PPSDM KEBTKE Bekerjasama dengan PT. PLN (Perseoro) Gelar Pelatihan dan Sertifikasi Auditor Energi

PPSDM KEBTKE Bekerjasama dengan PT. PLN (Perseoro) Gelar Pelatihan dan Sertifikasi Auditor Energi

PPSDM KEBTKE Bekerjasama dengan PT. PLN (Perseoro) Gelar Pelatihan dan Sertifikasi Auditor Energi

 

Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia, Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (PPSDM KEBTKE) menyelenggarakan Pelatihan Pelatihan Teknis Audit Energi Sistem Termal dan Mekanikal pada  3 s.d. 6 Maret 2023 secara online melalui aplikasi zoom.

 

Kegiatan Pelatihan Teknis Audit Energi Sistem Kelistrikan diselenggarakan berkat kerjasama antara PPSDM KEBTKE dengan PT. PLN (Persero), sebagai sebagai pengajar RR. Endang Widayati, S.T., M.T., Ginanjar Indra Maulana, S.T., M.B.A., Ir. Arief Indarto, M.M., Agus Yulianto, S.T., M.K.K.K. Widyaiswara dari PPSDM KEBTKE.

 

RR. Endang Widayati menyampaikan materi pertama terkait Regulasi dan Standard Konservasi Energi. Dalam kesempatan tersebut, disampaikan tujuan pembelajaran peserta mampu menjelaskan regulasi konservasi energi, menjelaskan standar terkait konservasi energi, dan mampu menjelaskan SKKNI Auditor Energi.

 

Saat ini, kita dihadapkan dengan akumulasi CO2 di atmosfer jauh melebihi tingkat dimana di lingkungan menyerap/mengkonversi ke bentuk lain, biaya untuk mengekstraksi minyak bumi telah meningkat 10 kali lipat dalam dekade terakhir.

 

Perubahan paradigma terkait efisiensi energi suatu contoh di Amerika Serikat, yaitu efisiensi energi merupakan sumber energi ketiga terbesar. Total efisiensi energi di Amerika Serikat mencapaai 850 TWh (18%) dari total energi primer di Amerika Serikat), Investasi pada sector konservasi merupakan yang paling rendah biayanya jika disbanding dengan sector energi lain. Benefit lain adalah perekonomian berkembang, emisi karbon turun dan hemat biaya.

 

Lanjut Endang, mengutip dari pidato Pak Jokowi focus Presiden G20 Indonesia terletak pada 3 isu utama yaitu: Kesehatan global yang inklusif, Transformasi ekonomi berbasis digital, dan transisi menuju energi yang berkelanjutan.

 

Transisi energi menuju pemulihan dan produktivitas berkelanjutan yaitu memperkuat sistem energi bersih global dan transisi yang adil melalui sekuritas aksesibilitas energi, mengejar kemajuan aksesibilitas (tidak meningglakan siapa pun) menuju energi yang terjangkau, andal, berkelanjutan, dan modern untuk semua, khususnya untuk clean cooking dan elektrifikasi.

 

Peningkatan Teknologi Energi Cerdas dan Bersih bertujuan  untuk memperluas teknologi untuk mengantisipasi tantangan transisi energi di masa depad termasuk transisi energi yang berpusat pada manusia, meningkatnya permintaan untuk penyimpanan energi, system energi rendah emisi, pengembangan industry bersih, transfer teknologi, integrasi energi terbarukan, dan efisiensi energi.

 

Adapun terkait memajukan pembiayaan energi dapat dilakukan dengan memastikan ekosistem pembiayaan hijau dalam transisi energi melalui ekplorasi praktik terbaik, menilai tantangan yang berkembang, dan mengurangi disparitas pembiayaan.

 

Sebagaimana tercantum dalam Peraturan Pemerintah Nomor 70 Tahun 2009 pasal 12 bahwa setiap pengguna energi V- 6.000 TOE* per tahun wajib melaksanakan manajemen energi dengan menunjuk manajer energi, menyusun program konservasi energi, melaksanakan audit energi secara berkala, melaksanakan rekomendasi hasil audit energi, dan melaporkan pelaksanaan konservasi energi kepada Pemerintah.

 

Selain layanan pelatihan dan sertifikasi, PPSDM KEBTKE juga memberikan layanan dalam bentuk bimbingan teknis, jasa audit energi dan jasa penunjang lainnya yang terkait dengan Ketenagalistrikan dan Energi Baru Terbarukan.

 

Kami SIAP menjadi bagian dan Partner Terpercaya dalam pengembangan SDM Bidang Ketenagalistrikan Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi.

 

PPSDM KEBTKE TANGGUH PENUH ENERGI!

kerja CEPAT, CERMAT, PRODUKTIF

Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif (BerAKHLAK)

Informasi pelatihan, sertifikasi, dan jasa umum:

Sdr. Nico Juni Ferson (HP. 0811-8123-490)

Sdr. Budi (HP. 813-8553-6686),

Sdr. Hari Zana (HP.0812-8110-2149),

Sdr. Anggit (HP. 0852-8804-0600)

 

PPSDM KEBTKE Kementerian ESDM RI

Jl. Raya Poncol No.39 Ciracas Jakarta Timur, 13740

Telp. (021) 8729101

Web https://ppsdmkebtke.esdm.go.id/

Email: informasi.ppsdmkebtke@esdm.go.id

Instagram: @ppsdmkebtke

Twitter: @ppsdmkebtke

Facebook: PPSDM KEBTKE KESDM

Youtube: PPSDM KEBTKE KESDM

(SA)