PPSDM KEBTKE Berikan Pelatihan Teknis dan Uji Sertifikasi Pembangunan dan Pemasangan PLTS bagi Masyarakat Sumatera Selatan secara Gratis

PPSDM KEBTKE Berikan Pelatihan Teknis dan Uji Sertifikasi Pembangunan dan Pemasangan PLTS bagi Masyarakat Sumatera Selatan secara Gratis

PPSDM KEBTKE Berikan Pelatihan Teknis dan Uji Sertifikasi Pembangunan dan Pemasangan PLTS bagi Masyarakat Sumatera Selatan secara Gratis

 

Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia, Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (PPSDM KEBTKE) bekerjasama dengan Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Sumatera Selatan menyelenggarakan Pelatihan Teknis Pembangunan dan Pemasangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) bagi Pelaksana Madya  pada tanggal 6 s.d. 11 Maret 2023 secara offline, bertempat di Kampus PPSDM KEBTKE, Jalan Poncol Raya No. 39 Ciracas, Jakarta Timur.

 

Kepala Dinas ESDM Provinsi Sumatera Selatan Hendriansyah, ST, M.Si. dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada PPSDM KEBTKE Kementerian ESDM yang telah memberikan kesempatan kepada masyarakat Sumater Selatan. Peserta berasal  dari 6 Kabupaten di Sumatera Selatan mengikuti pelatihan dan uji kompetensi bidang ketenagalistrikan dan sangat mendukung Program kegiatan yang akan dilaksanakan sampai nantinya ada program lainnya.

 

Komitmen pemerintah Indonesia untuk mencapai Net Zero Emissions pada tahun 2060 atau lebih cepat memerlukan penetrasi energi terbarukan dalam jumlah besar, terutama energi surya yang menjadi tulang punggung dekarbonisasi energi di Indonesia.

 

Kegiatan Pelatihan Teknis Pengoperasian dan Pemeliharaan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) bagi Pelaksana Madya sangat langka dan  sangat bermanfaat sekali dalam pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM). Hal ini dilakukan untuk  menghasilkan tenaga teknik pelaksana madya yang mampu melaksanakan Pembangunan dan Pemasangan PLTS sesuai dengan UU No. 2 Tahun  2022 Tentang Sikap Kerja, Peraturan Pemerintah No. 21 2021 serta Undang-undang ESDM No. 6 Th 2021 tentang Standar Kompetensi Tenaga Teknik Ketenagalistrikan dan Standar dan Prosedur yang Berlaku.

 

Dengan dukungan semua pihak, diharapkan  kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan peserta mendapatkan manfaat untuk diaplikasikan dalam dunia kerja yang nyata. Selain itu, masyarakat dapat semakin membudaya dan langkah-langkah dalam pemanfaatan energi baru terbarukan untuk mendukung bauran energi baru terbarukan yang telah ditargetkan oleh pemerintah 23 persen di tahun 2025.

 

Pelatihan Teknis Pembangunan dan Pemasangan PLTS ini diikuti oleh 30 orang peserta yang berasal dari masyarakat Provinsi Sumatera Selatan. Adapun materi pelatihan teknis pembangunan PLTS yang akan diberikan yaitu sebanyak 60 jam pelajaran.

 

Pada kesempatan ini peserta mendapatkan materi yang terdiri dari:  Teori Dasar Listrik, Pengukuran Listrik, Keselamatan Ketenagalistrikan, Komponen PLTS Terpusat, Perencanaan dan Persiapan Pembangunan dan Pemasangan PLTS, Pelaksanaan Pembangunan dan Pemasangan PLTS, Praktik Pembangunan dan Pemasangan PLTS, hadir sebagai pengajar yaitu Sulardi, S.T., M.Pd., Muhammad Nashiruddin Haramaini, S.T.,M.B.A., Raden Waluyo Jati Soemowidagdo, S.T., M.T., Ahmad Khulaemi, S.Pd., M.Pd. Widyaiswara dari PPSDM KEBTKE.

 

Kegiatan dibuka secara resmi oleh anggota DPR Komisi 7 Bapak H. Yulian Gunhar, S.H., M.Si. menyampaikan rasa terima kasihnya kepada PPSDM KEBTKE yang telah menyelengarakan kegiatan pelatihan dan uji kompetensi kepada masyarakat khususnya. "Saya berharap para peserta dapat memanfaatkan kesempatan yang baik ini agar ilmu yang didapatkan dapat terimplementasi dengan baik, dan kembali dengan membawa hasil yang gemilang, semua peserta memiliki kompetensi yang baik,” kata Yulian saat membuka pelatihan tersebut.

 

Sesuai tugas dan fungsinya PPSDM KEBTKE berkomitmen untuk melaksanakan pengembangan sumber daya manusia di bidang ketenagalistrikan, energi baru, terbarukan dan konservasi energi

 

Kami SIAP menjadi bagian dan Partner Terpercaya dalam pengembangan SDM Bidang Ketenagalistrikan Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Anda.

 

PPSDM KEBTKE TANGGUH PENUH ENERGI!

Kerja CEPAT, CERMAT, PRODUKTIF

Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif (BerAKHLAK)

 

Informasi pelatihan, sertifikasi, dan jasa umum:

Sdr. Akhir Setiadi (HP.0856-4985-8447),

Sdr. M. Zuhud Andrya (HP.0819-0770-3764),

Sdr. Budi (HP. 813-8553-6686)

 

Email: informasi.ppsdmkebtke@esdm.go.id

Web https://ppsdmkebtke.esdm.go.id/

(SA)