PPSDM KEBTKE Bekerjasama dengan Pertamina Selenggarakan Pelatihan Teknis dan Sertifikasi Manager Energi di Industri

PPSDM KEBTKE Bekerjasama dengan Pertamina Selenggarakan Pelatihan Teknis dan Sertifikasi Manager Energi di Industri

PPSDM KEBTKE Bekerjasama dengan Pertamina Selenggarakan Pelatihan Teknis dan Sertifikasi Manager Energi di Industri

 

PPSDM KEBTKE bekerjasama dengan Pertamina menyelenggarakan Pelatihan Teknis Manager Energi di Industri secara online via zoom pada tanggal 10 s.d 12 Juli 2023. Kegiatan ini diikuti oleh 13 orang  peserta dari Pertamina. 

 

Pemateri dalam pelatihan ini adalah Widyaiswara PPSDM KEBTKE yaitu RR. Endang Widayati, S.T., M.T. dan Dr. Bambang. Materi yang dibawakan adalah Regulasi Energi Nasional,  Prinsip-Prinsip Penghematan Energi di Industri, Menyiapkan Kebijakan Energi Organisasi, Merencanakan Manajemen Energi, Mengevaluasi Manajemen Energi, Melaksanakan Tinjauan Manajemen, disksusi dan tanya jawab, serta pre test dan post test.

 

Endang Widayati memberikan refleksi kondisi Indonesia dan global akibat krisis perubahan iklim. “Saat ini temperatur dunia diproyeksikan akan terus mengalami peningkatan dan menyebabkan perubahan iklim. Status kenaikan temperatur saat ini (pada tahun 2020) adalah 1.2 derajat celcius terhadap temperatur masa pra industri,” kata Endang.

 

Dalam kesempatan tersebut, Endang juga menyebutkan terkait dengan peraturan terkait konservasi energi, yaitu Peraturan Pemerintah Nomor 33 Tahun 2023 tentang Konservasi Energi. Untuk melestarikan sumber daya energi dalam negeri serta meningkatkan efisiensi pemanfaatannya perlu dilakukan upaya pelaksanaan konservasi energi dengan memperluas cakupan pengguna energi dan pengguna sumber energi, menurunkan ambang batas konsumsi energi, pengaturan pelaksanaan konservasi energi di lingkup pemerintah pusat dan pemerintah daerah, dan menumbuhkembangkan usaha jasa konservasi energi. Berdasarkan pertimbangan sebagaimana dimaksud dalam huruf a, pengaturan konservasi energi sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemenntah Nomor 7O Tahun 2OO9 tentang Konservasi Energi sudah tidak sesuai dengan kebutuhan sehingga perlu diganti.

 

Penyebab pemanasan global adalah akibat produksi emisi CO2 dan gas rumah kaca lain yang dihasilkan oleh aktivitas manusia, atau disebut juga sebagai antropogenic emissions. Adapun sumber utama emisi C02 adalah akibat pembakaran batu bara dan bahan bakar fosil lain. Untuk itu, dibutuhkan upaya mitigasi perubahan iklim melalui dekarbonisasi yang ambisius yaitu dengan mewujudkan Net Zero Emissions (NZE).

 

Indonesia dan dunia saat ini tengah mengalami krisis energi dan perubahan iklim. Hal ini menyebabkan transisi energi semakin urgent untuk dilaksanakan. Akibat fluktuasi harga dan suplai batubara dan gas alam.

 

Indonesia dan dunia tengah mengalami krisis. Hal  ini terindikasi dari turunnya suplai batubara domestik di awal tahun 2022 yang berdampak pada terganggunya pasokan listrik PLTU Batubara  dan pemberlakuan larangan ekspor sementara. Indonesia dan dunia juga dihadapkan pada konsisi emisi karbon semakin banyak. “Emisi karbon dioksida yang dihasilkan pun semakin besar. Menurut data IEA sebesar 33 Gt CO2 dilepas ke atosmfer di tahun 2021,” kata Endang.

 

Kondisi lainnya yaitu cadangan bahan bakar terbatas. Cadangan bahan bakar dalam negeri yang bersifat operasional hanya cukup untuk 20 s.d. 23 hari dan tidak ada cadangan penyangga. Selanjutnya sumber daya energi baru terbarukan dengan potensi lebih dari 3.000 GW menjadi opsi menjaga pasokan energi sekaligus mengurangi emsisi gas rumah kaca yang menyebabkan perubahan iklim.

 

PPSDM KEBTKE memberikan pelayanan publik melalui pendidikan dan pelatihan, sertifikasi untuk aparatur, masyarakat umum, juga pengelola industri di sektor Ketenagalistrikan, Energi Baru Terbarukan (EBT),  Konservasi Energi (KE), serta memberikan jasa konsultansi dan audit energi pada industri/bangunan gedung, juga kerjasama penyewaan dan penyelenggaraan aktivitas MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition).

 

PPSDM KEBTKE TANGGUH PENUH ENERGI!

kerja CEPAT, CERMAT, PRODUKTIF

Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif (BerAKHLAK)

Informasi pelatihan, sertifikasi, dan jasa umum:

Sdr. Nico Juni Ferson (HP. 0811-8123-490)

Sdr. Budi (HP. 813-8553-6686),

Sdr. Hari Zana (HP.0812-8110-2149),

Sdr. Anggit (HP. 0852-8804-0600)

 

PPSDM KEBTKE Kementerian ESDM RI

Jl. Raya Poncol No.39 Ciracas Jakarta Timur, 13740

Telp. (021) 8729101

Web https://ppsdmkebtke.esdm.go.id/

Email: informasi.ppsdmkebtke@esdm.go.id

Instagram: @ppsdmkebtke

Twitter: @ppsdmkebtke

Facebook: PPSDM KEBTKE KESDM

Youtube: PPSDM KEBTKE KESDM

(SA)