PPSDM KEBTKE Gelar Pelatihan Instalasi Rooftop PV untuk Rumah Tinggal

PPSDM KEBTKE Gelar Pelatihan Instalasi Rooftop PV untuk Rumah Tinggal

PPSDM KEBTKE Gelar Pelatihan Instalasi Rooftop PV untuk Rumah Tinggal

 

Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia, Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (PPSDM KEBTKE) menyelenggarakan Pelatihan Instalasi Rooftop PV untuk Rumah Tinggal pada tanggal 30 s.d. 31 Maret 2023 melalui aplikasi Zoom.

 

Kegiatan menyelenggarakan Pelatihan Instalasi Rooftop PV untuk Rumah Tinggal diselenggarakan oleh PPSDM KEBTKE yang diikuti sebanyak 17 (tujuh belas) orang peserta yang terdiri dari Telkom University, PT. Jaya Duta Indonesia, Universitas Syiah Kuala, UPTD BLK Kabupaten Sukabumi, PT. Anugerah sumber sejati, PT. Sinergi Surya Harmoni, Advance, PT PLN (Persero), CV. Energi Indah Karya, CV Balawan Yasa, SMA Future Gate, PT. Anugerah Utama Energy, SMK Pelayaran Jakarta Raya, PT. Teknologi Masa Depan, Profesional, dan juga perorangan.

 

Adapun materi yang disampaikan terdiri dari Pengenalan PLTS Atap, Perencanaan dan Persiapan Pembangunan dan Pemasangan PLTS Atap, Pembangunan dan Pemasangan PLTS Atap, Pemeriksaan dan Pengujian PLTS Atap, dan setiap akhir materi peserta mengerjakan Tugas Mandiri Materi. Hadir sebagai narasumber yaitu Fariz Maulana Rizalnulhaq (BRIN), Ginanjar Indra Maulana, S.T., M.B.A. Widyaiswara dari  PPSDM KEBTKE.

 

Fariz Maulana Rizalnulhaq menyampaikan materi pertama terkait dengan Apakah itu PLTS Atap, Regulasi PLTS Atap, Program PLTS Atap, serta Komponen PLTS Atap. PLTS adalah system pembangkit listrik yang energinya bersumber dari radiasi matahari, melalui konversi sel fotovoltaik. Sistem fotovoltaik mengubah radiasi sinar matahari menjadi listrik. PLTS Atap adalah proses pembangkitan tenaga listrik yang menggunakan modul fotovoltaik, yang diletakkan di atap, dinding, atau bagian lain dari bangunan milik pelanggan PLN.

 

Alur Proses Pemasangan PLTS Atap Permohonan dari Pelanggan jika dapat persetujuan, lalu Evaluasi dan verifikasi, Pembangunan & PLTS Atap, Sertifikat Laik Operasi (SLO), Penyediaan dan pemasangan meter kWh ekspor-impor.

 

Permohonan PLTS Atap Permohonan ditujukan kepada General Manager Unit Induk Distribusi / Wilayah PT PLN (Persero), melengkapi Syarat Administrasi, Syarat Teknik, Konsumen PT PLN (Persero) yang melakukan pembangunan dan pemasangan Sistem PLTS Atap dengan daya terpasang > 200 kVA wajib memiliki izin operasi sesuai dengan ketentuan perundang- undangan di bidang ketenagalistrikan (Izin Usaha Penyediaan Tenaga Listrik / IUPTL).

 

PLTS Atap bagi Masyarakat memiliki manfaat antara lain penghematan/mengurangi tagihan listrik bulanan, membuka peran serta masyarakat dalam pemanfaatan dan pengelolaan energi terbarukan, percepatan peningkatan pemanfaatan energi surya, mendorong berlangsungnya industri energi surya dalam negeri, meningkatkan investasi pada sektor EBT, meningkatkan kemandirian dan ketahanan energi, meningkatkan lapangan kerja.  Adapun keuntungan PLTS Atap yaitu setiap satu rumah yang beralih ke panel surya dapat memangkas gas rumah kaca sebesar 1,7 ton CO2eq/tahun.

 

Kami SIAP menjadi bagian dan Partner Terpercaya dalam pengembangan SDM Bidang Ketenagalistrikan Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi

 

PPSDM KEBTKE TANGGUH PENUH ENERGI!

kerja CEPAT, CERMAT, PRODUKTIF

Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif (BerAKHLAK)

Informasi pelatihan, sertifikasi, dan jasa umum:

Sdr. Nico Juni Ferson (HP. 0811-8123-490)

Sdr. Budi (HP. 813-8553-6686),

Sdr. Hari Zana (HP.0812-8110-2149),

Sdr. Anggit (HP. 0852-8804-0600)

PPSDM KEBTKE Kementerian ESDM RI

Jl. Raya Poncol No.39 Ciracas Jakarta Timur, 13740

Telp. (021) 8729101

Web https://ppsdmkebtke.esdm.go.id/

Email: informasi.ppsdmkebtke@esdm.go.id

Instagram: @ppsdmkebtke

Twitter: @ppsdmkebtke

Facebook: PPSDM KEBTKE KESDM

Youtube: PPSDM KEBTKE KESDM

(SA)