PPSDM KEBTKE Bekerjasama dengan Politeknik Elektronika Negeri Surabaya Gelar Pelatihan Audit Energi Sistem

PPSDM KEBTKE Bekerjasama dengan Politeknik Elektronika Negeri Surabaya Gelar Pelatihan Audit Energi Sistem

PPSDM KEBTKE Bekerjasama dengan Politeknik Elektronika Negeri Surabaya Gelar Pelatihan Audit Energi Sistem

 

 

Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia, Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (PPSDM KEBTKE) menyelenggarakan Pelatihan Pelatihan Teknis Audit Energi Sistem Termal dan Mekanikal pada tanggal  6 s.d. 9 Maret 2023 secara online melalui aplikasi zoom.

 

Kegiatan Pelatihan Teknis Audit Energi Sistem Kelistrikan diselenggarakan berkat kerjasama antara PPSDM KEBTKE dengan Politeknik Elektronika Negeri Surabaya. Hadir sebagai sebagai pengajar dari Widyaiswara dari PPSDM KEBTKE yaitu Budiman Ricardo Saragih, S.T., M.T., RR. Endang Widayati, S.T., M.T.

 

Sebelum melakukan uji sertifikasi peserta mendapatkan pembekalan berupa Regulasi Energi Nasional, Merencanakan Audit Energi, Melaksanakan Rapat Pembukaan, Mengumpulkan Data Termal dan Mekanikal, Merencanakan Pengukuran Energi Termal dan Mekanikal, Melakukan Survei Lapangan pada

Sistem Termal dan Mekanikal, Melakukan Analisis Termal dan Mekanikal, Praktik dan Presentasi, Melaporkan Hasil Audit Energi.

 

Budiman Ricardo Saragih menyampaikan materi Regulasi Energi Nasional bahwa berdasarkan PP Nomor 70 Tahun 2009 Konservasi Energi Pasal 12 (2) pengguna sumber energi dan pengguna energi yang menggunakan sumber energi dan/atau energi lebih besar atau sama dengan 6.000 (enam ribu) setara ton minyak per tahun wajib melakukan konservasi energi melalui manajemen energi.

 

Saat ini dunia dihadapkan dengan kondisi energi dimana emisi CO2 dunia masih terus meningkat. “Emisi CO2 meningkat sebesar 0.1% dari tahun sebelumnya. Jumlah kebutuhan energi semakin meningkat, Peningkatan kebutuhan energi rata-rata sebesar 1% dari tahun sebelumnya, subsidi untuk energi fosil masih lebih tinggi dari energi terbarukan. Selain itu, saat ini dunina juga dihadapkan dengan sumber kebutuhan energi masih didominasi oleh energi fosil.

 

Dalam kesempatan tersebut, juga dijelaskan mengenai potensi penghematan energi untuk industri konsumsi 2020 yaitu sebensar 288 MBOE, kemudian potensi penghematan energi 10-30 %, komersial konsumsi pada tahun 2020 sebesar 40 MBOE. Selain itu terdapat potensi penghematan energi 10-30 %, dan pada aspek transportasi konsumsi pada tahun 2020 sebesar 364 MBOE,  selain itu potensi penghematan 15-35 %, sektor rumah tangga konsumsi 2020 sebesar 142 mboe potensi penghematan 15-30 %.

 

Lanjut Budiman, target konservasi energi tahun 2025 mengacu kepada Kebijakan Energi Nasional PP Nomor 79 Tahun 2014 terkait penurunan intensitas energi final 1% per tahun serta penurunan konsumsi energi final 17% dari bau.  industri dan bangunan bersertifikat iso 50001 perusahaan sector energi sebanyak 49, bangunan sebanyak 5, dan sektor industri sebanyak 78.

 

Selain layanan pelatihan dan sertifikasi, PPSDM KEBTKE juga memberikan layanan dalam bentuk bimbingan teknis, jasa audit energi dan jasa penunjang lainnya yang terkait dengan Ketenagalistrikan dan Energi Baru Terbarukan.

 

Kami SIAP menjadi bagian dan Partner Terpercaya dalam pengembangan SDM Bidang Ketenagalistrikan Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi.

 

PPSDM KEBTKE TANGGUH PENUH ENERGI!

kerja CEPAT, CERMAT, PRODUKTIF

Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif (BerAKHLAK)

Informasi pelatihan, sertifikasi, dan jasa umum:

Sdr. Nico Juni Ferson (HP. 0811-8123-490)

Sdr. Budi (HP. 813-8553-6686),

Sdr. Hari Zana (HP.0812-8110-2149),

Sdr. Anggit (HP. 0852-8804-0600)

 

PPSDM KEBTKE Kementerian ESDM RI

Jl. Raya Poncol No.39 Ciracas Jakarta Timur, 13740

Telp. (021) 8729101

Web https://ppsdmkebtke.esdm.go.id/

Email: informasi.ppsdmkebtke@esdm.go.id

Instagram: @ppsdmkebtke

Twitter: @ppsdmkebtke

Facebook: PPSDM KEBTKE KESDM

Youtube: PPSDM KEBTKE KESDM

(SA)