Elin Lindiasari, S.T., M.B.A.

 

Suhardi dalam sambutan pembukaan menyampaikan bahwa berdasarkan Pasal 51 ayat (1) PP No 25 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Bidang ESDM, seluruh pelaku usaha penyediaan tenaga listrik maupun usaha jasa penunjang tenaga listrik wajib mempekerjakan tenaga teknik yang memenuhi standar kompetensi yang dibuktikan dengan sertifikat kompetensi. Dalam persaingan global pun para tenaga teknik  ketenagalistrikan harus terus meng-upgrade kemampuannya untuk siap bersaing dengan jasa keteknikan asing yang akan hadir dalam iklim persaingan bebas sekarang ini

 

Sudah banyak perizinan maupun pemenuhan aspek Keselamatan dalam bidang ketenagalistrikan yang telah diterbitkan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah baik melalui Perizinan Terpadu Satu Pintu maupun Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral.

 

Pemerintah selalu berusaha untuk menyederhanakan birokrasi dalam perizinan usaha dan menciptakan model pelayanan perizinan terintegrasi yang cepat dan murah, serta memberi kepastian usaha. Salah satunya dengan menerbitkan PP No. 24 Tahun 2018 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik atau yang lebih dikenal Online Single Submission (OSS) dan diperbaharui dengan PP No. 5 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko.

 

Lanjut Suhardi, dengan partisipasi dan dukungan dari semua pihak, saya berharap kegiatan ini dapat berjalan dengan baik, lancar dan seluruh peserta mendapatkan manfaat untuk diaplikasikan dalam dunia kerja. Selain itu dengan adanya kegiatan ini, diharapkan keselamatan ketenagalistrikan (K2) semakin membudaya di Indonesia umumnya dan Jawa Tengah khususnya, ungkap Suhardi mengakhiri sambutannya.

 

Kami SIAP menjadi bagian dan Partner Terpercaya dalam pengembangan SDM Bidang Ketenagalistrikan Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Anda.

PPSDM KEBTKE TANGGUH PENUH ENERGI!

Kerja CEPAT, CERMAT, PRODUKTIF

Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif (BerAKHLAK)

 

Informasi pelatihan, sertifikasi, dan jasa umum:

Sdr. Akhir Setiadi (HP.0856-4985-8447),

Sdr. M. Zuhud Andrya (HP.0819-0770-3764),

Sdr. Budi (HP. 813-8553-6686)

 

Email: informasi.ppsdmkebtke@esdm.go.id

Web https://ppsdmkebtke.esdm.go.id/

(SA)