PPSDM KEBTKE Gandeng Dinas Ketenagakerjaan Dan ESDM Provinsi Bali Selenggarakan Pelatihan Bangsang PLTS Bagi Masyarakat Bali

PPSDM KEBTKE Gandeng Dinas Ketenagakerjaan Dan ESDM Provinsi Bali Selenggarakan Pelatihan Bangsang PLTS Bagi Masyarakat Bali

PPSDM KEBTKE Gandeng Dinas Ketenagakerjaan Dan ESDM Provinsi Bali Selenggarakan Pelatihan Bangsang PLTS Bagi Masyarakat Bali

 

Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia, Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (PPSDM KEBTKE) bekerjasama dengan Dinas Ketenagakerjaan Dan ESDM Provinsi Bali menyelenggarakan Pelatihan Teknis Pembangunan Dan Pemasangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Bagi Pelaksana Madya  pada tanggal 13 s.d 17 Februari 2023 secara Offline bertempat di Kampus PPSDM KEBTKE, Jalan Poncol Raya No,39 Ciracas, Jakarta Timur.

 

Zainul M Pulungan, S.T., M.B.A. Sub Koordinator Sarana Prasarana dan Informasi mewakli Kepala PPSDM KEBTKE menyampaikan bahwa Pelatihan Teknis Pengoperasian dan Pemeliharaan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) bagi Pelaksana Madya ini bertujuan menghasilkan tenaga teknik pelaksana Madya yang mampu melaksanakan Pembangunan dan emasangan PLTS sesuai standar dan prosedur yang berlaku.

 

Pelatihan Teknis Pembangunan dan Pemasangan PLTS ini diikuti oleh 24 orang peserta yang berasal dari masyarakat Provinsi Bali. Adapun materi pelatihan teknis pembangunan PLTS yang akan diberikan yaitu sebanyak 60 jam pelajaran.

 

Pada kesempatan ini peserta mendapatkan materi yang terdiri dari:  Teori Dasar Listrik, Pengukuran Listrik, Keselamatan Ketenagalistrikan, Komponen PLTS Terpusat, Perencanaan dan Persiapan Pembangunan dan Pemasangan PLTS, Pelaksanaan Pembangunan dan Pemasangan PLTS, Praktik Pembangunan dan Pemasangan PLTS.

 

Hadir sebagai pengajar yaitu Raden Waluyo Jati Soemowidagdo, S.T.,M.T., Zainul M Pulungan, S.T., M.B.A., Ahmad Khulaemi, S.Pd., M.Pd., Muhammad Nashiruddin Haramaini, S.T., M.B.A., Budiman Ricardo Saragih, S.T., M.T. widyaiswara dari PPSDM KEBTKE.

 

Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Bali Ida Bagus Setiawan membuka kegiatan pelatihan secara online. "Pelatihan ini adalah kegiatan angkatan pertama yang diselenggarakan oleh PPSDM KEBTKE di Tahun 2023 hasil dari kesepakatan kerjasama dengan pemerintah provinsi Bali," kata Ida Bagus.

 

 

 Ida Bagus menyampaikan rasa terima kasihnya kepada PPSDM KEBTKE yang telah menyelengarakan kegiatan pelatihan dan uji kompetensi kepada masyarakat khususnya. "Saya berharap para peserta dapat memanfaatkan kesempatan yang baik ini agar ilmu yang didapatkan dapat terimplementasi dengan baik, kalian semua wajib bangga karena telah terpilih menjadi peserta karena banyak peminatnya untuk mengikuti kegiatan ini, namun yang belum terpilih harap bersabar semoga masih ada kesempatan lagi untuk ikut serta, hasil dari seleksi calon peserta kali ini sebanyak 24 (dua puluh empat) orang terpilih," kata Ida Bagus.

 

Kegiatan ini sejalan dengan apa yang menjadi arah kebijakan pemerintah Provinsi Bali yang mempunyai Rencana Umum Energi Daerah (RUED) sudah diberdayakan. Selanjutnya, terdapat Rencana Umum Ketenagalistrikan Daerah (RUKD) tahun 2020 hingga 2039 untuk Rencana Umum Energi Daerah (RUED) pada tahun 2020 hingga 2050, yang mana salah satu yang menjadi potensi di Bali adalah energi dari Surya tentunya.

 

Pelatihan dan sertifikasi ini jadi sangat relevan untuk memulai bagaimana menyiapkan tenaga teknik yang handal, kompeten dan punya sertifikasi utamanya di sektor PLTS, karena Provinai Bali sendiri memang yang menjadi prioritas untuk bisa dikembangkan secara masif adalah di energi surya.

 

"Jadi seperti pepatah gayung bersambut bahwa kami ada potensi dari sumber daya manusianya, kemudian ada demand yang akan dikembangkan, kemudian dari PPSDM KEBTKE ternyata punya program untuk untuk memberikan kesempatan mengikuti pelatihan ini," lanjut Ida Bagus.

 

Perwujudan visi Bali Era Baru salah salah satunya diimplementasikan dengan misi mengembangkan tata kehidupan krama Bali, menata wilayah dan lingkungan yang bersih, hijau dan indah – termasuk dengan prioritas pemanfaatan energi terbarukan, energi surya, kata Ida Bagus menutup sambutannya.

 

Kami SIAP menjadi bagian dan Partner Terpercaya dalam pengembangan SDM Bidang Ketenagalistrikan Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Anda. PPSDM KEBTKE TANGGUH PENUH ENERGI!

Kerja CEPAT, CERMAT, PRODUKTIF

Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif (BerAKHLAK)

 

Informasi pelatihan, sertifikasi, dan jasa umum:

Sdr. Akhir Setiadi (HP.0856-4985-8447),

Sdr. M. Zuhud Andrya (HP.0819-0770-3764),

Sdr. Budi (HP. 813-8553-6686)

 

Email: informasi.ppsdmkebtke@esdm.go.id

Web https://ppsdmkebtke.esdm.go.id/

(SA)